-->

RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

Kesempatan kali ini kita akan berbagi kepada anda semua tentang pengalaman menarik membuat RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013. RPP pytagoras ini pada kelas 8 semester 2 berdasarkan kurikulum 2013 mengalokasikan 10 Jam Pelajaran atau bisa juga dibuat dalam 4 kali pertemuan. Jika satu minggu ada 2 pertemuan maka paling tidak materi teorema pythagoras ini membutuhkan 2 minggu untuk menyelesaikannya.

RPP pythagoras ini agar dapat dilaksanakan dengan baik dibutuhkan keterampilan mengajar guru. melalui RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 ini diharapkan bisa memberikan bahan referensi dalam program pengajaran sesama praktisi atau pendidik. 
Marilah kita perhatikan RPP pytagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 berikut!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :    SMP Negeri 1 Purwodadi
                                       Mata Pelajaran         :     Matematika
                                       Kelas/Semester         :     VIII (delapan)/2(dua)
                                       Materi pokok            :     Teorema  pythagoras                                            
                                       Alokasi Waktu         :     10 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
1.   Menemukan Teorema Pythagoras.
2.   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
3.   Menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
4.   Mengenal tripel  Pythagoras.
5.   Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat menemukan Teorema Pythagoras.
Pertemuan kedua :
1.      Peserta didik dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
2.      Peserta didik dapat menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
Pertemuan ketiga :
1.      Peserta didik dapat mengenal tripel  Pythagoras.
2.      Peserta didik dapat menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
Pertemuan keempat :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras

Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v  Menemukan Teorema Pythagoras.
v  Menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
v  Mengenal tripel  Pythagoras.                         
v  Menerapkan Teorema  Pythagoras.
v  Menyelesaikan Permasalahan Nyata dengan Pythagoras
     
E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat          : Model Pembelajaran Kooperatif

F.  Media dan Bahan
1.      Media              : Media audiovisual yang berkaitan dengan Teorema  Pythagoras
2.      Bahan              : Bahan yang berkaitan dengan Teorema  Pythagoras

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar            : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menemukan Teorema Pythagoras dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menemukan Teorema Pythagoras secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menemukan Teorema Pythagoras.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.



Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menemukan Teorema Pythagoras.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menemukan Teorema Pythagoras.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit


Pertemuan kedua (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras dengan tanya jawab

4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk

12.  mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui dan menemukan kebalikan Teorema Pythagoras.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan ketiga (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900) dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900) secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan

4.      sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
5.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
6.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).

Mengasosiasi
7.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
8.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
9.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
10.  Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).

Mengkomunikasikan
11.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
12.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait mengenal tripel  Pythagoras  dan menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istiimewa (salah satu sudutnya adalah 300, 600 dan 900).
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan keempat (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

I.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
b.      Sikap Sosial
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
c.       Kompetensi Pengetahuan
                                            i.      Teknik Penilaian       : Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
d.      Kompetensi Keterampilan
                                            i.      Teknik Penilaian       :  tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    :  Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    :  (terlampir)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi



Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002

Purwodadi,  3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran



Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001


demikian artikel tentang RPP pythagoras kelas 8 semester 2 kurikulum 2013, semoga bermanfaat! 



artikel terkait

RPP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KURIKULUM 2013



LihatTutupKomentar