Saturday, February 17, 2018

Contoh PTK SD kelas iv terbaru 2018

Contoh PTK SD kelas iv terbaru 2018

Contoh PTK SD kelas iv
Membuat karya tulis ilmiah populer menjadi kewajiban guru PNS agar bisa naik pangkat dan memenuhi angka kredit kenaikan pangkat golongan. Bagi sebagian besar guru membuat PTK adalah hal yang sulit. Apalagi bagi guru dalam kategori tua. Mengapa demikian? Guru tua atau guru yang sudah berumur belum pernah mempelajari tentang PTK sejak dulu di bangku pendidikan. Untuk membantu memudahkan guru dalam menyusun PTK kali ini kami akan membagikan contoh PTK SD kelas IV terbaru 2018.

Mempelajari konsep PTK adalah hal yang penting, karena setiap karya tulis ilmiah memiliki kaidah penulisan yang berbeda beda. Cara paling mudah dalam mempelajari PTK adalah dengan melihat langsung contoh ptk SD untuk kelas IV yang sudah di nilai oleh penilai angka kredit. Dengan melihat contoh PTK SD ini diharapkan akan membantu guru sekolah dasar mengenali konsep PTK, bagaimana penyusunannya, bagian bagiannya, dan sistematikanya.

Hari ini kami tidak akan membahas panjang lebar tentang sistematika PTK namun akan langsung menuju ke contoh PTK SD. Anda bisa mempelajari sistematika proposal PTK, sistematika PTK, bagaimana cara menyusun PTK dari bab 1 sampai bab V , mengapa PTK ditolak tim penilai, apa yang harus dilakukan ketika karya tulis kita atau PTK kita ditolak semua itu anda bisa mempelajari di blog sahabat saya prisa87.blogspot.com.

Sebenarnya membuat PTK itu tidak sulit. Namun kadang kadang menemukan ide membuat judul PTK yang tepat menjadi sebuah kendala. Padahal sebenarnya jika kita mau setiap hari merefleksikan kegiatan belajar kita pada jurnal pembelajaran maka akan dengan mudah tampak kendala kendala dalam pembelajaran yang kita lakukan. Berawal dari masalah masalah tersebut maka dengan mudah pula anda bisa mencari cari solusi penyelesaiannya. Nah dari situ anda bisa membuat judul PTK yang sesuai dengan kondisi pembelajaran anda.

Contoh PTK SD yang kami kembangkan juga sama, masalah timbul dalam pembelajaran yang kami lakukan, masalah pembelajaran matematika di sekolah kami tepatnya di SDN sumberagung adalah hasil belajar mata pelajaran matematika yang selalu rendah. Bahkan dari ulangan harian pada awal bab bangun ruang sederhana hanya 9 orang dari 24 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Sungguh masalah yang ironis bukan. Materi bangun ruang sederhana dengan cakupan yang tidak terlalu banyak dan hanya seputar jaring jaring, luas dan volum bangun ruang sederhana semacam balok, kubus, prisma dan limas ternyata juga bagi siswa adalah hal yang sulit. Kemudian kami mencoba mencari tahu penyebabnya dan mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai obat dari masalah tersebut. 

Contoh PTK SD kelas iv tahun 2018 yang kami bagikan akan memberikan rambu rambu bagi anda dalam menyusun laporan karya tulis ilmiah. Setelah anda memperoleh gambaran masalah pembelajaran anda dan resep penangannya maka langkah selanjutnya anda harus melakukan kegiatan ATM(amati tiru dan modivikasi)
1. Amatilah contoh PTK SD ini, detilnya , sistematikanya, perumusan masalahnya, tujuannya, landasan teorinya apa saja, bagaimana metodologi penelitiannya, bagaimana menyusun hasil dan pembahasannya dan bagaimana menyimpulkan hasil penelitian. Sesuaikan juga dengan literatur yang lain. bisa dari buku buku pedoman penelitian tindakan kelas atau yang lainnya. 
2. Tiru, tiru disini bukan dalam arti menjiplak sepenuhnya contoh PTK SD ini, namun sesuaikan dengan cara menyusunan laorannya.
3. Modivikasi artinya dengan draft laporan PTK yang sama coba di modivikasi kedalam judul yang berbeda. Karena memang sebenarnya PTK itu memiliki karakteristik yang sama dengan PTK lain.

Yang paling penting bagi anda yang akan membuat PTK adalah kejujuran , artinya PTK yang anda buat itu memang benar benar merupakan refleksi dan tindak lanjut dari proses perbaikan pembelajaran anda sendiri. Jadi membuat PTK bukan hanya sebagi tuntutan pekerjaan namun sebagai naluri pendidik yang ingin senantiasa mengembangkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran anda sendiri. Begitu pula contoh PTK SD kelas IV yang kami bagikan, tidak lain tidak bukan merupakan hasil dari upaya kami dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah kami.

Jika banyak guru yang memiliki pola pikir yang demikian saya yakin indonesia akan menjadi negara yang maju pendidikannya dan lain lainnya.

Baiklah tanpa harus berlama lama segera saja anda amati contoh PTK SD kelas IV dibawah ini. download dan pelajari, dan buatlah PTK sendiri dengan kejujuran.

Password :"pakekosuseno.blogspot.com"

Untuk referensi contoh PTK SD atau SMP lain  anda bisa download di link ini.
Agar belajar lebih efektif belajarlah dari video buruan kunjungi


No comments:

Post a Comment