Soal Try Out UN Matematika Pekalongan 2018
Mempersiapkan diri dalam menyongsong Ujian Nasional 2018 memang menjadi suatu keharusan. Banyak macam macam persiapan yang dilakukan termasuk melakukan latihan ujian nasional. Soal soal try out dari berbagai wilayah pun muncul sebagai buah prediksi soal ujian nasional. Salah satunya soal try out matematika pekalongan 2018 seperti yang ingin saya bagikan ini.
Disusun berdasarkan hasil kerja MKKS daerah pekalongan, munculah soal soal try out UN Matematika pekalongan 2018 ini. Kisi kisi yang diambil sebagai dasar penentuan kharakter soal adalah berasal dari telaah kisi kisi ujian nasional resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan melibatkan guru senior sebagai tim penyusun naskah soal try out membuat soal prediksi UN dari pekalongan tahun 2018 ini menjadi sangat apik.
Anda bisa mendapatkan soal Try out UN Matematika Pekalongan 2018 tahap 1 pada link berikut
soal Try out UN Matematika Pekalongan 2018 tahap 1 paket 1
soal Try out UN Matematika Pekalongan 2018 tahap 1 Paket 2
soal Try out UN Matematika Pekalongan 2018 tahap 1 Paket 3
Untuk mendapatkan file soal try out UN Kab Pekalongan Tahap 2 yang telah selesai di selenggarakan pada tanggal 13 Maret anda bisa kunjungi halaman ini
soal TUC UN Pekalongan tahap 2 tahun 2018
Bahan referensi lain sebagai perbandingan anda bisa membandingkan dengan Soal try out UN Pekalongan 2017 tahun kemarin dengan kisi kisi dibawah ini
Kisi kisi dari MKKS pekalongan 2017 adalah sebagai berikut. Silahkan simak
KISI-KISI SOAL TRY OUT I
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA
Jenjang Pendidikan : Pendidikan Dasar Alokasi Waktu: 120 menit
Satuan Pendidikan : SMP/MTs Jumlah : 40 butir
Tahun Pelajaran : 2016/2017
BentukSoal : Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan : Irisan KTSP dan
Kurtilas
No.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kls/ Smt
|
Materi
|
Jml Soal
|
Indikator
|
No. Soal
|
Ket.
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial,
barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
7/1
|
Bilangan Bulat dan Pecahan
|
2
|
Siswa dapat menghitung nilai dari operasi “@”
pada bilangan bulat, jika ditentukan aturannya.
|
1
|
C2
|
2
|
C2
|
||||||
7/2
|
Perbandingan
|
2
|
Disajikan denah suatu rumah lengkap dengan
bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan luas rumah sebenarnya, jika skala
dan ukuran dari bagian-bagian denah rumah itu diketahui.
|
3
|
C1
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan perbandingan bertingkat.
|
4
|
C3
|
|||||
9/2
|
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
|
2
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan/pengurangan
bilangan berpangkat tak
sebenarnya.
|
5
|
C2
|
||
Siswa dapat menyederhanakan hasil operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bentuk akar.
|
6
|
C2
|
|||||
7/1
|
Aritmetika Sosial
|
2
|
Disajikan daftar harga dan prosentase diskon
dari beberapa jenis barang, siswa dapat menentukan nilai transaksi, jika
membeli barang-barang tersebut.
|
7
|
C3
|
||
Siswa dapat menentukan tabungan awal,
jika prosentase suku bunga per tahun, dan tabungan setelah t bulan diketahui.
|
8
|
C3
|
|||||
9/2
|
Barisan dan Deret Bilangan
|
2
|
]Disajikan gambar
berpola, siswa dapat menentukan banyak titik/garis pada pola ke-n.
|
9
|
C4
|
||
Diberikan masalah tentang sebatang kawat yang
dipotong-potong dengan panjang setiap potongan membentuk deret geometri,
siswa dapat menentukan panjang kawat semula, jika panjang potongan terpendek
dan terpanjang diketahui.
|
10
|
C3
|
|||||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep
persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan
linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
8/1
|
Faktorisasi Bentuk Aljabar
|
1
|
Siswa dapat menentukan salah satu
faktor dari bentuk aljabar
ax2 + bx + c, dengan a ¹ 1.
|
11
|
C2
|
7/2
|
PLSV dan PtLSV
|
2
|
Siswa dapat menentukan luas persegipanjang dengan panjang
lebih dari lebarnya, jika keliling persegipanjang itu diketahui.
