Solusi Cerdas menyelesaikan soal higher order thinking skill pecahan
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking skill siswa dipengaruhi kebiasaan siswa untuk menganalisis suatu permasalahan. Materi pecahan memiliki sejumlah tipe soal yang termasuk dalam kategori soal higher order thinking skill. lalu bagaimana agar soal yang termasuk kategori berpikir tingkat tinggi ini bisa mudah di pahami oleh siswa. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi guru.
Setiap guru memiliki teknik sendiri dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa termasuk diantaranya teknik dalam menyampaikan materi pecahan yang berhubungan dengan soal higher order thinking skill. teknik yang paling ampuh dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill pecahan menurut pendapat saya adalah teknik solusi cerdas.
Teknik solusi cerdas dalam membuat penyelesaikan permasalahan matematika soal higher order thinking skill menggunakan pendekatan yang berbeda dengan metode pengajaran biasa. Berikut ini beberapa langkah yang ditempuh dalam teknik solusi cerdas
1. Pada teknik solusi cerdas guru dituntut untuk mengarahkan siswa membuat pola penyelesaian.
Menjadikan suatu permasalahan matematika atau soal matematika menjadi sebuah pola tertentu sehingga mudah untuk di ingat dan di aplikasikan. Keterampilan guru membuat rancangan pembelajaran yang mengarahkan siswa membuat pola penyelesaian saat ini masih jarang digunakan. Mereka biasanya menyampaikan materi seperti apa yang tertuang dalam buku. Oleh karena itu dibutuhkan suatu inovasi dan motivasi oleh guru dalam meningkatkan keterampilan ini.
2. Teknik solusi cerdas menuntut siswa cepat dalam merespon suatu permasalahan, menghubungkan materi pelajaran dengan materi lain yang lebih mereka kuasai.
Kelemahan siswa adalah lambannya merespon hubungan materi pelajaran satu dengan materi yang lain. Hal ini karena proses pembelajaran yang selama ini mereka lakukan, setiap materi yang disajikan terkesan merupakan materi baru dan bukan sebagai materi yang berkelanjutan. Sebagi contoh begini hubungan materi fungsi dengan materi perbandingan dan lain lain.
3. teknik solusi cerdas menuntut proses pembelajaran yang bermakna kepada siswa. Artinya pembelajaran dengan teknik ini meyakinkan kepada siswa bahwa teknik ini sangat berguna bagi mereka, akan sangat membantu bagi mereka. Dengan begitu motivasi anak akan meningkat.
Ketiga prinsip dasar tersebut harulah ada dalam pembelajaran dengan teknik solusi cerdas.
kali ini kita akan belajar bagaimana menggunakan teknik ini untuk menyelesaikan soal higher order thinking skill materi pecahan yang biasanya akan dikeluarkan dalam ujian nasional matematika SMP.
Soal higher order thinking skill materi pecahan SMP memiliki ragam atau tipe soal yang bermacam macam. Kita akan mengkaji dua tipe soal saja yang biasanya keluar di Ujian Nasional. Informasi yang datang dari TIM pengembang soal Ujian nasional tahun 2018 merupakan giliran pecahan yang akan keluar menghiasi soal higher order thinking skill UN.
indikator soal higher order thinking skill materi pecahan adalah "Menyelesaikan /
menjelaskan (memecahkan) masalah yang
berkaitan operasi hitung bilangan pecahan
contoh soal higher order thinking skill pecahan 1
Pak Jono membagi sejumlah uang
kepada ketiga anaknya. Anak pertama mendapat 2/5 bagian. Anak kedua mendapat 1/4 bagian dan
anak ketiga menerima uang sebesar Rp175.000,00. Jumlah uang Pak Jono yang dibagikan kepada seluruh
anak-anaknya adalah ….
A. Rp700.000,00
B. Rp500.000,00
C. Rp437.500,00
D. Rp288.750,00
cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas
perhatikan gambar penyelesaian berikut ini
contoh soal higher order thinking skill pecahan 2
Pak Andi
berencana akan membangun keramik pada lantai rumahnya. Ia menawarkan pekerjaan
tersebut pada Budi dan Candra. Budi mampu menyelesaikan selama 24 hari. Candra
mampu menyelesaikan 40 hari. Jika Budi dan Candra akan bekerjasama Pemasangan
kramik pada lantai rumah Pak Andi dapat selesai dalam waktu...
a.
8
hari c. 16 Hari
b. 15 hari d. 32 hari
cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas
Perhatikan gambar penyelesaian berikut ini
Contoh soal higher order thinking skillpecahan 3
Pak budiman mempunya sebidang tanah. 2/3 bagian
ditanami jagung. ¼ ditanami ketela pohon. Sisanya ditanami sayuran seluas
450m2. Luas sawah pak budiman adalah...
a.
10.800 m2
b.
5400
m2
c.
4500 m2
d.
3600 m2
cara mudah menyelesaikannya dengan solusi cerdas
Demikian artikel tentang bagaimana cara mudah atau solusi cerdas dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill pecahan . Semoga dengan solusi solusi cerdas yang kami tawarkan membuat situasi pembelajaran anda menjadi lebih bermakna oleh siswa, menjadi mudah untuk dipahami dan menjadikan siswa semakin kritis dalam mengembangkan pola pola matematika yang menjadi dasar teknik solusi cerdas.
terima kasih..