Thursday, May 10, 2018

CARA TERHINDAR DARI STROKE DAN PENYAKIT GANAS

CARA TERHINDAR DARI STROKE DAN PENYAKIT GANAS



Tips ini diluar niche blog ya, sekedar berbagi apa yang ada dikepala saya. Terlihat dari judulnya saya kira inilah yang anda cari dan anda butuhkan. Solusi dan usaha preventif untuk menghindari penyakit terganas di indonesia yaitu stroke. Lalu bagaimana terhindar dari penyakit stroke dan penyakit ganas lainnya?

Oke pada kesempata ini kami akan berikan uraiannya. Begini ceritanya, pernah suatu waktu saya membaca sebuah artikel sederhana tentang apa penyebab stroke atau dalam bahasa jawanya adalah angin duduk. Secara medis bahwa struke itu akibat tersumbatnya peredaran darah yang menuju ke kepala, sehingga aliran oksigen menuju otak kurang , akibatnya otak kekurangan oksigen yang memang menjadi sumber utama dari kehidupan sel sel otak. Otak yang kekurangan oksigen kemudian akan menjadikan fungsi kerja otak akan perlahan berurang dan berkurang pada beberapa bagian fungsi. Jaringan saraf pun akhirnya perlahan mengalami disfungsi. Nah inilah yang mengakibatkan beberapa penderita stroke lumpuh pada bagian bagian tubuhnya. Paling parahnya lagi stroke jika tidak ditangani secepatnya maka akan menyebabkan kehilangan nyawa.

Penyumbatan aliran pembuluh darah keotak tersebut terjadi karena darah mengental akibat kadar trigliserida, gula dan kolesterol dalam darah terlalu tinggi. Itu lah uraian tentang sisi medis dari penyakit stroke.  Tapi bukan itu yang ingin kami bahas pada artikel pagi hari ini.

Kami akan menyoroti beberapa kejadian dari beberapa pengamatan yang kami dapatkan. Kebetulan banyak warga di sekeliling saya yang menderita stroke termasuk mertua saya sendiri. Dari beberapa orang tersebut kami amati ternyata memiliki pola yang sama. Biasanya stroke itu terjadi setelah orang beraktivitas berlebihan, capek dan akhirnya ingin perasaan ngantuk kemudian tidur dan sudah tak bisa bangun lagi. Ingat polanya : "capek ----> mengantuk-----> tidur -----> dan stroke"

Setuju tidak dengan pola diatas? ya itu memang pola polanya. Kadang ada yang sedang berolahraga kemudian kecapekan istirahat sebentar ngantuk dan tidur akhirnya tak bisa bangun lagi alias stroke.

Itu pola yang pertama. sekarang menuju pola kedua. Pernahkan kita mengamati stroke biasa terjadi antara jam 16.00 - 19.00. itu adalah waktu waktu yang baling banya stroke datangi. Ya lazim juga sih, contoh ada tetangga kami yang pulang dari sawah yaitu sore hari sekitar jam 16.30. Sampai rumah capek dan duduk sebentar mengantuk dan akhirnya stroke. Dan banyak pula dari kalangan selebritis semacam Taufik safalas, dan lainnya, basuki juga. Setelah olah raga istirahat ngantuk dan stroke. Nah jam olah raga yang paling asik bukankah jam sore hari? Lalu ada apa dengan waktu waktu tersebut?

Oke dari dua pola diatas kemudian kami mencari beberapa literasi tentang cara menghindari stroke dan penyakit ganas lainnya. Ada salah satu kisah Nabi sulaiman dimana dia bertemu dengan angin merah atau Rihil ahmar. 
Sulaiman A.S menanyakan siapakah kamu?' 
Rihil ahmar baginda" jawabnya
Apa yang kamu lakukan disini? tanya Sulaiman. 
" baginda, Jika aku memasuki rongga manusia, maka dia tikan pernah bisa bangun lagi, jika aku memasuki otak manusia  maka dia akan gila" Jawabnya
Lalu Sulaiman memerintahkan untuk membakar Angin merah tersebut agar binasa namun angin merah berkata
aku tak akan bisa dimusnahkan kecuali perintah Allah saja baginda.

Ada juga suatu riwayat ketika cucu Nabi muhammad yang sakit tak bisa bangun lalu nabi bertanya pada Jibril, apakah gerangan penyakit cucunya. Kemudian Jibril mengajari Nabi doa seperti berikut
"Allahuma inni audzubika minal rihil ahmar wadamil aswad wadail akbar" dibacakanlah doa itu untuk cucu beliau dan akhirnya bisa bangun dan Sembuh.

Lalu Jibril berpesan , itu adalah Rihil ahmar (Angin merah) dia datang kepada hamba Allah yang tidur antara asar dan isya' . Barang siapa yang berdoa barang sekali selama hidupnya maka tidak akan pernah didatangi rihhil ahmar.

Nah ternyata ada korelasi bukan antara waktu stroke dengan datangnya si Angin merah. Jadi cara terhindar dari stroke dan penyakit ganas lainnya adalah 
1. Jangan pernah tidur pada waktu antara asar dengan isya'. Seberapapun capeknya jangan sampai ya. 
2. Sering baca doa sebagaimana yang saya bagikan di atas.


Demikian artikel sederhana cara terhindar dari  stroke dan penyakit ganas lainnya . 
  
  

No comments:

Post a Comment