6 Metode buat Menang dalam Transformasi Digital di Indonesia
TRANSFORMASI DIGITAL DI INDONESIA Terus menjadi Menampilkan
TARINGNYA, Serta BANYAK INDUSTRI Dan BISNIS YANG Berganti Ekstrem DEMI
Memperoleh‘ SEPOTONG PIE’ YANG Berikan KEUNTUNGAN.
Kenapa? Transformasi digital di Indonesia hendak bawa lebih
banyak pendapatan, efisiensi serta produktivitas yang lebih besar, serta
pastinya pengalaman pelanggan yang lebih memuaskan.
Bagaikan hasilnya, transformasi digital saat ini jadi
perihal biasa yang baru. Transformasi digital diperlukan buat senantiasa bisa
bersaing di pasar yang menampilkan terdapatnya kenaikan permintaan pelanggan.
Dengan bergabung di dalam kolam digital, Indonesia
diharapkan bawa perkembangan ekonomi ke tingkat yang lebih besar– prediksinya
merupakan mempunyai akibat ekonomi sebesar US$150 miliyar( 10% PDB) tiap tahun
pada 2025.
Dalam postingan ini, ayo kita amati gimana industri hendak
memenangi transformasi digital di Indonesia, prediksi masa depan, apa yang
dicoba pemerintah Indonesia buat menunjang revolusi ini, serta kisah- kisah
keberhasilan industri rintisan digital.
1. Pahami Transformasi Digital di Indonesia
Buat bisnis- bisnis di Indonesia yang memilah buat menerima
pergantian dengan menolak buat tertinggal di balik yang lain serta menikmati
keuntungannya, masa depan yang panjang serta terang menanti.
Tetapi, revolusi digital masih terkategori lumayan baru di
Indonesia, serta karenanya masih terdapat banyak peluang terbuka lebar untuk
investor serta pengusaha.
Bagi McKinsey&Company serta studi mereka terhadap 20
pasar terpilih di dunia, Indonesia masih terletak di sesi dini digitalisasi.
Ini kenyataan yang menarik—walaupun masih di sesi dini
digitalisasi, populasi Indonesia dipertimbangkan bagaikan yang sangat aktif
sehubungan dengan pengguna digital serta Indonesia ialah salah satu pusat
industri rintisan terbanyak di dunia.
2. Strategi Transformasi Digital
Bila tidak mewujudkan inisiatif transformasi digital jadi
strategi yang baik, industri ditakdirkan kandas di dalam game ini. Bisnis bisa
fokus pada cara- cara berikut buat tingkatkan kesempatan menang mereka.
Merancang Pengalaman yang Berorientasi Pelanggan
Pengalaman pengguna yang mengasyikkan, bisa dipersonalisasi,
kilat serta interaktif merupakan apa yang dicari oleh mayoritas pelanggan.
Pengalaman- pengalaman ini bisa dicapai lewat pengembangan
invotatif serta desain yang lembut. Contoh industri ternama merupakan Google,
Facebook, Disney, Starbucks, dll.
Mengaitkan Strategi Antar Channel
Pada era saat ini ini, pelanggan berhubungan dengan industri
lewat bermacam tipe channel, dari toko raga sampai web online, dari layanan
pelanggan sampai media sosial, serta masih banyak lagi.
Channel online ataupun offline berarti untuk pelanggan buat
memperoleh pengalaman pengguna terbaik.
Memfasilitasi Big Informasi buat Keputusan Tepat
Jumlah informasi berkembang secara kasar namun tidak
menampilkan terdapatnya isyarat penyusutan. Dengan arahan khusus, industri saat
ini bisa memakai big informasi buat menganalisis permasalahan serta mengambil
keputusan lekas.
Menguatkan Cybersecurity
Pada masa digital ini, properti intelektual serta informasi
bisnis jadi peninggalan berharga industri. Oleh karenanya, ini pula berarti
cybersecurity jadi terus menjadi berarti buat melindungi peninggalan digital
industri.
3. Perhatikan Prediksi Masa Depan buat Transformasi Digital
Bagi survei IDC, industri serta bisnis yang terus berpacu
dengan transformasi digital di Indonesia melaksanakan 2 kali lebih baik
daripada mereka yang terlambat mengadopsi.
