RPP bangun ruang sisi datar kurikulum 2013
Kali ini kita akan mencoba memaparkan Contoh RPP bangun ruang sisi datar kurikulum 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini di rancang untuk membelajarkan materi bangun ruang sisi datar kelas 8 semester 2 dengan menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016.
Materi Bangun ruang sisi datar memiliki cakupan yang paling luas tentunya bersama dengan konsep bangun ruang sisi lengkung pada kelas IX. Oleh karena itu RPP bangun ruang sisi datar kurikulum 2013 mengalokasikan waktu 25 jam pelajaran atau 10 tatap muka atau pertemuan.
Kami berharap dengan RPP bangun ruang sisi datar ini, kita semua akan lebih mudah dalam menerapkan pembelajaran di kelas. Mari segera saja kita simak RPP bangun ruang sisi datar kurikulum 2013 berikut.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 25 jam pelajaran
(10 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan
komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas)
3.11
Menjelaskan hubungan antara diagonal ruang, diagonalbidang an bidang diagonal
dalam bang ruang sisi datar
|
1. Membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
2. Menemukan turunan rumus
luas permukaan balok dan kubus.
3. Menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4. Mengetahui jaring-jaring prisma dan limas sehingga dapat
menemukan turunan rumus luas permukaannya.
5. Menghitung luas
permukaan prisma dan limas
6.
Menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus dan
balok.
7. Menghitung volume
kubus dan balok.
8. Memahami proses dalam
menemukan rumus volume prisma dan limas.
9. Menghitung volume prisma dan limas.
10. Menghitung volume bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan
1. Menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
2. Menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas
bidang diagonal.
|
4.10
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
4.11.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan denga BRSD menggunakan hubungan diagonal
ruang, diagonal bidang an bidang
diagonal.
|
1. Menyelesaikan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma,
atau limas.
1. Menyelesaikan masalah
yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat membuat
jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
Pertemuan kedua :
1. Peserta didik dapat menemukan turunan rumus luas
permukaan balok dan kubus.
2. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Pertemuan ketiga :
1. Peserta didik dapat mengetahui jaring-jaring prisma dan limas sehingga dapat menemukan
turunan rumus luas permukaannya.
2. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan prisma dan limas
Pertemuan keempat :
1.
Peserta
didik dapat menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus
dan balok.
2.
Peserta
didik dapat menghitung volume kubus dan balok.
Pertemuan kelima :
1.
Peserta
didik dapat memahami proses dalam menemukan rumus volume prisma dan limas.
2.
Peserta
didik dapat menghitung volume prisma dan limas.
Pertemuan keenam :
1. Peserta didik dapat menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
2. Peserta didik dapat menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang
diagonal.
Pertemuan
ketujuh :
Peserta
didik dapat menghitung volume bangun ruang sisi datar
gabungan.
Pertemuan
kedelapan :
Peserta
didik dapat menghitung luas permukaan bangun ruang
sisi datar gabungan.
Pertemuan
kesembilan :
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan
kubus, balok, prisma, atau limas.
Pertemuan
kesepuluh :
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan
diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan,
Percaya Diri, dan Tanggung Jawab, Kerja sama
D.
Materi Pembelajaran
v
Jaring-jaring kubus dan balok.
v
Luas permukaan kubus dan balok.
v
Jaring-jaring prisma dan limas.
v Luas permukaan prisma dan limas
v
Rumus volume kubus dan balok.
v Menghitung volume kubus dan balok.
v
Rumus volume prisma dan limas.
v
Menghitung volume prisma dan
limas.
v
Hubungan antara diagonal ruang,
diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
v
Panjang diagonal ruang,
diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
v
Volume bangun ruang sisi datar
gabungan.
v
Luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kelima : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keenam : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketujuh : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedelapan : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kesembilan : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kesepuluh : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1. Media : Media audiovisual yang berkaitan
dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas).
2. Bahan : Bahan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas).
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi membuat
jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret secara
umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan membuat jaring-jaring kubus
dan balok melalui benda konkret.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan membuat
jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok
melalui benda konkret.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus
dan balok melalui benda konkret.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan membuat
jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui
benda konkret.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi rumus luas
permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok
dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan
kubus dan balok secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan rumus luas permukaan balok
dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan
kubus dan balok.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan rumus luas
permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus
dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan
kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan
menghitung luas permukaan kubus dan balok.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait rumus luas
permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta
peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan,
dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi jaring-jaring
prisma dan limas dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu
teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan jaring-jaring prisma dan limas
secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan jaring-jaring prisma dan limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan
limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan jaring-jaring
prisma dan limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan
jaring-jaring prisma dan limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait jaring-jaring
prisma dan limas.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi rumus volume kubus dan balok dan menghitung
volume kubus dan balok dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan rumus volume kubus dan balok dan
menghitung volume kubus dan balok secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk
mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan
menghitung volume kubus dan balok.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume
kubus dan balok.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus
volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan rumus volume
kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait rumus volume kubus dan balok dan menghitung
volume kubus dan balok.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan
proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan
gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kelima (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi rumus
volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas dengan tanya
jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan rumus volume prisma dan limas dan
menghitung volume prisma dan limas secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan rumus volume prisma dan
limas dan menghitung volume prisma dan limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung
volume prisma dan limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus
volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan
limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung
volume prisma dan limas.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait rumus
volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keenam (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi hubungan antara diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan
panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal dengan
tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang
diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang,
diagonal bidang, dan luas bidang diagonal secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan hubungan antara diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan
menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang
diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang,
diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan hubungan antara
diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi
datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang
diagonal.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang,
diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan
menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan hubungan antara diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan
menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan hubungan
antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun
ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan
luas bidang diagonal.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait hubungan antara diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan
panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketujuh (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi volume bangun ruang sisi datar gabungan
dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan volume bangun ruang sisi datar
gabungan secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi
datar gabungan.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan
volume bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait volume
bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedelapan (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi luas permukaan bangun ruang sisi datar
gabungan dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan luas permukaan bangun ruang sisi
datar gabungan secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan luas permukaan bangun
ruang sisi datar gabungan.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan luas
permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan luas permukaan
bangun ruang sisi datar gabungan.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar
gabungan.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kesembilan (2
jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi masalah yang melibatkan kubus, balok,
prisma, atau limas dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan masalah yang melibatkan kubus,
balok, prisma, atau limas secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masalah yang melibatkan
kubus, balok, prisma, atau limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau
limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masalah
yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
7. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma,
atau limas.
8. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
9. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait masalah yang
melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
10. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
11. Guru memberikan PR.
12. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kesepuluh (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan
berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang melibatkan
diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan
dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang
melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang,
dan bidang diagonal.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang
melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan
masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : Projek
ii.
Bentuk
Instrumen : Masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas),
serta gabungannya.
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1001
|
Demikian artikel tentang RPP bangun ruang sisi datar semoga bermanfaat dan salam pendidikan.