Ada dua materi utama bab bentuk aljabar kurikulum 2013 yaitu operasi aljabar dan menyelesaikan masalah aljabar. Kesempatan pertama ini kita akan coba membuat rancangan pembelajaran RPP bentuk ajabar kurikulum 2013.
Rpp bentuk aljabar kurikulum 2013 ini tersusun untuk dua jam pelajaran atau satu kali pertemuan,
RPP bentuk aljabar kurikulum 2013 yang kita akan simak dibawah ini menggunakan model pembelajaran saintifik. Untuk lebih jelasnya kita lihat uraian RPP berikut ini
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMPN 4 Satu atap Karangrayung
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/ 1 (SATU)
Materi :BENTUK ALJABAR
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran
Pertemuan :
1 pertemuan
A. KOMPETENSI INTI
KI-1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
KI-3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.6
Menjelaskan bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya
menggunakan
masalah
kontekstual
|
3.6.1
Menjelaskan
bentuk aljabar
3.6.2
Menjelaskan
variabel, koefisien, konstanta dan suku pada bentuk aljabar
|
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
|
4.6.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
|
C. TUJUANPEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar dengan
benar
2. Peserta didik dapat menjelaskan variabel, koefisien,
konstantadan sukupada bentuk aljabar
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi pembelajaran Reguler
Mengenal
Bentuk Aljabar
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Soal-soal
kontekstual bentuk aljabar
3. Materi Pembelajaran Remidial
Bentuk Aljabar
E. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
|||
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak peserta
didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik
untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
2.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai yaitu peserta didik dapat mengenal bentuk aljabar dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi
kelompok untuk menyelesaikan LK yang diberikan guru
4.
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja.
5.
Guru mengecek tugas yang
sebelumnya sudah diberikan, yaitu membaca sejarah ilmu aljabar dan
mempelajari materi Bentuk Aljabar
|
10 menit
|
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4 orang
2.
Guru memberikan penjelasan perbedaan bentuk
aljabar dengan bentuk biasa dengan menggunakan peraga sederhana
3.
Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan
perbedaan bentuk aljabar dan bentuk biasa dengan bahasanya sendiri
4.
Guru memberikan penjelasan tentang variabel,
koefisien, konstanta, jumlah suku, suku sejenis dan tak sejenis pada bentuk
aljabar
Menanya
5.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan
guru.
Mengumpulkan informasi
6.
Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa
halaman 199-200.
Mengasosiasi
7. Dengan
bimbingan guru, peserta didik
dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru
8.
Guru berkeliling mencermati peserta didik
dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan
hal-hal yang belum dipahami
9.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok
untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
Mengomunikasikan
10. Beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan
dan menganalisis
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan
tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
55 menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan.
2.
Guru bersama dengan peserta didik
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara
mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, .
3.
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan
hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah
baik dan yang masih perlu ditingkatkan.
4. Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bentuk Aljabar
|
15 menit
|
|
PR/ Tugas : Mempelajari materi Penjumlahan dan Pengurangan pada
Bentuk Aljabar ( Buku Paket halaman 207 – 216 )
|
F.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
PENILAIAN( Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap)
Penilaian dilakukan penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
dilakukan sesudah materi KD 3.6, 4.6, 3.7 dan 4.7 selesai
3. Penilaian Sikap
Terangkum dalam jurnal penilaian
PEMBELAJARAN REMIDIAL
Kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
Pembelajaran ulang
•
Bimbingan perorangan
•
Belajar kelompok
•
Pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
PEMBELAJARAN
PENGAYAAN
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau
pendalaman materi (kompetensi).
G.
MEDIA/ALAT DAN BAHAN, SUMBER BELAJAR
1. Media/Alat
|
:
|
Biskuit TOP dan 1 kardus biskuit TOP, LK Kelompok
|
2. Sumber Belajar
|
:
|
-Buku Siswa VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik
Valentino, Zainul Imron dan Ibnu
Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta:
Kemdikbud (hal. 196-216)
-Buku Guru VII/1: Abdur Rahman As’ari,
Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta:
Kemdikbud (hal. 192-200)
-Lingkungan ( Kejadian sehari-hari)
|
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko Suseno, S.Pd
NIP. 19630716
198405 1 001 NIP. 19850113 200902 1 003
Lampiran lampian RPP bentuk aljabar kurikulum 2013 ini bisa anda unduh dibawah
RPP bentuk aljabar 1
RPP bentuk aljabar 2
Terima kasih dan semoga bermanfaat
RPP bentuk aljabar 1
RPP bentuk aljabar 2
Terima kasih dan semoga bermanfaat