|
12
|
C2
|
||
Siswa dapat menentukan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel dalam bentuk enumerasi.
|
13
|
C3
|
|||||
7/2
|
Himpunan
|
2
|
Diberikan suatu
himpunan dalam bentuk notasi, siswa dapat menentukan banyak himpunan bagian yang mempunyai n anggota untuk n ³ 2.
|
14
|
C2
|
||
Disajikan 4
pilihan dalam bentuk diagram Venn, siswa dapat menentukan diagram Venn yang
sesuai.
|
15
|
C3
|
|||||
8/1
|
Relasi dan Fungsi
|
3
|
Diberikan rumus
fungsi f(x) = ax + b, siswa dapat menentukan nilai f(px ± k) dengan a, b, p dan k bilangan bulat.
|
16
|
C2
|
||
Diberikan fungsi
f(ax ± b) = kx ± c, siswa dapat menentukan nilai dari f(d)
dengan a, b, c, d dan k bilangan bulat.
|
17
|
C4
|
|||||
Disajikan tabel
tentang tarif dua perusahaan taksi, siswa dapat menentukan biaya taksi yang
relevan.
|
18
|
C3
|
|||||
8/1
|
Persamaan Garis Lurus
|
2
|
Disediakan 4
persamaan garis lurus, siswa
dapat menentukan persamaan garis yang sejajar/tegak lurus
terhadap garis yang melalui 2 titik dan jika kedua titik itu diketahui.
|
19
|
C3
|
||
Disajikan grafik garis g memotong sumbu x
dengan absis a dan memotong sumbu y
dengan ordinat b,
garis h sejajar garis g dan memotong sumbu x dengan absis c, siswa dapat menentukan persamaan
garis h tersebut.
|
20
|
C4
|
|||||
8/1
|
Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel
|
2
|
Siswa dapat menentukan nilai (px ± qy) dari sistem persamaan
linear dua variabel yang
diberikan dengan p dan q bilangan tertentu.
|
21
|
C2
|
||
Diberikan 2
jenis barang dengan harga barang-1 n
kali harga barang-2, siswa dapat menentukan harga salah barang itu, jika harga
barang-1 dan n kali harga barang-2
diketahui.
|
22
|
C3
|
|||||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur
bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta
|
8/2
|
Teorema Pythagoras
|
1
|
Diberikan 4 pernyataan tentang rumus
Pythagoras, siswa dapat menentukan pernyataan-pernyataan yang benar jika
pengganti ukuran sisi-sisi segitiga itu diketahui.
|
23
|
C3
|
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
7/2
|
Luas Bangun Datar
|
1
|
Disajikan gambar D ABC dan D ABD dengan AD dan BC berpotongan di E, siswa dapat
menentukan luas D ABC dan D ABD, jika panjang AB dan tinggi masing-masing
segitiga diketahui.
|
24
|
C3
|
|
7/2
|
Keliling Bangun Datar
|
1
|
Siswa dapat
menentukan banyak tiang lampu yang dipasang di keliling taman berbentuk
belahketupat, jika kedua diagonal dan jarak pasang tiap lampu diketahui.
|
25
|
C2
|
||
9/1
|
Kesebangunan
dan kongruensi
|
2
|
Disajikan
gambar trapesium ABCD dan trapesium EFGH keduanya sebangun, alas
EF pada AB, siswa dapat menghitung luas daerah antara ABCD dan EFGH, jika
panjang EF, HG, EH dan DC diketahui.
|
26
|
C2
|
||
Diberikan pernyataan tentang
D ABC dan D DEF keduanya kongruen, siswa dapat menentukan pasangan
sisi yang sama panjang, jika sepasang sudut
sama besar dan salah satu sudut dari masing-masing segitiga diketahui.
|
27
|
C2
|
|||||
7/2
|
Hubungan dua garis, besar dan
jenis sudut
|
2
|
Siswa dapat
menentukan pelurus suatu sudut, jika penyiku dari sudut itu diketahui.
|
28
|
C3
|
||
Disajikan gambar
D PQR,
dibuat posisi S dan T dengan S perpanjang-an PQ dan T perpanjangan QR, ÐPRT dan ÐSQR dalam bentuk aljabar,
siswa dapat menentukan ÐPQR, jika besar ÐQPR diketahui.
