Saturday, January 20, 2018

cara menyelesaikan soal HOT perbandingan.

cara menyelesaikan soal HOT perbandingan.


Soal Perbandingan adalah kategori soal yang paling banyak muncul di ujian nasional. Pengembangan soal HOT materi perbandingan pun sudah banyak dilakukan oleh tim penyusun soal ujian nasional. Terkadang soal perbandingan terintegerasi dengan soal pada materi lain seperti operasi pecahan, bilangan bulat , fungsi, persamaan garis dan hampir semua materi pelajaran matematika SMP dapat terintegerasi dengan materi perbandingan.

Cara menyelesaikan soal Hot materi perbandingan juga menggunakan beberapa pendekatan. Hal ini tergantung dari tipe soalnya dan hubungan nya dengan materi yang lain. berikut contoh contoh soal HOT perbandingan yang paling sering muncul di ujian nasional dan bagaimana cara mudah menyelesaikannya. Tentunya dengan menerapkan solusi cerdas.

Solusi cerdas ini merupakan hasil pengembangan dari pengalaman mengajar kelas 9 SMP sebagai bekal menghadapi ujian nasional. Dari beberapa solusi cerdas ini masih dalam tahap pengembangan jadi terkadang ada metode atau teknik baru yang muncul maka akan segera di up date metode barunya. Apalagi pada materi perbandingan yang memang memiliki cakupan yang luas dan menjadi pelayan bagi materi materi lain. Kalau boleh kami bilang, materi perbandingan dan materi bilangan merupakan induk materi ajar matematika baik SD, SMP maupun SMA. Kenapa begitu karena materi ini sebagai prasyarat kunci keberhasilan pemahaman pada materi materi selanjutnya.

Semua ini kami dedikasikan untuk semua insan pendidikan di seluruh tanah air, baik rekanan guru, siswa siswa kami dan seluruh siswa siswi putra putri bangsa.



soal hot perbandingan yang pertama terintegrasi dengan soal bilangan bulat. perhatikan soal berikut.

Perbandingan jumlah kelereng barata dan Candra adalah 2 : 5. Sedangkan perbandingan jumlah kelereng candra dan Dewa adalah 3 : 4 . Jika Jumlah kelereng ketiga anak tersebut adalah 246, maka selisih kelereng dewa dan chandra adalah...
a.       30
b.      36
c.       54
d.    84
cara penyelesaiannya 
lihat sketsa penyelesaiannya berikut ini
 soal HOT perbandingan.

Dengan sangat mudah kita bisa menyelesaikan soal perbandingan dengan pola yang seperti disamping. Anak didik pun menurut pengalaman mengajar yang saya lakukan saat menggunakan cara penyelesaian seperti ini sangat antusias dan senang serta percaya diri. 

Ingat! membuat anak didik kita bisa melakukan dan menyelesaikan soal dengan mudah akan meningkatkan percaya diri mereka.







Contoh soal HOT perbandingan kedua berhubungan dengan materi operasi bilangan .
perhatikan contoh berikut

Perbandingan kelereng Furqon, Aldi dan Hidayat adalah 4:1:5. Jika selisih banyak kelereng Hidayat dan aldi 320 butir, Jumlah kelereng mereka bertiga adalah...
a.                 540 butir
b.                 640 butir
c.                  800 butir
d.                 900 butir

cara menyelesaikan
Selisih perbandingan Hidayat dengan Aldi = 4
Selisih kelereng Hidayat dengan Aldi = 320
Jumlah perbandingan Bertiga = 10
Jumlah kelereng bertiga = x
 soal HOT perbandingan.


Mudah bukan?





Contoh soal hot perbandingan yang berhubungan dengan pecahan
Dendy dapat membuat sebuah lemari dalam waktu 15 hari dan Randy dalam waktu
30    hari. Jika mereka bekerja bersama-sama maka pekerjaan akan selesai dalam ....
A.       10 hari            C. 15 hari
B.       12 hari            D. 23 hari

cara menyelesaikan diatas perhatikan sketsa pengerjaan berikut ini!
 soal HOT perbandingan.








Masih banyak lagi yang bisa dikembangkan dari soal hot tentang perbandingan karena setiap materi pada matematika semuanya berhubungan erat dengan perbandingan. 

Semoga artikel ini bermanfaat. 

Lanjutkan belajar Cara menyelesaikan soal HOT pola barisan