-->

RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013

RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013

RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013



Kali ini kita akan membagikan kepada anda RPP garis dan sudut  kurikulum 2013. RPP garis dan sudut kurikulum 2013 ini disusun untuk 15 jam pelajaran atau 5 kali pertemuan. RPP garis dan sudut kurikulum 2013 ini banyak memiliki nilai tambah karena menggunakan berbagai variasi model pembelajaran yang tentunya sesuai dengan amanat kurikulum 2013.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan seperangkat rencana yang terstruktur sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran, dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana yang dimaksud memiliki komponen komponen utama, Menurut kurikulum 2013 edisi terbaru 2016 komponen tersebut antara lain 
1. identitas RPP yakni sekolah kelas mata pelajaran, pokok bahasan dan alokasi waktu
2. KI dan KD serta indikator pembelajaran
3. Tujuan pembelajaran
4. Materi pembelajaran
5. Metode atau model pembelajaran
6. Media pembelajaran 
7.  Sumber pembelajaran
8. Langkah langkah pembelajaran
9. Penilaian



Mari kita simak penampakan RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013. Bagi yang ingin filenya silahkan download di bagian bawah artikel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP garis dan Sudut Kurikulum 2013)
Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 3 Ungaran
Mata Pelajaran
:
Metematika
Kelas/Semester
:
VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok
:
Garis dan Sudut
Alokasi Waktu
:
15 JP (5 kali pertemuan )

                       
A.    Kompetensi Inti

KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. menganalisis
hubungan antar
sudut sebagai akibat
dari dua garis sejajar
yang dipotong oleh
garis transversal
3.10.1  Memahami konsep titik, garis, dan bidang,
3.10.2 Menentukan hubungan antara titik, garis, dan bidang
3.10.3  Menentukan kedudukan dua garis
3.10.4  Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian dengan perbandingan tertentu
3.10.5  Memahami konsep sudut
3.10.6  Menentukan jenis-jenis sudut
3.10.7  Memahami hubungan dua sudut yang saling berpelurus, berpenyiku, dan bertolak belakang
3.10.8  Memahami sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
3.10.9  Memahami langkah-langkah melukis sudut istimewa
4.10. menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan
hubungan antar
sudut sebagai akibat
dari dua garis sejajar
yang dipotong oleh
garis transversal
4.10.1. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang
4.10.2.   Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan segmen garis pada bangun datar
4.10.3.   Menentukan besar sudut antara dua garis berpotongan
4.10.4.  Menyelesaiakan permasalahan yang berkaitan dengan sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10.5.  Melukis sudut-sudut istimewa

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.    Memahami konsep titik, garis, dan bidang,
2.    Menentukan hubungan antara titik, garis, dan bidang
3.    Menentukan kedudukan dua garis
4.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang

Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.    Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian dengan perbandingan tertentu
2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan segmen garis pada bangun datar

Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.    Memahami konsep sudut
2.    Menentukan jenis-jenis sudut
3.    Menentukan besar sudut antara dua garis berpotongan

Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Memahami hubungan dua sudut yang saling berpelurus, berpenyiku, dan bertolak belakang
2.      Memahami sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
3.      Menyelesaiakan permasalahan yang berkaitan dengan sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

Pertemuan V :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.       Memahami langkah-langkah melukis sudut istimewa
2.       Melukis sudut-sudut istimewa

Fokus pengembangan karakter : Kerja sama, tanggung jawab

D.      Materi Pembelajaran
             1.     Materi Pembelajaran Reguler
a.    Hubungan antar garis
b.    Membagi ruas garis
c.    Mengenal sudut
d.   Hubungan antar sudut
e.    Melukis sudut istimewa

             2.     Materi Pembelajaran Pengayaan
Garis-garis sejajar pada segitiga dan trapesium

             3.     Materi Pembelajaran Remedial
Hubungan antar sudut berpelurus, berpenyikum dan bertolak belakang

E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan 1         : Model Saintifik
Pertemuan 2         : Model Discovery Learning
Pertemuan 3         : Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw
Pertemuan 4         : Model Pembelajaran Saintifik
Pertemuan  5           : Model Pembelajaran Saintifik       
F.      Media dan Bahan
1.   Media
:
Media audiovisual yang berkaitan dengan Garis dan Sudut
2.   Bahan
:
Penggaris, busur, jangka, kertas gambar

