-->

Cara Mudah menyelesaikan soal higher order thinking skill materi bilangan bulat

Cara Mudah menyelesaikan soal higher order thinking skill materi bilangan bulat

SOAL HOT UN Bilangan
pakekosusenomatematika.blogspot.com

Kali ini kita akan berbagi macam macam soal higher order thinking skill pada materi bilangan dan bangaimana cara mudah menyelesaikannya. Sekarang ini banyak siswa maupun guru yang mencari literasi atau kajian soal soal higher order thinking skill, karena memang soal ini akan menjadi langganan soal ujian nasional, apalagi pada mata pelajaran matematika dan sains.

Setiap tahun soal higher order thinking skill selalu keluar dalam  naskah ujian nasional(UN). Rata rata setiap tahun satu paket ujian nasional matematika terdapat 5 - 7 soal yang menguji kemampuan berpikir kritis siswa. Soal higher order thinking skill adalah soal yang menguji kemampuan anak pada level sintesis , analisis dan evaluasi atau menyimpulkan. 

Bisa dibenarkan bahwa memasukan soal yang menguji keterampilan berpikir kritis atau higher order thinking skill ke dalam soal soal ujian nasioal merupakan langkah nyata pemerintah dengan tujuan menghasilkan generasi yang kritis terhadap kehidupan. 

Sejauh ini memang secara rata-rata kemampuan berpikir siswa samapai kategori 3 atau kategori sintesis analisis, dan evaluasi  masih kalah jauh dengan negara lain bahkan hampir mendekati juru kunci paling bawah. Coba anda baca hasil penelitian dari PISA.

Kenyataan dilapangan banyak guru maupun siswa yang tidak paham apa itu soal higher order thinking skill . Yang mereka tahu soal higher order thinking skill adalah soal yang sulit. padahal tidak demikian. Bahkan mengklasifikasi mana yang termasuk soal higher order thinking skill mana yang bukan saja kita masih kesulitan. Intinya soal higher order thinking skill adalah soal yang menguji kemampuan anak mensintesis atau menganalisis dan mengevaluasi atau menyimpulkan dari suatu permasalahan. Soal higher order thinking skill tidak harus sulit. 

Hari ini kita akan membahas soal soal higher order thinking skill yang akan di keluarkan dalam ujian nasional matematika.
Kita akan memulainya dari soal higher order thinking skill materi bilangan kemudian pada postingan berikutnya materi materi lain. Pokoknya seluruh soal higher order thinking skilldari kelas 7 sampai kelas 9 akan kita kaji lebih dalam.

Soal higher order thinking skill pada bab bilangan yang biasanya keluar dalam ujian nasional terdiri dari dua tipe soal sebagai  sebagai berikut.

A. Soal higher order thinking skill materi bilangan Kategori 1

pada soal higher order thinking skill materi bilangan kategori 1 membahas tentang urutan bilangan dengan menggunakan kombinasi penalaran analisis.  segera saja kita simak contoh soalnya

Zika 3 tahun lebih tua dari Yeli. Sedangkan Yeli 5 tahun lebih tua dari Fari. Jika jumlah umur mereka 49 tahun, maka umur Zika adalah ....
A. 12 tahun          C. 20 tahun
B. 17 tahun          D. 22 tahun

Sepintas soal di atas masuk pada materi persamaan linier satu variabel padahal bukan. Soal jenis ini masuk dalam kategori keterampilan menganalisis operasi bilangan bulat. Mari kita simak pembahasannya baik dengan metode konvensional maupun dengan solusi cerdas

Metode penyelesaian konvensional
z = zika,  y = yeli dan f = Fahri maka diperoleh
z = y + 3   ...........................(1)
y = f + 5...............................(2)
maka z = y + 3
          y  =  z - 3
dan   z = y + 3
         <=>  y   = (f + 5) + 3
         <=>  z  =  f + 8
         <=>  f  = z - 8
Jika z + y + f = 49 
maka z + (z-3) + (z-8) = 49
<=>   3z - 11 = 49
<=>    3z = 49 + 11
<=>    3z = 60 
<=> z = 60/3 = 20 tahun

Penyelesaian dengan solusi cerdas
Karena Zika lebih tua dari yely dan yely lebih tua dari fahri maka urutan usia dari kecil ke besar adalah  F < Y < Z 
SOAL HOT UN Bilangan

Petunjuk
1. susun dari urutan terkecil sampai terbesar
2. pasang jarak antar bilangan  yang diketahui
3. kunci item yang akan ditanyakan misalnya soal tadi adalah zika (Z)
4. tentukan jarak masing masing terhadap yang ditanyakan masalkan tadi Z maka tentukan jarak y terhadap Z dan jarak F terhadap Z
Panah ke kanan tanda (+) dan jika kekiri (-)
5. hitung dengan cara di samping. 
selesai.......
Mudah bukan. memang jika belajar matematika dengan menggunakan pola akan jauh lebih mudah ketimbang hanya menggunakan teori biasa.

Coba pertanyaan di atas jika yang ditanyakan berapa usia Yeli maka pengerjaannya lihat gambar dibawah ini

SOAL HOT UN Bilangan



B. Soal higher order thinking skill materi bilangan kategori 2

Soal higher order thinking skill materi bilangan kategori 2 membahas tentang  kejadian kesalahan perhitungan. Coba kita simak!

Randy menjumlahkan nomor halaman buku yang terdiri dari 96 halaman adalah 4672. Ternyata ada kekeliruan yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali. Halaman tersebut yaitu ....
a. 16                    c 20
b. 17                    d. 29

Kali ini saya hanya akan menyelesaikan dengan solusi cerdasnya saja.
langkah penyelesaiannya. 
cara menghitung jumlah nomor halaman dari sekian sampai sekian cukup sederhana gunakan aturan Sn = n(n+1)/2 
maka jumlah nomor yang terdiri 96 halaman adalah (96x97)/2 = 4.656
karena randy menghitungnya 4.672 maka halaman yang keliru adalah 4.672 - 4.656 = 16

mudah bukan!!

Ternyata soal higher order thinking skill materi bilangan bukan merupakan soal yang sulit. Kita bisa menggunakan pola yang sederhana agar mudah dalam memahaminya.







LihatTutupKomentar