|
29
|
C4
|
|||||
8/2
|
Unsur-unsur lingkaran
|
1
|
Disajikan gambar lingkaran dengan pusat O
dibuat garis tengah AB dan sudut keliling BDC, siswa dapat menentukan besar
sudut AOC jika besar sudut keliling tersebut diketahui.
|
30
|
C2
|
||
4.
|
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan
menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
8/2
|
Unsur-unsur bangun ruang
|
1
|
Diberikan pernyataan suatu kubus, siswa dapat
menentukan bidang diagonal yang tegak lurus terhadap bidang diagonal yang
diketahui.
|
31
|
C2
|
8/2
|
Kerangka bangun ruang
|
1
|
Siswa dapat menentukan panjang sisa kawat
untuk membuat kerangka balok jika panjang kawat dan ukuran balok diketahui.
|
32
|
C3
|
||
8/2
|
Volume BRSD
|
1
|
Disajikan gambar gabungan kubus dan limas, siswa
dapat menentukan volume bangun
gabungan tersebut, jika luas
alas kubus dan tinggi bangun gabungan diketahui.
|
33
|
C2
|
||
9/1
|
Volume BRSL
|
1
|
Siswa dapat menentukan volume kerucut setelah
ukuran diameter dan tingginya diperbesar/diperkecil dengan salah satu
perbesaran merupakan bilangan pecahan, jika volume kerucut semula diketahui.
|
34
|
C4
|
||
8/2
|
Luas BRSD
|
1
|
Disajikan gambar prisma dengan alas trapesium
sama kaki, siswa dapat menentukan luas prisma jika ukuran dua sisi sejajar
dan kaki trapesium serta tinggi prisma diketahui.
|
35
|
C3
|
||
9/1
|
Luas
BRSL
|
1
|
Disajikan
gambar bangun gabungan kerucut dan tabung (belahan bola dan tabung), siswa
dapat menghitung luas permukaan bangun gabungan tersebut, jika ukurannya
diketahui.
|
36
|
C3
|
||
5.
|
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
9/1
|
Ukuran pemusatan data
|
1
|
Siswa
dapat menentukan perbandingan jumlah siswa putra dan putri, jika nilai
rata-rata siswa putra, nilai rata-rata siswa putri, dan nilai rata-rata
gabungan diketahui.
|
37
|
C2
|
9/1
|
Penyajian data
|
1
|
Disajikan data dalam bentuk tabel frekuensi dengan salah satu nilai
frekuensinya belum diketahui, siswa dapat menentukan frekuensi dari nilai
tersebut, jika nilai rata-rata keseluruhan diketahui.
|
38
|
C4
|
||
6.
|
Memahami
konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
9/1
|
Peluang suatu Kejadian
|
2
|
Siswa dapat menghitung peluang muncul bilangan dengan jumlah
lebih/kurang dari bilangan tertentu, jika dua buah dadu dilempar bersama-sama
sebanyak satu kali.
|
39
|
C3
|
Siswa dapat menentukan banyak peserta yang
berhasil mengikuti kegiatan tertentu, jika peluang gagal dalam kegiatan
tersebut, dan jumlah seluruh peserta yang mengikuti kegiatan itu diketahui.
|
40
|
C2
|
Biasanya Soal soal prediksi yang diberikan oleh 5 kabupaten di daerah jateng dan jogja memiliki kualitas yang bagus dan mendekati taksiran soal yang keluar pada ujian nasional tahun berjalan. Ke lima kabupaten itu adalah Kebumen, Wonosobo, Pekalongan, Kendal dan Purworejo.
Mencari soal try out dari kelima kabupaten tersebut merupakan modal yang sangat penting untuk dapat menyelesaikan soal Ujian nasional. Sebagai bahan latihan soal soal diatas memang sangat baik dan siswa tidak akan salah arah.
Terlalu mengandalkan latihan ujian nasional dari kabupaten sendiri sebagai bahan inti belajar UN akan beresiko, karena pengalaman tahun tahun yang lalu saat kami hanya mengandalkan soal UN dari Kabupaten hasilnya mengecewakan.
Sejak tahun 2017 kemarin kami mencoba mengganti sistem lama, kami mencoba melakukan latihan dengan menggunakan prediksi dari kelima kabupaten di atas dan ditambah soal ucun dari jakarta dan hasilnya pun menggembirakan.
Silahkan anda coba saran dari saya.
Semoga artikel tentang soal try out UN matematika pekalongan 2018 ini membawa manfaat. Terima kasih
baca juga
baca juga