Saturday, January 20, 2018

solusi cerdas menyelesaikan soal HOT pecahan

Solusi Cerdas menyelesaikan soal HOT pecahan

soal HOT pecahan

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking skill (HOTS) siswa dipengaruhi kebiasaan siswa untuk menganalisis suatu permasalahan. Materi pecahan memiliki sejumlah tipe soal yang termasuk dalam kategori soal HOT. lalu bagaimana agar soal yang termasuk kategori berpikir tingkat tinggi ini bisa mudah di pahami oleh siswa. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi guru.

Setiap guru memiliki teknik sendiri dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa termasuk diantaranya teknik dalam menyampaikan materi pecahan yang berhubungan dengan soal HOT. teknik yang paling ampuh dalam menyelesaikan soal HOT pecahan menurut pendapat saya adalah teknik solusi cerdas.

Teknik solusi cerdas dalam membuat penyelesaikan permasalahan matematika soal HOT menggunakan pendekatan yang berbeda dengan metode pengajaran biasa. Berikut ini beberapa langkah yang ditempuh dalam teknik solusi cerdas

1. Pada teknik solusi cerdas guru dituntut untuk mengarahkan siswa membuat pola penyelesaian. 

Menjadikan suatu permasalahan matematika atau soal matematika menjadi sebuah pola tertentu sehingga mudah untuk di ingat dan di aplikasikan. Keterampilan guru membuat rancangan pembelajaran yang mengarahkan siswa membuat pola penyelesaian saat ini masih jarang digunakan. Mereka biasanya menyampaikan materi seperti apa yang tertuang dalam buku. Oleh karena itu dibutuhkan suatu inovasi dan motivasi oleh  guru  dalam meningkatkan keterampilan ini.

2. Teknik solusi cerdas menuntut siswa cepat dalam merespon suatu permasalahan, menghubungkan materi pelajaran dengan materi lain yang lebih mereka kuasai. 

Kelemahan siswa adalah lambannya merespon hubungan materi pelajaran satu dengan materi  yang lain. Hal ini karena proses pembelajaran yang selama ini mereka lakukan, setiap materi yang disajikan terkesan merupakan materi baru dan bukan sebagai materi yang berkelanjutan. Sebagi contoh begini hubungan materi fungsi dengan materi perbandingan dan lain lain.

3. teknik solusi cerdas menuntut proses pembelajaran yang bermakna kepada siswa. Artinya pembelajaran dengan teknik ini meyakinkan kepada siswa bahwa teknik ini sangat berguna bagi mereka, akan sangat membantu bagi mereka. Dengan begitu motivasi anak akan meningkat.


Ketiga prinsip dasar tersebut harulah ada dalam pembelajaran dengan teknik solusi cerdas.
kali ini kita akan belajar bagaimana menggunakan teknik ini untuk menyelesaikan soal HOT materi pecahan yang biasanya akan dikeluarkan dalam ujian nasional matematika SMP. 

Soal HOT materi pecahan SMP memiliki ragam atau tipe soal yang bermacam macam. Kita akan mengkaji dua tipe soal saja yang biasanya keluar di Ujian Nasional. Informasi yang datang dari TIM pengembang soal Ujian nasional tahun 2018 merupakan giliran pecahan yang akan keluar menghiasi soal HOT UN.

indikator soal HOT materi pecahan  adalah "Menyelesaikan / menjelaskan (memecahkan)  masalah yang berkaitan operasi hitung bilangan pecahan 
contoh soal HOT pecahan 1
Pak Jono membagi sejumlah uang kepada ketiga anaknya. Anak pertama mendapat  2/5 bagian. Anak kedua mendapat  1/4  bagian dan anak ketiga menerima uang sebesar Rp175.000,00. Jumlah uang Pak Jono yang dibagikan kepada seluruh anak-anaknya adalah ….
A.  Rp700.000,00
B.  Rp500.000,00
C.  Rp437.500,00
D.  Rp288.750,00

cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas
perhatikan gambar penyelesaian berikut ini
soal HOT pecahan









contoh soal hot pecahan 2
Pak Andi berencana akan membangun keramik pada lantai rumahnya. Ia menawarkan pekerjaan tersebut pada Budi dan Candra. Budi mampu menyelesaikan selama 24 hari. Candra mampu menyelesaikan 40 hari. Jika Budi dan Candra akan bekerjasama Pemasangan kramik pada lantai rumah Pak Andi dapat selesai dalam waktu...
a.   8 hari                   c. 16 Hari
b.  15 hari                 d. 32 hari

cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas
Perhatikan gambar penyelesaian berikut ini
soal HOT pecahan






Contoh soal Hot pecahan 3

Pak budiman mempunya sebidang tanah. 2/3 bagian ditanami jagung. ¼ ditanami ketela pohon. Sisanya ditanami sayuran seluas 450m2. Luas sawah pak budiman adalah...
a.         10.800 m2
b.        5400 m2
c.         4500 m2
d.         3600 m2

cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas

soal HOT pecahan











Demikian artikel tentang bagaimana cara mudah atau solusi cerdas dalam menyelesaikan soal HOT pecahan . Semoga dengan solusi solusi cerdas yang kami tawarkan membuat situasi pembelajaran anda menjadi lebih bermakna oleh siswa, menjadi mudah untuk dipahami dan menjadikan siswa semakin kritis dalam mengembangkan pola pola matematika yang menjadi dasar teknik solusi cerdas.

terima kasih..