Sunday, February 11, 2018

RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013

RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013

RPP Penafsiran Data Kelas 8

Pembelajaran statistika SMP mencakup penyajian dan penafsiran data. Untuk melaksanakan pembelajaran yang bermutu guru harus membuat Rencana pembelajaran yang matang. Berikut ini kami sajikan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013.

RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 ini kami rancang untuk 10 Jam pelajaran atau 4 kali pertemuan tatap muka. Materi yang dibelajarkan meliputi 3 materi inti yaitu.
v  Data
v  Median dan modus suatu kumpulan data
v  Sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data

Tujuan dari pembuatan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 ini disusun untuk memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan pembelajaran baik pada aspek pengetahuan maupun pada level keterampilan.

Berikut ulasan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :    SMP Negeri 1 Purwodadi
                                       Mata Pelajaran         :     Matematika 
                                       Kelas/Semester         :     VIII (delapan)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu         :     10 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori..

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.12 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
1. Menganalisis data dari distribusi data yang diberikan.
2. Menentukan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
3. Menentukan median dan modus suatu kumpulan data.
4. Menentukan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
4.12 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.      Peserta didik dapat menganalisis data dari distribusi data yang diberikan.
2.      Peserta didik dapat menentukan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
            Pertemuan kedua :
Peserta didik dapat menentukan median dan modus suatu kumpulan data.
Pertemuan ketiga :
Peserta didik dapat menentukan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.

Pertemuan keempat :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan.

Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v  Data
v  Median dan modus suatu kumpulan data
v  Sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data

E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga                         : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat          : Model Pembelajaran Kooperatif

F.  Media dan Bahan
1.      Media              :  Media audiovisual yang berkaitan dengan data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
2.      Bahan              :  Bahan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar            : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan kedua (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi median dan modus suatu kumpulan data dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan median dan modus suatu kumpulan data secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan median dan modus suatu kumpulan data.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait median dan modus suatu kumpulan data.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan ketiga (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

Pertemuan keempat (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

I.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
b.      Sikap Sosial
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
c.       Kompetensi Pengetahuan
                                            i.      Teknik Penilaian       : Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
d.      Kompetensi Keterampilan
                                            i.      Teknik Penilaian       :  Tugas Individu
                                          ii.      Bentuk Instrumen    :  Masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
                                        iii.      Contoh Instrumen    :  (terlampir)


2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi



Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002

Purwodadi,  3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran



Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
Anda bisa mendownload RPP ini di sini
Demikian artikel tentang RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment