Setiap bulan desember, siswa dan instansi pendidikan sibuk melaksanakan ulangan akhir semester gasal (1) termasuk juga seluruh SMP di kabupaten grobogan. Para siswa mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan UAS dengan bermacam macam cara. Ada yang belajar mandiri sehari harian dan ada pula yang aktif mengikuti bimbingan belajar (bimbel).
Saran saya, cara paling baik saat menghadapi pelaksanaan UAS adalah dengan rajin berlatih soal soal UAS tahun sebelumnya. Biasanya soal soal UAS dari tahun ke tahun hanya mengalami sedikit modivikasi. Dengan menguasai soal soal sebelumnya kalian sudah bisa ayem dan pastinya siap menghadapi UAS.
mari kita simak kisi kisi soal UAS semester 1 kabupaten grobogan untuk kelas 9 ini
KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
KELAS IX TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk
Soal
|
No
Soal
|
1.
|
1.1. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang
sebangun dan kongruen
|
Kesebangunan
|
Menentukan ukuran bangun datar yang sebangun dengan persegi panjang
yang berukuran a cm x b cm
|
PG
|
1
|
Menentukan panjang sebenarnya dari sebuah benda jika diketahui skala
pada model
|
PG
|
2
|
|||
2.
|
1.2. Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan kongruen
|
Kesebangunan
|
Menentukan
luas foto setelah lebar dan tinngi foto diperbesar n kali.
|
PG
|
3
|
Menentukan pasangan segitiga yang kongruen dari sebuah belah ketupat
|
PG
|
4
|
|||
Menentukan pasangan sudut yang sama besar dari dua segitiga yang
sebangun.
|
PG
|
5
|
|||
Menentukan panjang sisi dari dua segitiga yang sebangun.
|
Uraian
|
31
|
|||
3.
|
1.3. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga
dalam pemecahan masalah
|
Kesebangunan
|
Menentukan tinggi tiang lampu jika seorang anak yang tingginya x cm
berdiri pada jarak y m dari sebuah tiang lampu dan panjang bayangan anak itu
oleh sinar lampu adalah z m
|
PG
|
6
|
Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah segitiga dengan dua garis sejajar
|
PG
|
7
|
|||
Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah segitiga siku-siku dengan garis tinggi
|
PG
|
8
|
|||
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga
dalam pemecahan masalah
trapesium
|
PG
|
9
|
|||
5.
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
|
Bangun
Ruang Sisi Lengkung
|
Menentukan banyak rusuk dan sisi pada
tabung
|
PG
|
10
|
6.
|
2.2. Menghitung luas permukaan dan volume tabung,
kerucut dan bola
|
Bangun
Ruang Sisi Lengkung
|
Menentukan
luas selimut tabung
jika diketahui diameter dan tingginya
|
PG
|
11
|
Menentukan
panjang jari-jari bola jika
diketahui luas permukaan bola
|
PG
|
12
|
|||
Menentukan
tinggi kerucut jika diketahui volume dan jari-jari alas
kerucut
|
PG
|
13
|
|||
Menentukan
volume bola jika diketahui jari-jari bola
|
PG
|
14
|
|||
Menentukan
volume tabung diluar bola
|
PG
|
15
|
|||
Menentukan jari-jari dan volume bola jika diketahui luas permukaan
bola
|
Uraian
|
32
|
|||
7
|
2.3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Bangun
Ruang Sisi Lengkung
|
Menentukan luas permukaan bangun yang terdiri dari
tabung dan kerucut
|
PG
|
16
|
Menentukan tinggi air dalam tabung setelah
dimasukkan bola besi
|
PG
|
17
|
|||
Menentukan besarnya biaya pengecatan atap bangunan
berbentuk belahan bola
|
PG
|
18
|
|||
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan Luas kerucut
|
Uraian
|
33
|
|||
8.
|
3.1 Menentukan rata-rata, median dan modus data
tunggal serta penafsirannya
|
Statistik
|
menentukan mean dari data tunggal
|
PG
|
19
|
menentukan median dan modus dari data tunggal
|
PG
|
20
|
|||
Menentukan salah satu nilai jika mean dari data
nilai sudah diketahui
|
PG
|
21
|
|||
Menentukan nilai rata-rata gabungan dalam pemecahan
masalah
|
PG
|
22
|
|||
Menentukan mean, median dan modus
|
Uraian
|
34
|
|||
9.
|
3.2. Menyajikan data dalam bentuk tabel, dan
diagaram batang, garis, dan lingkaran
|
Statistik
|
Menentukan nilai dari suatu data yang disajikan dengan
diagram lingkaran
|
PG
|
23
|
Menentukan nilai dari suatu data yang disajikan
dengan diagram garis
|
PG
|
24
|
|||
10.
|
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
Peluang
|
Menentukan ruang sampel dari
percobaan melempar sebuah mata
uang logam dan sebuah dadu sekaligus
|
PG
|
25
|
Menentukan
banyaknya anggota ruang
sampel dari percobaan melempar tiga keping mata uang logam sekaligus.
|
PG
|
26
|
|||
11.
|
4.2 Menentuakan peluang suatu kejadian sederhana
|
Peluang
|
Menentukan peluang
suatu kejadian memilih sebuah huruf secara acak dari huruf-huruf pembentuk
sebuah kata
|
PG
|
27
|
Menentukan
peluang suatu kejadian pelemparan dua buah dadu
|
PG
|
28
|
|||
Menentukan
nilai peluang suatu kejadian seorang ibu mempunyai 2 anak
semuanya
laki-laki
|
PG
|
29
|
|||
Menentukan
Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan genap pada percobaan pelemparan
sebuah dadu sebanyak n
kali
|
PG
|
30
|
|||
Menentukan nilai peluang pengambilan bola kedua dalam sebuah kotak jika pengambilan pertama
dtidak dikembalikan.
|
Uraian
|
35
|
ini kisi kisi UAS kelas 7 matematika semester 1
Ingat Nilai yang baik harus di imbangi dengan semangat kejujuran dan kerja keras ya!
Dalam rangka membantu siswa untuk menghadapi pelaksanaan UAS kami akan bagikan untuk kalian soal soal UAS untuk sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP.
1. soal UAS semester 1 matematika kelas 9
2. soal UAS semester 1 matematika kelas 7
Segera saja dipelajari soal dan pembahasan UAS tingkat SMP di kabupaten grobogan!. Selamat belajar!