Rpp Transformasi Geometri Kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019
Materi Transformasi Geometri pada mata pelajaran matematika di sajikan pada tingkat kelas 9 berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Rpp Transformasi Geometri Kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019. Semoga nantinya apa yang kami bagikan akan bermanfaat kepada anda semua.
Pada dasarnya membuat perencanaan pembelajaran bisa di lakukan oleh siapa pun akan tetapi karena ketidak percaya diri dari masing masing guru maka melakukan modivikasi Rpp yang sudah pernah dibuat orang lain menjadi jalan terbaik. Modivikasi perencanaan pembelajaran orang lain harus dilakukan dengan menyesuaikan dengan kondisi dan daya dukung sekolah dan peserta didik itu sendiri.
Silakan bagi bapak/ibu yang menginginkan Rpp Transformasi Geometri Kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 bisa download pada link berikut
Sebelum download bolehlah anda melihat cuplikan RPP berikut.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Transformasi Geometri
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
|
Ko
|
mpetensi Inti
KI1 dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
|
KI3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan
spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
||
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan
menyaji
secara kreatif,
produktif,
kritis,
|
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
Menjelaskan transformasi Translasi
Menjelaskan transformasi Refleksi
Menjelaskan transformasi Rotasi (Perputaran)
Menjelaskan transformasi Dilatasi
Mengidentifikasi masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Menjelaskan transformasi Translasi
Menjelaskan transformasi Refleksi
Menjelaskan transformasi Rotasi (Perputaran)
Menjelaskan transformasi Dilatasi
Mengidentifikasi masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil
transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi)
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi
D. Materi
Pembelajaran
Translasi
Refleksi
Rotasi (Perputaran)
Dilatasi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
mengenai
materi :
Translasi
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Translasi
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Translasi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Translasi yang
sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Translasi yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Translasi yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Translasi.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Translasi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Translasi sesuai
dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Translasi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Translasi
Mengolah informasi dari materi Translasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Translasi.
|
|||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Translasi
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Translasi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Translasi
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Translasi
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Translasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Translasi
Menjawab pertanyaan tentang materi Translasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Translasi yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Translasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Translasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|||
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Translasi yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan
rumah untuk materi pelajaran Translasi yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Translasi.
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Translasi.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Translasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Ketiga dan Keempat (5 x 40 Menit)
|
|||
Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
|
|||
Guru : Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang
materi :
Refleksi
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 140 Menit )
|
|||
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Refleksi dengan cara :
Melihat (tanpa atau
dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja
materi Refleksi.
Pemberian contoh-contoh materi Refleksi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Refleksi.
Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Refleksi.
Mendengar
Pemberian materi Refleksi oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Refleksi
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Refleksi
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual
|
Ini hanya cuplikan dari Rpp Transformasi Geometri Kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019. Hasil downloadnya akan lebih komplit dan disertai dengan kelengkapan materi lampiran soal dan kisi kisi penilian dan rubriknya.