Thursday, February 1, 2018

Cara Cepat Menentukan Besar Sudut Jam

Cara Cepat Menentukan Besar Sudut Jam

Pagi ini saat saya memberikan tambahan jam pelajaran matematika kelas IX sebagai persiapan menghadapi ujian nasional dan melakukan pembahasan prediksi soal yang akan keluar, saya temukan indikator materi prediksi menentukan besar sudut yang dibentuk oleh dua jarum jam jika diketahui jam menunjukan pukul berapa. ternyata siswa banyak yang gagal dalam menyelesaikannya. Dan akhirnya saya punya formula cara cepat menentukan besar sudut jam.

Bagaimana cara cepat menentukan besar sudut jam?


soal menentukan besar sudut yang dibentuk  jarum jam adalah hal yang baru bagi saya selama 9 tahun mengajarkan pelajaran matematika SMP. Materi sudut yang biasa keluar dalam soal ujian biasanya menyangkut sudut dan kesejajaran dua garis akan tetapi saat ini saya tidak mengira indikator sudut tersebut bisa berkembang sampai pada menentukan sudut pada jam.

Dengan berbekal pengetahuan yang saya miliki saya mencoba memberikan penjelasan cara menentukan besar sudut tersebut akan tetapi ternyata siswa masih belum juga memahami. Dan saya meminta sedikit waktu pada siswa untuk mengutak-atik cara penyelesaiannya dan akhirnya dengan cara cepat menentukan sudut jarum jam ini siswa saya jadi mudah dalam memahami dan menyelesaikannya. Bahkan dengan cara ini siswa hanya butuh kurang dari 30 detik untuk menyelesaikannya.
Mari kita tinjau cara ceat menentukan besar sudut jam berikut.

Sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam pada pukul 17.15 adalah ….
A.  157,5o             C.  90o
B.  125o                 D.  67,5o

Cara cepat menentukan besar sudut jam bisa anda terapkan dengan langkah langkah berikut ini.

1. saya minta siswa untuk membuat sketsa gambar jam tersebut. Kira kira hasilnya akan seperti ini.
Cara Cepat Menentukan Besar Sudut Jam
2. lakukan langkah seperti gambar di atas. 

a. gerakkan jarum panjang menuju jarum pendek ada berapa langkah? ternyata 2 langkah, Ingat 1 langkah bernilai 30 derajad. jadi jika bergerak dua langkah maka sudut utamanya = 60 derajad.
b. gerakan jarum panjang ke angka 12 berlawanan dengan arah hgerak pada poin a, ternyata 3 langkah atau 15 menit. maka sudut tambahannya 15/2 = 7,5 derajad.
c. Jumlah kan sudut utama dengan sudut tambahan maka hasilnya adalah 60 derajad + 7,5 derajad = 67,5 derajad.

Selesai...... Sangat mudah bukan?

Yang perlu digaris bawahi bahwa untuk mencari besar sudut tambahan kalian harus menggerakkan jarum panjang menuju angka 12 akan tetapi arak geraknya harus berlawanan dengan arah gerak jarum panjang menuju  jarum pendek. 

Kita ambil contoh ke dua bagaimana mengaplikasikan cara cepat menentukan besar sudut jam pada soal berikut.
Misalkan kita akan menghitung berapa sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam pada pukul 06.45 menit.

simak langkahnya
1. buat sketsa gambar.
 Besar Sudut Jam
2. Sudut utamanya = 2 x 30 = 60
3. sudut tambahannya = 15/2 = 7,5
4. maka besar sudut yang dibentuk = 67,5 derajad.

contoh lain perhatikan gambar berikut!
Cara  Menentukan Besar Sudut Jam


Kira kira berapa ya sudut terkecil yang dibentuk oleh dua jarum jam pada gambar diatas!
Tentunya jika siswa kita sudah mahir maka sudah tak memerlukan sketsa gambar! mereka akan dengan mudah menuliskan sudut utama = 5 x 30 = 150 derajad dan sudut tambahan = 30/2 = 15 derajad jadi sudut terkecil yang dibentuk adalah 165 derajad.
Cara Menentukan Besar Sudut Jam


Bagaimana bisa secepat itu? Ya... memang belajar matematika itu akan menjadi sangat mudah jika kita menanamkan sketsa grafis kepada anak didik. Memori mereka akan merekam apa yang mereka lihat, dengar dan apa yang mereka lakukan.

Wah coba bayangkan soal yang harusnya susah bagi siswa akan menjadi mudah dengan sedikit modivikasi cara menyelesaikannya. Untuk memberikan efek permanen di ingatan siswa maka sebaiknya gunakan banyak sekali contoh percobaan yang harus mereka kerjakan sendiri. Biasanya setelah mengerjakan lima soal anak anak sudah sepenuhnya bisa mengaplikasikan cara cepat menentukan besar sudut jam ini.

Memang menjadi guru yang baik tak hanya soal perilaku yang baik akan tetapi memberikan pelayanan pembelajaran yang mengubah cara pandang siswa menjadi lebih baik itulah yang akan menyempurnakan predikat guru baik tersebut.

Jangan berhenti untuk menghadirkan inovasi teknik pembelajaran karena profesi kita adalah pendidik yang memang harus mengajarkan kepada anak anak kita untuk  menjadi pembelajar sepanjang hayat. 

Dulu guru guru kitalah yang mengajarkan kepada kita arti belajar, ilmu dan kerja keras kini saatnya kita meneruskan perjuangan mereka. 

Meskipun artikel ini hanya memberikan sedikit ulasan akan tetapi menemukan cara efektif dalam mengajarkan siswa besar  sudut terkecil yang dibentuk dua jarum jam ini merupakan inovasi sebagai pendidik.

Demikian artikel tentang cara cepat menentukan besar sudut jam. semoga bermanfaat!

Nantikan inovasi inovasi berikutnya!