Tuesday, February 6, 2018

Cara mudah menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan

Cara mudah menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan

menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan

Kali ini kita akan bersama sama belajar bagaimana cara mudah dalam menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan. Disadari atau tidak anak anak jenjang Sekolah dasar, SMP bahkan anak SMA masih banyak yang belum bisa menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan. Mungkin kita sebagai pendidik merasa pelajaran ini sangat mudah dan murid bisa melakukannya dengan mudah. Akan tetapi pengalaman mengajar saya selama 10 sebagai seorang pendidik SMP menemukan bahwa ternyata siswa kesulitan dalam menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan.

Sebagai contoh ketika itu saya sedang memberikan materi pengayaan matematika untuk ujian nasional. Materi yang saya ajarkan adalah operasi bilangan bentuk akar. saya bertanya kepada anak akar dari 64 berapa ya?. ternyata sebagian besar anak belum bisa, Padahal jika anak diminta menghitung perkalian 8 x 8 berapa anak anak? mereka dengan mudah menjawab 64. Namun jika pertanyaannya dibalik berapa akar dari 64? anak anak ternyata tidak mampu menghitung balik dari pertanyaan itu.
Padahal kita sudah sering mengatakan jika
8 x 8 = 64 maka akar dari 64 adalah 8.   itu baru angka kecil coba jika anak didik kita ditanya akar dari 1024. bisa pingsan haaaa
Hal ini menandakan bahwa kita sebagai pendidik harus memberikan cara menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan yang bisa  lebih mudah di pahami oleh siswa.

Waktu dulu saya membelajarkan kepada siswa cara menentukan akar suatu bilangan kira kira  seperti ini 
"anak anak akar dari 64 itu kalian carilah bilangan yang jika dikalikan bilangan itu sendiri hasilnya 64. Coba kalian pikirkan bilangan tersebut.
hhhhhh ternyata cara menentukan akar dari suatu bilangan dengan metode tersebut  tak memberikan hasil yang memuaskan.

Kemampuan siswa dalam menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan akan sangat dibutuhkan sebagai dasar dari materi materi lain. Bisa dibayangkan apa jadinya jika siswa kesulitan dalam hal ini. Karena pentingnya materi ini, sebagai pendidik kita juga tak bisa diam saja.

Kita harus mencari suatu metode atau cara menentukan akar kuadrat suatu bilangan yang bisa membantu siswa menangkap materi ini sesuai dengan kharakteristik mereka. Jika rata rata kemampuan anak tinggi maka bisa saja menggunakan cara menentukan akar kuadrat suatu bilangan sesuai dengan buku teks. Namun jika rata rata kemampuan matematika siswa rendah maka harus dicarikan metode lain.

Sejak 3 tahun belakangan ini saya melakukan suatu inovasi pembelajaran mengenai cara menentukan akar suatu bilangan dengan menggunakan konsep faktorisasi prima dari suatu bilangan. Mengapa demikian? karena rata rata murid lulusan SD memang sangat baik dalam hal faktorisasi prima. Dan metode ini memberikan hasil yang sangat memuaskan. Meskipun waktu pengerjaan menjadi agak lama namun yang penting anak bisa dulu. Jika sudah mengenal konsep maka dengan sendirinya nanti juga akan terbiasa. 

Bagaimana cara mengajarkan anak dalam menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan dengan metode faktorisasi prima? coba perhatikan cara menentukan akar kuadrat suatu bilangan berikut ini.

Langkah langkah

Misalkan tentukan akar dari 64!
penyelesaian

1. buatlah faktorisasi prima dari 64
akar kuadrat
2. gantikan 64 menjadi perkalian antar faktor.
akar kuadrat
3. lingkari pasangan pasangan bilangan yang sama.
akar kuadrat
4. bilangan bilangan yang memiliki pasangan sejumlah dua maka keluarkan dari akar menjadi satu saja.

*catatan: jika yang dicari akar pangkat 3 maka pasangkan 3 bilangan yang sama.
akar kuadrat


5. tulis hasilnya
akar kuadrat
perhatikan! karena langkah no 4 angka didalam akar sudah habis maka tidak perlu ditulis.

Mudah bukan.

Mari belajar contoh cara menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan yang lain!

Hitunglah
akar kuadrat






akar kuadrat
akar kuadrat
akar kuadrat

akar kuadrat

Cara menentukan akar kuadrat suatu bilangan dengan metode di atas  menjadikan anak mudah menangkap materi yang kita ajarkan. Karena pada dasarnya pembelajaran yang berawal dari kemampuan yang dimiliki siswa sebelumnya akan menjadikan bermakna bagi siswa. Kemanfaatan ilmu atau pengetahuan yang dimiliki siswa jika ternyata bermanfaat bagi mereka maka akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. mereka akan merasa bahwa masing masing materi belajar yang mereka pelajari ternyata sangat bermanfaat bagi hidup mereka. Inilah yang sebenarnya konsep meaningfull learning.


Menjadi pendidik sudah seharusnya menguasai kharakteristik siswa. Seberapa rata rata kemampuan mereka, apa dan penyebab kesulitan siswa serta mencarikan solusi agar kendala atau kesulitan tersebut dapat segera teratasi.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara mudah menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan. Anda bisa mengembangkan sendiri dirumah dan di pembelajaran anda masing masing. Jika suatu saat anda ada kendala silahkan konsultasikan bersama blog ini karena pada dasarnya blog ini adalah milik kita semua. terimakasih 
























No comments:

Post a Comment