G.    Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.          Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.          Guru mengaitkan hubungan antara titik, garis dan bidang  yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
Langkah 1. Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.      Peserta didik mengamati dan membandingkan kedudukan dua garis yang terdapat pada tabel  7.1
3.      Peserta didik diminta memahami hubungan antara titik, garis dan bidang yang terdapat pada tabel 7.1
4.      Peserta didik diminta mendefinisikan tentang titik, garis dan bidang berdasarkan uraian pada buku siswa
Langkah 2. Menanya
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari tabel 7.1
1.   Bagaimana cara mengetahui perbedaan kedudukan dua garis yang saling berimpitan dengan dua garis yang saling sejajar?
2.   Seberapa banyak garis sejajar dan perpotongan yang seharusnya ditemukan ?
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
        Peserta didik mendiskusikan  kedua pertanyaan diatas dalam kelompok  dengan mengumpulkan informasi berdasarkan gambar 7.14 (i) dan gambar 7.14 (ii).
Langkah 4. Menalar / Mengasosiasi
        Siswa dalam setiap kelompok diminta untuk mengamati hasil penyelesaian masalah  yang telah ditulis, kemudian dengan menggunakan penalarannya, siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan yang berhubungan dengan konsep, titik, garis dan bidang, kedudukan garis dengan kalimat mereka sendiri
Langkah 5.Mengkomunikasikan
  1. Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
  2. Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai konsep titik, garis dan bidang, kedudukan garis berdasarkan hasil review terhadap presentasi salah satu kelompok.Guru memberikan apresiasi kepada masing-masing kelompok
  3. Peserta didik minta mengerjakan ayo berlatih 7.1 pada (buku siswa hal 117-120) 
60 menit







Penutup








1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang konsep titik, garis dan bidang, kedudukan garis
2.      Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
3.      Guru memberikan tugas

10 menit




Penugasan:
      Gambarlah kubus ABCD.EFGH, kemudian:
a.       Sebutkan semua ruas garis yang saling sejajar
b.      Sebutkan semua ruas garis yang saling berpotongan
c.       Sebutkan dua garis yang saling tegak lurus
d.      Sebutkan dua garis yang saling bersilangan


Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Guru mengaitkan materi membagi garis menjadi dua bagian sama panjang atau dengan perbandingan tertentu yang diajarkan dengan kehidupan nyata
4.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.       Guru bertanya mencari informasi tentang bagaimana membagi garis dengan bagian yang sama
2.       Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3.       Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi gambar beberapa garis dengan panjang berbeda) dan bahan-bahan (kertas gambar, penggaris, dan jangka) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.       Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara menemukan dan membuktikan lukisan bagian segmen garis dengan panjang sama dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya

Langkah 2.  Merencanakan
5.        Guru memberikan informasi tentang langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait bagaimana cara membagi garis menjadi beberapa bagian dengan panjang yang sama dengan menggunakan jangka dan penggaris.
6.       Peserta didik melakukan  identifikasi dan analisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7.       Peserta didik dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan melukis bagian ruas garis dengan panjang yang sama sehingga memiliki perbandingan tertentu.
8.       Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda (mengukur panjang bagian garis yang terbentuk dengan penggaris atau benang)
9.       Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model garis lain dibagi menjadi bagian segmen garis dengan banyak bagian berbeda  untuk membuktikan tentang cara membagi ruas garis menjadi beberapa bagian sama panjang (Analisis Data)
10.     Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 4. Menarik Simpulan
11.     Peserta didik berdiskusi untuk menarik kesimpulan cara membagi garis menjadi dua bagian yang sama panjang atau dengan perbandingan tertentu

Langkah 5. Aplikasi dan Tindak Lanjut
12.     Peserta didik berdiskusi menyelesaikan permasalahan terkait pembagian segmen garis dengan mengerjakan soal di buku siswa hal 130 – 131 No. 4, 5, 7
13.     Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan
90 menit







Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan membagi segmen garis
5.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
7.     Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.   Gambarlah ruas garis AB dengan panjang 20 cm. Bagilah ruas garis menjadi
a.    Enam ruas garis yang sama panjang
b.    Dua ruas garis dengan perbandingan 3 : 5
2.   Kerjakan soal buku siswa hal. 130 no. 6


Pertemuan 3 (Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.        Guru bertanya mencari informasi tentang fenomena yang terkait dengan sudut
3.        Guru mengaitkan materi sudut yang diajarkan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.        Peserta didik diminta guru untuk mengamati tayangan gambar misalkan tentang petunjuk yang harus dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK
Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.        Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
6.        Guru memberikan media dan Lembar Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a.    Menemukan konsep sudut dan penamaan sudut
b.    Menentukan cara mengukur sudut yang terbentuk pada jarum jam
c.    Menentukan besar sudut dengan alat busur derajat
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut
7.        Peserta didik membaca petunjuk dan mengamati LK yang diberikan oleh guru
8.        Tiap peserta dalam kelompok asal mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a.    Menemukan konsep sudut dan penamaan sudut
b.    Menentukan cara mengukur sudut yang terbentuk pada jarum jam
c.    Menentukan besar sudut dengan alat busur derajat
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut
9.        Tiap peserta dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari dan memahami masalah secara bersama
10.    Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok ahli untuk memberikan pertanyaan terkait masalah yang mereka diskusikan
11.    Peserta didik dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.    Peserta didik dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.    Menemukan konsep sudut dan penamaan sudut
b.    Menentukan cara mengukur sudut yang terbentuk pada jarum jam
c.    Menentukan besar sudut dengan alat busur derajat
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut
13.    Peserta didik dalam kelompok ahli dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami

Langkah 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
14.    Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.    Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli untuk menghimpun materi yang sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
16.    Setelah diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik anggota kelompok ahli kembali kepada kelompok asal dan dalam kelompok tersebut secara bergantian menjelaskan tentang sub bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana anggota yang lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman mereka yang sedang menjelaskan.
17.   Peserta didik dalam kelompok ahli setelah melakukan pemahaman maupun dari hasil eksplorasi maka dalam diskusi kelompok asal, tiap peserta didik mampu:
a.    Menemukan konsep sudut dan penamaan sudut
b.    Menentukan cara mengukur sudut yang terbentuk pada jarum jam
c.    Menentukan besar sudut dengan alat busur derajat
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut
18.   Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19.   Beberapa perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
20.   Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21.   Guru memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
22.   Peserta didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
60 menit







Penutup












1.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan konsep sudut, sudut pada jarum jam, mengukur besar sudut dengan busur derajat, dan permasalahan kehidupan sehari-hari yang terkait dengan sudut
5.     Melaksanakan postes terkait dengan konsep sudut, sudut pada jarum jam, mengukur besar sudut dengan busur derajat, dan permasalahan kehidupan sehari-hari yang terkait dengan sudut
6.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8.     Guru memberikan tugas

10 menit
Penugasan:
1.    Jelaskan pengertian sudut dan bagaimana cara menamai suatu sudut.
2.    Tentukan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam yang menunjuk pukul
a.    04.30                                b. 05.12
3.    Gambar berikut adalah model teralis suatu jendela



Dengan menggunakan busur derajat terntukan besar sudut BAC dan DEF

Pertemuan 4 (Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
(Hubungan Dua Sudut )
Waktu
Model Saintifik
Pendahuluan
1.  Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.  Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.  Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.  Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan garis dan sudut dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.  Guru mengaitkan garis dan sudut yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10’








