RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013
Pembelajaran statistika SMP mencakup penyajian dan penafsiran data. Untuk melaksanakan pembelajaran yang bermutu guru harus membuat Rencana pembelajaran yang matang. Berikut ini kami sajikan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013.
RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 ini kami rancang untuk 10 Jam pelajaran atau 4 kali pertemuan tatap muka. Materi yang dibelajarkan meliputi 3 materi inti yaitu.
v Data
v Median dan modus suatu kumpulan data
v Sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil
suatu kumpulan data
Tujuan dari pembuatan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 ini disusun untuk memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan pembelajaran baik pada aspek pengetahuan maupun pada level keterampilan.
Berikut ulasan RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 10 jam pelajaran
(4 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori..
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.12 Menganalisis data
berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data
untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
1. Menganalisis data dari distribusi data yang diberikan.
2. Menentukan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
3. Menentukan
median dan modus suatu kumpulan data.
4. Menentukan
sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu
kumpulan data.
|
4.12
Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data,
nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata,
median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.
Peserta
didik dapat menganalisis data dari distribusi data yang
diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menentukan rata-rata (mean) suatu
kumpulan data.
Pertemuan kedua :
Peserta didik dapat menentukan median dan modus
suatu kumpulan data.
Pertemuan ketiga :
Peserta didik dapat menentukan sebaran data, yaitu
jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
Pertemuan keempat :
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari
kumpulan data yang diberikan.
Fokus Penguatan Karakter :
Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v Data
v Median dan modus suatu kumpulan data
v Sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil
suatu kumpulan data
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1. Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan data berdasarkan
distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk
mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
2. Bahan : Bahan
yang berkaitan dengan persamaan garis lurus data
berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data
untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta
peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan,
dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi data dan
rata-rata (mean) suatu kumpulan data dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan data dan rata-rata (mean)
suatu kumpulan data.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan data dan
rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean) suatu
kumpulan data.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan data dan rata-rata (mean)
suatu kumpulan data.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan data dan
rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait data dan rata-rata (mean) suatu kumpulan data.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan
kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta
peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan,
dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi median dan modus suatu
kumpulan data dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan median dan modus suatu kumpulan data secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan median dan modus suatu
kumpulan data.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan median dan modus
suatu kumpulan data.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan median dan modus suatu kumpulan data.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan median dan modus suatu
kumpulan data.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan median dan
modus suatu kumpulan data.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait median dan modus suatu kumpulan data.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi sebaran
data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan
data dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri
dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan yang melibatkan sebaran data, yaitu jangkauan,
kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait
dengan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil
suatu kumpulan data.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan
menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain
untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan sebaran data, yaitu
jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi
tentang apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan
jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal
yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru
untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan sebaran
data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan
data.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan
jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang
dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil
suatu kumpulan data.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan
menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan
mengenai apa yang dinamakan sebaran data, yaitu jangkauan, kuartil, dan
jangkauan interkuartil suatu kumpulan data.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang
dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait sebaran
data, yaitu jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil suatu kumpulan
data.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang
masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelasaikan
masalah yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan
sebaran data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data,
rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan
serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi secara
umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik
untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelasaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data
dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat
keputusan, dan membuat prediksi.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data,
rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan data yang diberikan
serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelasaikan masalah
yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran
data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat
keputusan, dan membuat prediksi.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang berkaitan
dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari
kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan,
dan membuat prediksi.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelasaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data
dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat
keputusan, dan membuat prediksi.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelasaikan masalah
yang berkaitan dengan distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran
data dari kumpulan data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat
keputusan, dan membuat prediksi.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan
distribusi data, rata-rata, median, modus, dan sebaran data dari kumpulan
data yang diberikan serta mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan
membuat prediksi.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : Tugas Individu
ii.
Bentuk
Instrumen : Masalah yang berkaitan dengan distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
|
Anda bisa mendownload RPP ini di sini
Demikian artikel tentang RPP Penafsiran Data Kelas 8 SMP Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.