Sunday, February 4, 2018

RPP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KURIKULUM 2013

RPP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KURIKULUM 2013

RPP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KURIKULUM 2013

Di semester kedua tahun ajaran ini banyak guru mencari cari referensi pembelajaran termasuk RPP. Pada kesempatan ini blog kami akan membagikan kepada anda semua RPP segitiga dan segiempat kurikulum 2013. RPP segitiga dan segi empat ini di desain  sesuai dengan model penerapan kurikulum 2013. 

RPP segitiga dan segiempat kurikulum 2013 ini memiliki muatan yang sangat banyak yaitu 7 kali pertemuan dengan alokasi waktu 20 jam pelajaran. Jika bapak ibu menginginkan untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan download di bagian bawah artikel.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 3 Ungaran
Mata Pelajaran
:
Metematika
Kelas/Semester
:
VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok
:
Segiempat dan Segitiga
Alokasi Waktu
:
20 JP (7 kali pertemuan )


A.    Kompetensi Inti

KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
 3.11Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi , persegipanjang,   belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  
3.11.1     Mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga
3.11.2    Memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
3.11.3    Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.
3.11.4     Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
3.11.5    Menemukan jenis segitiga berdasarkan sifat-sifatnya
3.11.6    Memahami keliling dan luas persegi, persegi panjang, trapesium, jajargen- jang, belahketupat dan layang-layang
3.11.7    Memahami keliling dan luas segitiga
3.11.8    Memahami garis-garis istimewa pada segitiga
4.11.Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
4.11.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segiempat dan segitiga
4.11.2    Menerapkan konsep keliling dan luas segiempat dan segitiga untuk menyelesaikan masalah
4.11.3     Menyelesaikan soal penerapan bangun datar segi empat.
4.11.4     Menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Mengenal  bangun datar segiempat dan segitiga
2.      Memahami bangun datar segiempat dan segitiga


Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.  Memahami jenis dan sifat persegi, persegipanjang,trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
2.  Menjelaskan sifat-sifat persegi, persegipanjang,trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang ditinjau dari sisi ,sudut dan diagonalnya
Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.   Memahami keliling  persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjangbelahketupat dan layang-layang
2.  Memahami keliling  luas persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjangbelahketupat dan layang-layang
3.  Menerapkan konsep keliling dan luas segiempat untuk menyelesaikan masalah
4.  Menyelesaikan soal penerapan bangun datar segiempat
5.  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segiempat.

Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
   1.    Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
   2.    Menemukan jenis segitiga berdasarkan sifat-sifatnya
Pertemuan V:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.  Memahami keliling segitiga
2.  Memahami luas segitiga
3.  Menerapkan konsep keliling dan luas segitiga untuk menyelesaikan masalah
4.  Menyelesaikan soal penerapan bangun datar segitiga
5.  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segitiga.

Pertemuan VI:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.  Memahami garis-garis istimewa pada segitiga  
2.  Mengidentifikasi garis-garis istimewa pada segitiga
3.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.

Pertemuan VII:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.  Memahami luas bangun datar tidak beraturan
2.  Menaksir luas bangun datar tidak beraturan

Fokus pengembangan karakter : Kerja sama, tanggung jawab

D.      Materi Pembelajaran
             1.     Materi Pembelajaran Reguler
                  a.Bangun datar segiempat
                  b.Bangun datar segitiga
                  c.Keliling segiempat
                  d.Luas Segiempat
                  e.Keliling segitiga
                   f.Luas Segitiga
                  g.Garis-garis istimewa pada segitiga

             2.     Materi Pembelajaran Pengayaan
           Bangun datar tidak beraturan

             3.     Materi Pembelajaran Remedial
a.       Keliling dan luas segiempat
b.      Keliling dan luas segitiga


E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan 1         : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2         : Model Discovery Learning
Pertemuan 3         : Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw
Pertemuan 4         : Model Pembelajaran Kooperatif 
Pertemuan 5         : Model Problem Based Learning
Pertemuan 6         : Model Discovery Learning
Pertemuan 7         : Model Problem Based Learning