IDC pula menggarisbawahi 10 prediksi utama teknologi paling
atas yang membuat industri Indonesia melaksanakan kenaikan serta menguatkan
inovasi digital mereka.
Di dasar kepemimpinan Presiden Jokowi serta administrasinya,
Indonesia mempunyai visi buat menggapai nilai pasar sebesar US$ 130 miliyar
pada 2020, jadi ekonomi digital terbanyak di Asia Tenggara.
Buat mewujudkan visi ini, pengeluaran TIK( Teknologi Data
serta Komunikasi) di Indonesia oleh karenanya diperkirakan menggapai IDR 443
triliun pada 2018.
10 prediksi paling atas buat transformasi digital yang
hendak membagikan akibat besar terhadap seluruh pemangku kepentingan dan negeri
merupakan:
Momen Kritikal Ekonomi Digital
Minimum 40% PDB Indonesia diprediksi hendak didigitalisasi
pada 2021. Investor kemudian hendak memfasilitasi ekosistem digital, platform,
nilai informasi serta keterlibatan karyawan buat mengukur nilai segala bisnis.
Platform Transformasi Digital
2 puluh persen industri hendak memenuhi serta
mengimplementasikan strategi transformasi digital buat bersaing dalam ekonomi
digital.
Awan( cloud) Terbaru serta Meningkat
Layanan awan hendak lebih terdistribusi serta
terspesialisasi pada 2021. Total pengeluaran buat layanan awan dan piranti
keras serta lunaknya diperkirakan menggapai US$ 266 juta pada dikala itu.
AI Jadi Perihal Wajar yang Baru
Dekat 10% rencana serta strategi transformasi digital hendak
menggunakan layanan kecerdasan buatan pada 2021– 20% aplikasi komersial
kecerdasan buatan, 30% klien berbicara lewat robot kecerdasan buatan, serta 5%
industri robot kecerdasan buatan baru.
Aplikasi yang Scalable
Aplikasi industri hendak dibentuk dengan arsitektur hyper-
agile serta scalable. Misalnya, pengembangan aplikasi di plaftorm awan( aPaaS).
Interface Human- Digital( HD)
2021 merupakan tahun yang besar. Pada dikala itu, interface
HD hendak meluas dengan lebih banyak pengalaman yang dipersonalisasi. Misalnya,
teknologi field- service serta pekerja kabar memakai suara dalam aplikasi
telepon genggam baru bagaikan interface utama, serta industri memakai sensor
biometrik buat menguatkan kenyataan.
Blockchain
Lebih dari 10% organisasi di Indonesia hendak memakai
layanan blockchain yang jadi digital trust pada 2021. Tidak hanya itu, 20%
industri rantai pasok serta 20% bank hendak memakai jaringan blockchain dalam
penciptaan mereka.
Ekosistem API Terbuka
Dekat 50% bisnis di Indonesia hendak mempunyai interaksi
layanan digital( dekat 20%) langsung dari ekosistem API terbuka mereka.
Meningkatnya Jumlah Developer
Tool pengembangan dikala ini sudah tingkatkan jumlah
pengembang non- teknologi dalam sebagian tahun belum lama. Pada 2027, Indonesia
diprediksi 50% fitur aplikasi baru yang diciptakan pengembang.
Lebih Banyak Penyedia Data
5 belas persen bisnis di Indonesia hendak mendapatkan
pendapatan dari data- as- a- service( DaaS) pada 2020– kenaikan tajam dari cuma
2% pada 2017.
4. Pelajari Upaya serta Sokongan Pemerintah Indonesia
Transformasi digital di Indonesia merupakan gabungan upaya
antara pemerintah Indonesia serta tubuh swasta.
Paling utama pemerintah Indonesia, mereka berfungsi sangat
berarti dalam perkembangan pesat ini dengan keinginan keras buat memusatkan
negeri ke digitalisasi.
Salah satu usaha terbaik yang dicoba pemerintah Indonesia
merupakan implementasi khasiat IoT( Internet of Things) di salah satu kota
pintar di Indonesia– Bandung.
