RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013
Kesempatan ini kita akan belajar cara membuat RPP dan mengaplikasikan atau menerapkan RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 ini materi peluang diberikan pada kelas 8 semester 2 tak seperti pada kurikulum KTSP yang dibelajarkan pada kelas IX semester 1.
Konsep peluang merupakan konsep yang membutuhan pemahaman yang tinggi. Melibatkan aneka percobaan dan melakukan pendataan kejadian. RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 ini di rancang dengan tujuan tersebut yaitu membantu guru dalam membelajarkan materi peluang dengan baik tentunya.
Mari kita simak RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 berikut ini
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 10 jam pelajaran
(4 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.13 Menjelaskan peluang
empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
1. Menentukan peluang empirik dari suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel dari suatu eksperimen
3. Menentukan
titik sampel yang memenuhi suatu kejadian
4. Menentukan
peluang teoretik dari suatu eksperimen
|
4.13
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat menentukan
peluang empirik dari suatu percobaan.
Pertemuan kedua :
1. Peserta didik dapat menentukan ruang sampel dari suatu eksperimen
2. Peserta didik dapat menentukan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian
Pertemuan ketiga :
Peserta didik dapat menentukan peluang teoretik
dari suatu eksperimen.
Pertemuan keempat :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan.
Fokus Penguatan Karakter :
Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v
Peluang empirik dari suatu percobaan.
v
Ruang sampel dari suatu eksperimen.
v
Titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
v
Peluang teoretik dari suatu
eksperimen.
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
F.
Media dan Bahan
1. Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan peluang empirik dan
teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
2. Bahan : Bahan
yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan.
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peluang
empirik dari suatu percobaan dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan,
yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan peluang empirik dari suatu percobaan secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan peluang empirik dari suatu
percobaan.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan peluang empirik
dari suatu percobaan.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan peluang
empirik dari suatu percobaan.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait peluang empirik dari suatu percobaan.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi ruang
sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian
dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi
suatu kejadian secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan ruang sampel dari suatu
eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi
suatu kejadian.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan ruang sampel dari
suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen
dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu
eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan ruang sampel
dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik
sampel yang memenuhi suatu kejadian.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan belajar
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peluang
teoretik dari suatu eksperimen dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan peluang teoretik dari suatu
eksperimen secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan peluang teoretik dari
suatu eksperimen.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan peluang
teoretik dari suatu eksperimen.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait peluang
teoretik dari suatu eksperimen.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian
dari suatu percobaan dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan
teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan
teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian
dari suatu percobaan.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian
dari suatu percobaan.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Masalah yang berkaitan dengan peluang
empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
|
Terimakasih