F.      Media dan Bahan
1.   Media
:
Media audiovisual yang berkaitan dengan segitiga dan segiempat
2.   Bahan
:
Model kertas karton, spidol, penggaris, jangka,

G.    Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.          Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan segiempat dan segitiga dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.          Guru mengaitkan segiempat dan segitiga yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.      Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan segiempat dan segitiga secara umum
3.      Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual misalkan tentang bangun datar segiempat dan segitiga
4.      Guru meminta peserta didik mengamati gambar pada buku siswa halaman 185-186.
5.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan pada buku siswa halaman 185 - 186 serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming
6.      Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan  buku siswa alaman 185 – 186.
7.      Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan    yang terdapat  pada buku siswa hal 185 dan 186.
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8.      Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan  yang  ada pada buku siswa halaman 185 dan 186 untuk :
a.        Menentukan bangun datar segiempat
b.        Menentukan bangun datar segitiga
9.      Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
10.   Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
11.   Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
12.   Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti

Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
13.   Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan  semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
14.    Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, menentukan dan menyimpulkan gambar pada buku sisiwa halaman 185 dan 186 serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh
15.    Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi.

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
16.    Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
17.    Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi
18.   Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait bangun datar segiempat dan segitiga
19.   Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit







Penutup








1.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan bangun datar segiempat an segitiga.
2.     Melaksanakan postes terkait bangun datar segiempat dan segilima.
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
5.     Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:
Pada gambar 8.6 halaman 191 buku paket siswa ada berapa banyak bentuk bangun datar dan sebutkan.


Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memi nta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Guru mengaitkan materi jenis dan sifat segiempat yang diajarkan dengan kehidupan nyata
4.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan

10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.       Guru bertanya mencari informasi tentang jenis dan sifat segiempat
2.       Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3.       Guru meminta peserta didik mengamati tabel 8.2 pada buku siswa halaman 194-195.
4.       Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara menemukan jenis dan sifat segiempat yang  telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya

Langkah 2.  Merencanakan
5.        Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait jenis dan sifat segiempat.
6.       Peserta didik melakukan  mengidentifikasi dan menganalisis tabel  8.2 

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7.       Peserta didik dalam kelompok menggunakan tabel 8.2 yang  tersedia pada buku siswa,
8.       Guru mengajukan  pertanyaan terkait dengan tabel 8.2 dan mengarahkan  serta memotivasi peserta didik untuk menyebutkan jenis dan sifat segiempat kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9.       Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain (Analisis Data)
10.     Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 5. Aplikasi dan Tindak Lanjut
11.     Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang jenis dan sifat segiempat dengan hasil data yang telah diolah.
12.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan konsep, teori, aturan melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis yang diajukan apakah terbukti atau tidak.
13.     Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan jenis dan sifat segiempat.
14.     Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
90 menit







Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan jenis dan sifat segiempat.
5.     Melaksanakan postes terkait tentang jenis dan sifat segiempat.
6.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8.     Guru memberikan tugas
20 menit

Penugasan:
Dengan melihat sifat-sifat jajar genjang dan belahketupat apa persamaan dan perbedaannya.


Pertemuan 3 (Ketiga) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.        Guru bertanya mencari informasi tentang kelililng dan luas segiempat.
3.        Guru mengaitkan materi kelililng dan luas segiempat yang diajarkan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.        Peserta didik diminta guru untuk mengamati gambar 8.7 pada buku siswa halaman 206

Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.        Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
6.        Guru menyuruh siswa untuk mengamati tabel 8.4a ,8.4b pada buku siswa halaman 207- 208 yang berisikan tentang keliling dan luas segiempat.
7.        Peserta didik  mengamati tabel yang ada pada buku siswa yang diberikan oleh guru
8.        Tiap peserta dalam kelompok asal mengamati tabel yang berbeda yaitu:
a.    Menentukan keliling dan luas persegi.
b.    Menentukan keliling dan luas persegi panjang.
c.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi panjang.
9.        Tiap peserta dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari dan memahami masalah secara bersama
10.    Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok ahli untuk memberikan pertanyaan terkait masalah yang mereka diskusikan
11.    Peserta didik dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.    Peserta didik dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.    Menentukan keliling dan luas persegi.
b.    Menentukan keliling dan luas persegi panjang.
c.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi
d.    menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi panjang.
13.    peserta didik dalam kelompok ahli dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami

Langkah 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
14.    Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.    Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli untuk menghimpun materi yang sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
16.    Setelah diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik anggota kelompok ahli kembali kepada kelompok asal dan dalam kelompok tersebut secara bergantian menjelaskan tentang sub bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana anggota yang lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman mereka yang sedang menjelaskan.
17.   Peserta didik dalam kelompok ahli setelah melakukan pemahaman maupun dari hasil eksplorasi maka dalam diskusi kelompok asal, tiap peserta didik mampu:
a.    Menentukan keliling dan luas persegi.
b.    Menentukan keliling dan luas persegi panjang.
c.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi.
d.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan persegi panjang.
18.   Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19.   Beberapa perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
20.   Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21.   Guru memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
22.   Peserta didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
90 menit







Penutup












1.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat.
5.     Melaksanakan postes terkait keliling dan luas segiempat . Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
7.     Guru memberikan tugas

20 menit
Penugasan:
Luas sebuah persegi panjang sama dengan luas persegi yang panjang sisinya 20 cm. Jika lebar persegi panjang 10 cm maka tentukan :
a.                                                                                               Panjang persegi panjang
b.                                                                                               Keliling persegi panjang.



Pertemuan 4 (Keempat) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
7.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
8.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
9.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10.      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
11.      Memotivasi  peserta didik tentang pentingnya mempelajari mempelajari tentang bangun datar segitiga serta jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudut nya dalamm kehidupan sehari hari.
12.      Guru memberi umpan tentang pengertian segitiga


10 menit
 Inti
a.    Mengamati
Peserta didik mengamati  beberapa ilustrasi gambar 8.9  pada buku siswa halaman 245.
Dari pengamatan
Lakukan kegiatan berikut untuk menentukan jenis-jenis segtiga.
1. Gambar segitiga yang sisi-sisinya tidak ada yang sama panjang. Bangun
apa yang terbentuk?
2. Gambar segitiga yang dua sisinya sama panjang. Bangun apa yang
terbentuk?
3. Gambar segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Bangun apa yang
terbentuk?
4. Gambar segitiga yang semua sudutnya kurang dari 90o. Bangun apa yang
terbentuk?
5. Gambar segitiga yang salah satu sudutnya adalah 90o. Bangun apa yang
terbentuk?
6. Gambar segitiga yang salah satu sudutnya lebih dari 90o. Bangun apa
yang terbentuk?
b.   Menanya
Peserta didik berdiskusi  menalar  menentukan jenis jenis segitiga  berdasarkan  sisi dan sudutnya .Berdasarkan hasil pengamatan timbul pertanyaan dengan
kata-kata berikut:
1. “Jenis” dan “segitiga”
2. “segitiga” dan “panjang sisi, besar sudut”
Tulislah pertanyaan kalian di lembar kerja/buku tulis

c.    Mengumpulkan informasi( mengeksplorasi)
      Peserta didik  menggali informasi dan mengumpulkan data dan berusaha mengisi hasil nya pada tabel 8.12 pada buku siswa hal 247.
d.    Mengasosiasi
     Peserta didik menyimpulkan sendiri apa yang telah diketahui dari hasil.pengamatan  tersebut.
e.    Mengkomunikasikan
      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya  ,peserta didik lain memberi tanggapan apabila terjadi  perbedaan pendapat ,guru memberi umpan  balik agar terjadi kesimpulan akhir dari suatu permasalahan tersebut.