Inti
Langkah 1. Mengamati
1.     Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.     Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan garis dan sudut secara umum
3.     Peserta didik dalam kelompok mengamati gambar denah rumah Erik dan Tohir (buku siswa hal. 142) dan gambar lintasan kereta api (buku siswa hal. 146)
4.     Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan dengan sudut berpelurus, sudut berpenyiku, saling bertolak belakang, dan sudut pada garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal)
Langkah 2. Menanya
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK, misal : Bagaimana cara menentukan pelurus dan penyiku suatu sudut ? Bagaimana hubungan dua sudut yang saling bertolak belakang ? Sudut-sudut apa sajakah yang diperoleh dari dua garis sejajar dipotong oleh garis transversal dan bagaimana hubungannya satu sama lain ?
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
        Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama menyelesaikan masalah berkaitan dengan hubungan dua sudut yang saling bepelurus, berpenyiku, bertolak belakang, dan sudut-sudut pada garis sejajar yang terpotonggaris trasversal.
Langkah 4. Menalar / Mengasosiasi
        Peserta didik dalam kelompok membahas dan berdiskusi untuk:
a.     Menentukan banyak pasangan sudut berpenyiku dan berpelurus yang terdapat dalam gambar yang ada dalam LK
b.     Mengidentifikasi hubungan dua sudut yang saling berpenyiku dan berpelurus
c.     Mengukur (dengan busur derajat) besar sudut yang saling bertolak belakang dari dua buah lidi yang disilangkan
d.    Mengukur besar sudut yang terbentuk dari dua garis sejajar dipotong oleh garis transversal
Langkah 5. Mengkomunikasikan
1.     Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran diskusi kelompok mulai dari pengamatan sampai dengan penalaran kelompoknya terhadap materi yang dipelajarinya
2.     Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Guru memberikan apresiasi kepada masing-masing kelompok
90’
Penutup
1.        Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan hubungan dua sudut yang saling berpelurus, berpenyiku, bertolak belakang, dan sudut-sudut pada garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
2.        Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya.
3.        Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
4.        Guru memberikan tugas
20’

Pertemuan 5 (Kelima) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
6.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
7.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
8.       Guru mengaitkan materi sudut hubungan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
9.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10.   Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan

10 menit
Inti
Langkah 1. Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.      Peserta didik mengamati tentang cara melukis sudut-sudut istimewa (900, 600, 450 dan 300)
3.      Dari hasil pengamatan siswa dapat mengetahui langkah-langkah melukis sudut 900, 600, 450 dan 300
4.      Peserta didik diminta mempraktekkan cara melukis sudut  900 berdasarkan tabel 7.5
Langkah 2. Menanya
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari tabel 7.5 dan 7.6
1.      Adakah cara lain melukis sudut 900 dan 600?
2.      Bagaimana cara membagi sudut membagi dua sama besar?
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
        Peserta didik mendiskusikan  kedua pertanyaan diatas dalam kelompok  dengan mengumpulkan informasi berdasarkan tabel 7.7.

Langkah 4. Menalar / Mengasosiasi
        Siswa dalam setiap kelompok diminta untuk mengamati hasil penyelesaian masalah  yang telah ditulis, kemudian dengan menggunakan penalarannya, siswa diarahkan untuk :
        melukis sudut 300 dengan terlebih dahulu melukis sudut 600, dan melukis sudut 450 dengan terlebih dahulu melukis sudut 900

Langkah 5.Mengkomunikasikan
1.      Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
2.      Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai konsep titik, garis dan bidang, kedudukan garis berdasarkan hasil review terhadap presentasi salah satu kelompok.Guru memberikan apresiasi kepada masing-masing kelompok
3.      Peserta didik minta mengerjakan ayo berlatih 7.5 pada (buku siswa hal 169)
90 menit







Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang langkah-langkah melukis sudut 900, 600, 450 dan 300
2.      Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
3.      Guru memberikan tugas melukis sudut istimewa
20 menit

Penugasan:
Lukislah sudut-sudut berikut ini dengan menggunakan penggaris dan jangka:
a.       450
b.      750
c.       1200


I.       Penilaian
1.         Teknik Penilaian
a.   Kompetensi Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)



b.   Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian Diri
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir




Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian Antar Teman
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir




Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

c.    Kompetensi Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tertulis
Pilihan ganda dan Uraian
Terlampir




Setelah selesai pembelajaran KD bab 7
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

d.   Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan Garis dan Sudut
terlampir

Setelah selesai pembelajaran KD bab 7
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                                           Ungaran, 3 Januari 2018
Kepala SMP N 3 Ungaran,                                   Guru Mapel Matematika,



Dra. Tatik Arlinawati, M.Pd.                                Amir Fahrudi
NIP. 196605031990032009                                 NIP. 197204231998021001

Silahkan download RPP garis dan sudut kurikulum di sini
LihatTutupKomentar