RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013
Kesempatan kali ini kita akan berbagi kepada anda semua tentang pengalaman menarik membuat RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013. RPP pytagoras ini pada kelas 8 semester 2 berdasarkan kurikulum 2013 mengalokasikan 10 Jam Pelajaran atau bisa juga dibuat dalam 4 kali pertemuan. Jika satu minggu ada 2 pertemuan maka paling tidak materi teorema pythagoras ini membutuhkan 2 minggu untuk menyelesaikannya.
RPP pythagoras ini agar dapat dilaksanakan dengan baik dibutuhkan keterampilan mengajar guru. melalui RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 ini diharapkan bisa memberikan bahan referensi dalam program pengajaran sesama praktisi atau pendidik.
Marilah kita perhatikan RPP pytagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 berikut!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Materi
pokok : Teorema pythagoras
Alokasi
Waktu : 10 jam pelajaran
(4 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan
komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan
tripel Pythagoras
|
1.
Menemukan
Teorema Pythagoras.
2.
Menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
3.
Menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
4.
Mengenal
tripel Pythagoras.
5.
Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga
siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300,
600 dan 900).
|
4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
1. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat menemukan Teorema Pythagoras.
Pertemuan kedua :
1.
Peserta
didik dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain
diketahui.
2.
Peserta
didik dapat menemukan kebalikan Teorema
Pythagoras.
Pertemuan ketiga :
1.
Peserta
didik dapat mengenal tripel Pythagoras.
2.
Peserta
didik dapat menghitung perbandingan
sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah
300, 600 dan 900).
Pertemuan keempat :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v Menemukan Teorema Pythagoras.
v Menemukan
kebalikan Teorema Pythagoras.
v Mengenal
tripel Pythagoras.
v Menerapkan
Teorema Pythagoras.
v Menyelesaikan
Permasalahan Nyata dengan Pythagoras
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1.
Media :
Media audiovisual yang berkaitan dengan Teorema
Pythagoras
2.
Bahan :
Bahan yang berkaitan dengan Teorema
Pythagoras
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menemukan
Teorema Pythagoras dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menemukan Teorema Pythagoras secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menemukan Teorema Pythagoras.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menemukan Teorema
Pythagoras.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan
tentang apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menemukan
Teorema Pythagoras.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menemukan Teorema Pythagoras.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta
memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan
kebalikan Teorema Pythagoras dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain
diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menghitung panjang sisi
segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan
Teorema Pythagoras.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain
diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan
kebalikan Teorema Pythagoras.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta
didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk
bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga
siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menghitung panjang sisi
segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan
Teorema Pythagoras.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk
12.
mengkonfirmasi, memberikan
tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan
kebalikan Teorema Pythagoras.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menghitung panjang sisi segitiga siku-siku
jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi mengenal
tripel Pythagoras dan menghitung perbandingan sisi sisi
segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300,
600 dan 900) dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan mengenal tripel Pythagoras
dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut
istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900) secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan mengenal tripel Pythagoras dan menghitung perbandingan sisi sisi
segitiga siku-siku dengan
4. sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600
dan 900).
5. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
6. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan mengenal tripel Pythagoras
dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut
istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
Mengasosiasi
7. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan mengenal tripel
Pythagoras dan menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu
sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
8. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
9. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
10. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan mengenal
tripel Pythagoras dan menghitung perbandingan sisi sisi
segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300,
600 dan 900).
Mengkomunikasikan
11. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan mengenal tripel
Pythagoras dan menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu
sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
12. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan mengenal tripel
Pythagoras dan menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu
sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait mengenal
tripel Pythagoras dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga
siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300,
600 dan 900).
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras
secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema pythagoras.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan teorema pythagoras.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema pythagoras.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema pythagoras.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran
remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
|
demikian artikel tentang RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013, semoga bermanfaat!
artikel terkait
RPP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KURIKULUM 2013
- RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013
- RPP aritmatika sosial kurikulum 2017
- RPP perbandingan Kurikulum 2013
- RPP perbandingan bagian 1 Kurikulum 2013
- RPP Penyajian Data kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
- RPP bentuk aljabar kurikulum 2013
- RPP menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel
- RPP konsep pertidaksamaan linier kurikulum 2013
- RPP model matematika kurikulum 2013
- RPP konsep persamaan linier satu variabel kurikulum 2013
- RPP plsv kalimat terbuka tertutup kurikulum 2013
- RPP komplemen himpunan kurikulum 2013
- RPP operasi himpunan kurikulum 2013
- RPP himpunan bagian kurikulum 2013
- RPP kardinalitas himpunan dan himpunan kosong
- RPP himpunan semsesta dan diagram venn kurikulum 2...
- RPP Konsep himpunan Kurikulum 2013
- RPP operasi bilangan pecahan
- RPP operasi bilangan bulat Kurikulum 2013
- RPP matematika Urutan bilangan bulat dan pecahan