Pemerintah lokal sudah menghasilkan lebih dari 100 aplikasi
buat menolong penduduk, yang pada dikala bertepatan pula tingkatkan efisiensi
serta produktivitas pemerintah.
GAMPIL ialah salah satu aplikasi terkenal yang mempermudah
usaha kecil buat mengajukan izin. Ini hendak menolong mereka menjauhi antrian
panjang serta korupsi.
Tidak hanya itu, e- budgeting yang jelas di Bandung menolong
kota tersebut mengirit US$200 juta pada 2016.
5. Pahami Kegagalan Digitalisasi Perusahaan
Permasalahan transformasi digital tidak seluruhnya berakhir
indah serta manis. Industri berisiko mengacaukan peluang yang terdapat serta
masa depan yang menjanjikan bila mereka salah metode dalam mengalami
transformasi digital.
Inilah kesalahan- kesalahan yang wajib dihindari:
Mendigitalisasi Segalanya
Kesalahan terbanyak yang menimbulkan gagalnya transformasi
digital merupakan mendigitalisasi nyaris segalanya. Misalnya, digitalisasi
manufaktur.
Tidak segalanya wajib didigitalisasi, meski memanglah dapat
dicoba. Pelajari workflow Kamu serta analisis bagian mana dari proses yang
butuh ditingkatkan dengan digitalisasi.
Kumpulkan Beberapa Besar Data
Mayoritas waktu, industri hendak mengumpulkan beberapa besar
informasi tanpa fokus serta tidak ketahui hendak diapakan informasi tersebut.
Bagaikan hasilnya, menganalisis informasi dalam jumlah besar
menghabiskan banyak waktu serta usaha, sehingga bisnis Kamu malah jadi
tertinggal di balik.
Pakai Informasi yang Besar buat Tingkatkan Nilai serta
Pemasukan
Tanpa fokus serta arah, kumpulan informasi semata tanpa
rencana yang mantap buat menunjang proses digitalisasi tidak hendak menolong
industri mendapatkan pendapatan serta tingkatkan nilai.
6. Terus Berpacu dengan Inovasi Digital
Buat jadi salah satu pemenang pada masa digital dengan
menggunakan sebaik- baiknya peluang digital, rute inovatif wajib
dipertimbangkan, paling utama untuk bisnis tradisional.
Industri tradisional ataupun bereputasi sanggup mengganti
serta menghasilkan nilai dengan 3 aspek berarti:
1. Inovasi produk serta jasa
2. Transformasi model bisnis
3. Revisi proses bisnis
Cerita Sukses Digital
Tren transformasi digital mendapatkan banyak momentum di
Indonesia sebab banyaknya cerita sukses, bersamaan dengan kenaikan efisiensi
bisnis serta perkembangan pendapatan kotor.
Sebagian industri besar yang sukses menggunakan peluang
digital merupakan Emtek, Telkomsel, Lippo Group, Bank Mandiri, serta GO- JEK.
Emtek merupakan industri media serta Internet yang populer
sebab mempunyai jaringan tv serta mentansformasi Blackberry Messenger jadi
platform pembayaran mobile yang melayani 63 juta klien di Indonesia.
Telkomsel memainkan peranan berarti dalam komunikasi telepon
genggam, mempermudah karyawan melaksanakan pembayaran serta membeli melalui
telepon genggam.
Serta berdialog tentang Lippo Group, industri ini sudah
menggapai perkembangan signifikan dengan bergabung dalam game transformasi
digital. Dengan investasi sebesar US$500 juta buat e- commerce- nya, Lippo
Group saat ini jadi peritel online terbanyak di Indonesia, bertujuan buat
menggapai penjualan senilai US$1 miliyar dalam 2 tahun.
Cekindo Bisa Membantu
Janganlah menyangka enteng resiko transformasi digital di
Indonesia dan konsultasi sehubungan dengan merambah pasar bila Kamu mau jadi
salah satu pemain berarti dalam pasar digital Indonesia. Mendatangi kami serta
miliki penawaran terbaik buat persoalan Kamu.