-->

RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013

Kesempatan ini kita akan belajar cara membuat RPP dan mengaplikasikan atau menerapkan RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 ini materi peluang diberikan pada kelas 8 semester 2 tak seperti pada kurikulum KTSP yang dibelajarkan pada kelas IX semester 1.

Konsep peluang merupakan konsep yang membutuhan pemahaman yang tinggi. Melibatkan aneka percobaan dan melakukan pendataan kejadian. RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 ini di rancang dengan tujuan tersebut yaitu membantu guru dalam membelajarkan materi peluang dengan baik tentunya.

Mari kita simak RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 berikut ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :    SMP Negeri 1 Purwodadi
                                       Mata Pelajaran         :     Matematika 
                                       Kelas/Semester         :     VIII (delapan)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu         :     10 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.13 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
1. Menentukan peluang empirik dari suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel dari suatu eksperimen
3. Menentukan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian
4. Menentukan peluang teoretik dari suatu eksperimen
4.13 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat menentukan peluang empirik dari suatu percobaan.
Pertemuan kedua :     
1.      Peserta didik dapat menentukan ruang sampel dari suatu eksperimen
2.      Peserta didik dapat menentukan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian
Pertemuan ketiga :     
Peserta didik dapat menentukan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
Pertemuan keempat :  
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
                 
Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab

D. Materi Pembelajaran
v  Peluang empirik dari suatu percobaan.
v  Ruang sampel dari suatu eksperimen.
v  Titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
v  Peluang teoretik dari suatu eksperimen.



E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat          : Model Pembelajaran Kooperatif

F.   Media dan Bahan
1.      Media              :  Media audiovisual yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
2.      Bahan              : Bahan yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar            : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peluang empirik dari suatu percobaan dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan peluang empirik dari suatu percobaan secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan peluang empirik dari suatu percobaan.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.



Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan peluang empirik dari suatu percobaan.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait peluang empirik dari suatu percobaan.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan kedua (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait ruang sampel dari suatu eksperimen dan titik sampel yang memenuhi suatu kejadian.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan ketiga (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peluang teoretik dari suatu eksperimen dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan peluang teoretik dari suatu eksperimen secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan peluang teoretik dari suatu eksperimen.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait peluang teoretik dari suatu eksperimen.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan keempat (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit
I.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
b.      Sikap Sosial
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
c.       Kompetensi Pengetahuan
                                            i.      Teknik Penilaian       : Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
d.      Kompetensi Keterampilan
                                            i.      Teknik Penilaian       :  Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    :  Masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
                                        iii.      Contoh Instrumen    :  (terlampir)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.


3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi



Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002

Purwodadi,  3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran



Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001

Demikianlah postingan RPP peluang kelas 8 semester 2 kurikulum 2013. Silakan anda download jika cocok dengan kondisi pembelajaran anda.


Terimakasih

LihatTutupKomentar