60 menit
Penutup
  1. Peserta didik bersama sama dengan guru membuat  kesimpulan tentang jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudut berdasarkan sifat-sifatnya
  2. Peserta didik melakukan refleksi dengan dipandu guru
  3. Setiap Kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok
  4. Guru memberikan pekerjaan rumah pada buku siswa halaman 255 nomor 3, 4, 7, 8 dan 9.
  5. Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mempelajari  materi selanjutnya tentang Keliling dan Luas Segitiga.
10 menit


Pertemuan 5 (Kelima) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Guru menyampaikan salam.
2.  Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.  Tujuan yang akan dicapai:
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu peserta didik dapat menerapkan konsep keliling dan luas segitiga untuk menyelesaikan masalah.
  4.     Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang keliling dan luas segitiga
5.  Manfaat:
      Guru menyampaikan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari, misalkan layar perahu, bagian atap sebuah rumah dan lain-lain
 6.  Rencana kegiatan:
Guru menyampaikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah  problem based learning yaitu peserta didik akan belajar dengan cara melakukan penyelidikan, berkelompok  dan mempresentasikan hasil diskusi untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan keliling dan Luas Segitiga
7.    Lingkup penilaian:
Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik penilaian:
     Tertulis
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
Guru meminta siswa mengamati cara menjawab dari masalah yang terdapat pada masalah 8.4 buku siswa halaman 257-259
Fase 2: Organisasi belajar
Dengan difasilitasi Guru, peserta didik memahami masalah dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah, dan mengajukan dugaan hasil penyelesaian masalah.

Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah.
Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan.

Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah.

90 menit







Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga
5.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
6.     Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
       Kerjakan buku Uji Kompetensi 8, Buku Siswa halaman 294 nomor 19 dan halaman 294 nomor 20



Pertemuan Ke 6 (Ketiga),  (2 Jam Pelajaran / 80 menit)



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Guru menyampaikan salam.
2.  Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.  Tujuan yang akan dicapai:
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu  : Memahami garis-garis istimewa pada segitiga,
Mengidentifikasi garis-garis istimewa pada segitiga, Menyelesaikan masalah yang be rkaitan dengan garis-garis  istimewa pada segitiga.
  5.     Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang garis-garis istimewa pada segitiga antara lain : garis tinggi, garis bagi, garis sumbu dan garis berat.
5.  Manfaat:
      Guru menyampaikan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam pelajaran matematika selanjutnya.
 6.  Rencana kegiatan:
Guru menyampaikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah  Discovery learning yaitu peserta didik  mengamati , merumuskan dan menjawab pertanyaan apa,bagaimana,dan mengapa setelah melakukan penyelidikan secara berkelompok mengenai hasil penemuannya mengenai gais-garis istimewa.
7.    Lingkup penilaian:
Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik penilaian:
Tertulis
10 menit
Inti
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
Guru meminta peserta didik untuk mengamati dan mencermati buku siswa halaman 274 s/d 279 tentang masalah garis-istimewa.
Fase 2: Organisasi belajar
Dengan difasilitasi Guru, peserta didik memahami masalah dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah.
Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan.

Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah.
60 menit







Penutup








1.    Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat  kesimpulan mengenai garis-garis istimewa antara lain garis tinggi, garis bagi, garis sumbu, dan garis berat.
2.    Peserta didik mengerjakan quiz secara individual
3.    Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi dari proses kegiatan dan hasil yang telah dilakukan.
4.    Guru memberikan soal untuk PR       .
5.    Guru menyampaikan materi selanjutnya yaitu Menaksir luas Bangun Datar Tidak Beraturan.
6.    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.

10 menit
Penugasan:
Kerjakan Ayo Berlatih 8.7, Buku Siswa halaman 283 nomor 9 dan 10.
a.             

 file lengkap silahkan anda download RPP Segitiga dan Segi empat kurikulum 2013

Demikian artikel RPP segitiga dan segiempat kurikulum 2013 semoga bermanfaat