RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013
Materi lingkaran adalah salah satu materi dengan tingkatan kesulitan sedang sampai tinggi atau sulit. Oleh karena itu diperlukan perencanaan pembelajaran yang tepat agar daya serap siswa terhadap materi ini bagus. Dibawah ini kami sajikan contoh RPP lingkaran untuk kelas 8 kurikulum 2013. Rpp lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 ini memuat 4 materi utama yaitu
v Unsur-unsur
lingkaran
v Keliling
dan luas lingkaran
v Sudut
pusat dan sudut keliling
v
Panjang busur dan luas juring
Karena konten materi yang akan disampaikan termasuk banyak maka kami membuat RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 ini dengan mengalokasikan waktu 12 jam pelajaran atau boleh dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan skema 2,3,2,3,2. Ibu bapak bisa menyesuaikan dengan kondisi real pembelajaran anda.
Mari kita langsung saja ke RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 berikut.
Jika anda ingin mendapatkan file RPP lingkaran kelas 8 kurikulum 2013 silahkan unduh di sini
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Pokok Bahasan : Lingkaran
Alokasi
Waktu : 12 jam pelajaran
(5 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan
komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.7 Menurunkan
rumus untuk menentukan rumus keliling dan luas lingkaran yang dihubungkan
dengan masalah kotekstual
3.8
Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring
lingkaran, serta hubungannya
|
1. Mengenal Lingkaran
2. Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran
menggunakan masalah kontekstual.
3. Menurunkan
rumus untuk menentukan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
1. Menentukan hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling
2. Menentukan panjang busur dan luas juring
|
4.7
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas
lingkaran
4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling,
panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
1. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut
keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta
didik dapat mengenal lingkaran
Pertemuan kedua :
1.
Peserta
didik dapat menurunkan rumus untuk menentukan keliling
lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
2.
Peserta
didik dapat menurunkan rumus untuk menentukan luas
daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
Pertemuan ketiga :
1.
Peserta
didik dapat menentukan Hubungan antara Sudut Pusat
dengan Sudut Keliling
2.
Peserta
didik dapat menentukan Panjang Busur dan Luas Juring
Pertemuan keempat :
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
Pertemuan kelima :
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
Fokus Penguatan Karakter :
Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v Unsur-unsur
lingkaran
v Keliling
dan luas lingkaran
v Sudut
pusat dan sudut keliling
v Panjang
busur dan luas juring
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kelima : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1.
Media :
Media audiovisual yang berkaitan dengan lingkaran
2.
Bahan :
Bahan yang berkaitan dengan lingkaran
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi Mengenal lingkaran
dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan
cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan Mengenal lingkaran secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan Mengenal lingkaran.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan Mengenal lingkaran.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan Mengenal
lingkaran.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan
untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan Mengenal lingkaran.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan Mengenal
lingkaran.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait Mengenal lingkaran.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta
memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (3 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi Menurunkan
rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
menggunakan masalah kontekstual dengan tanya jawab
3.
Guru membahas PR
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas
daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan Menurunkan rumus untuk
menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah
kontekstual.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran dan luas
daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan Menurunkan rumus
untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan
masalah kontekstual.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk menentukan
keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan Menurunkan rumus untuk
menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah
kontekstual.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta didik
membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan Menurunkan rumus
untuk menentukan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan
masalah kontekstual.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait Menurunkan rumus untuk menentukan keliling
lingkaran dan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi hubungan
antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring
dengan tanya jawab
3.
Guru membahas PR
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan Hubungan antara sudut pusat
dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur
dan luas juring.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan Hubungan antara sudut
pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling
serta panjang busur dan luas juring.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan Hubungan
antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang
busur dan luas juring.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan Hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling
serta panjang busur dan luas juring.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait Hubungan
antara sudut pusat dengan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran dengan tanya
jawab
3. Guru membahas PR
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran secara
umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling
lingkaran dan luas daerah lingkaran.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah
lingkaran.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah
lingkaran.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling
lingkaran dan luas daerah lingkaran.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah
lingkaran.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kelima (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya dengan tanya jawab
3. Guru membahas PR
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut
keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya secara
umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring
lingkaran, serta hubungannya.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut
keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas juring lingkaran, serta hubungannya.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran,
serta hubungannya.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring
lingkaran, serta hubungannya.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas juring lingkaran, serta hubungannya.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : Tugas Individu
ii.
Bentuk
Instrumen : Masalah yang berkaitan dengan sudut pusat,
sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
|
a