Wednesday, January 31, 2018

RPP bentuk aljabar kurikulum 2013

Ada dua materi utama bab bentuk aljabar kurikulum 2013 yaitu operasi aljabar dan menyelesaikan masalah aljabar. Kesempatan pertama ini kita akan coba membuat rancangan pembelajaran RPP bentuk ajabar kurikulum 2013. 

Rpp bentuk aljabar kurikulum 2013 ini tersusun untuk dua jam pelajaran atau satu kali pertemuan,


RPP bentuk aljabar kurikulum 2013 yang kita akan simak dibawah ini menggunakan model pembelajaran saintifik. Untuk lebih jelasnya kita lihat uraian RPP berikut ini



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan           : SMPN 4 Satu atap Karangrayung
Mata Pelajaran                   : MATEMATIKA
Kelas/Semester                 : VII (Tujuh)/ 1 (SATU)
Materi                                    :BENTUK ALJABAR
Alokasi Waktu                    : 2 Jam Pelajaran
Pertemuan                           :  1  pertemuan

A.   KOMPETENSI INTI
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya menggunakan
masalah kontekstual


             3.6.1        Menjelaskan bentuk aljabar
             3.6.2        Menjelaskan variabel, koefisien, konstanta dan suku pada bentuk aljabar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.6.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar


C. TUJUANPEMBELAJARAN

1.      Peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar dengan benar
2.     Peserta didik dapat menjelaskan variabel, koefisien, konstantadan sukupada bentuk aljabar

    D.      MATERI PEMBELAJARAN

    1.      Materi pembelajaran Reguler
Mengenal Bentuk Aljabar

2. Materi Pembelajaran Pengayaan
     Soal-soal kontekstual bentuk aljabar

3.  Materi Pembelajaran Remidial
                  Bentuk Aljabar

E.   PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan Saintifik

F.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik  mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengenal bentuk aljabar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
3.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk menyelesaikan LK yang diberikan guru
4.    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja.
5.    Guru mengecek tugas yang sebelumnya sudah diberikan, yaitu membaca sejarah ilmu aljabar dan mempelajari materi Bentuk Aljabar

10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang
2.      Guru memberikan penjelasan perbedaan bentuk aljabar dengan bentuk biasa dengan menggunakan peraga sederhana
3.      Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan perbedaan bentuk aljabar dan bentuk biasa dengan bahasanya sendiri
4.      Guru memberikan penjelasan tentang variabel, koefisien, konstanta, jumlah suku, suku sejenis dan tak sejenis pada bentuk aljabar
Menanya
5.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru.
Mengumpulkan informasi
6.      Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 199-200.

Mengasosiasi
7.      Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru
8.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
9.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik

Mengomunikasikan
10.    Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

55 menit

Penutup

1.   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan.
2.   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, .
3.   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan.
4.   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bentuk Aljabar
 15 menit
PR/ Tugas : Mempelajari materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bentuk Aljabar ( Buku Paket halaman 207 – 216 )


F.         PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

PENILAIAN( Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap)
Penilaian dilakukan  penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dilakukan sesudah materi KD 3.6, 4.6, 3.7 dan 4.7 selesai

3.      Penilaian Sikap
Terangkum dalam jurnal penilaian

PEMBELAJARAN REMIDIAL
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    Pembelajaran ulang
    Bimbingan perorangan
    Belajar kelompok
    Pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

       PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi).

G.        MEDIA/ALAT DAN BAHAN, SUMBER BELAJAR


1. Media/Alat
:
Biskuit TOP dan 1 kardus biskuit TOP, LK Kelompok

2. Sumber Belajar
:
 -Buku Siswa VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul   Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 196-216)
-Buku Guru VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 192-200)
-Lingkungan ( Kejadian sehari-hari)





Mengetahui                                                                             Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap  Karangrayung                                   Guru Mata Pelajaran,


Marko, S.Pd                                                                          Eko Suseno, S.Pd
NIP.    19630716 198405 1 001                                             NIP. 19850113 200902 1 003


Lampiran lampian RPP bentuk aljabar kurikulum 2013 ini bisa anda unduh dibawah
RPP bentuk aljabar 1
RPP bentuk aljabar 2
Terima kasih dan semoga bermanfaat