-->

Diktat Matematika Kelas 7 Semester 2

Diktat Matematika Kelas 7 Semester 2

Diktat Matematika Kelas 7 Semester 2

Kelas 7 SMP merupakan masa transisi menuju kurikulum 2013. Dalam rangka itulah proses pengajaran matematika harus mulai diarahkan menuju penguasaan materi dan penenerapannya ke dalam masalah masalah konteks. Oleh karena itulah pada semester 2 ini kita memerlukan diktat ajar untuk membantu siswa memenuhi tuntutan tersebut. Diktat matematika kelas 7 semester 2 ini di susun dalam rangka membantu peserta didik dalam memahami materi ajar kelas 7 semester 2 .

Tujuan utama pembuatannya Diktat matematika kelas 7 semester 2 ini adalah sebagai berikut
1. Diktat Matematika kelas 7 semester 2 ini menjadi bahan pelengkap buku teks pembelajaran. Karena sejatinya proses pembelajaran harus berlandaskan materi kurikulum yang ada pada teks buku pelajaran. Selain dari itu maka disebut sebagai pelengkap materi induk. Ingat ya jangan gunakan diktat sebagai satu satunya sumber pembelajaran. Pengalaman masa lampau saat LKS menjadi tren pengajaran, kreativitas anak menjadi berkurang. Peran guru juga semakin menghilang. Padahal guru kan salah satu sumber ilmu yang penting sekali.

2. diktat matematika kelas 7 ini menjadi bahan belajar mandiri siswa. Diktat yang berisi konten materi pembelajaran serta contoh  soal dan latihan soal akan menjadi sumber belajar siswa di luar sekolah. Contohnya pemberian PR yang bersumber dari diktat.

Selain tujuan utama di atas pembuatan diktat juga memiliki banyak manfaat. Contohnya bagi pengembangan karier keprofesionalan guru. Diktat matematika kelas 7 semester 2 ini bisa digunakan untuk penilaian kenaikan pangkat golongan. Sekarang ini aturan kenaikan pangkat guru cenderung memaksa guru untuk senantiasa melakukan inovasi dan kreasi dari guru. Jadi dengan memiliki diktat matematika kelas 7 semester 2 ini minimal sudah bisa membantu anda memperoleh nilai penilaian angka kredit unsur publikasi ilmiah.

Membuat diktat juga menjadi keharusan bagi guru dalam rangka mendapatkan nilai PAK (Penilaian Angka Kredit) dan masuk dalam kategoi karya ilmiah populer. Nilai yang didapat dari pembuatan diktat adalah 0,5. Jika kita mengajar 2 tingkatan kelas maka kita dalam satu tahun bisa membuat 4 diktat pembelajaran dengan total nilai 2. Karena memang aturannya 1 tingkatan kelas dalam satu semester  hanya boleh membuat 1 diktat.

Jadi mari bersemangat dalam mengembangkan bahan ajar karena banyak keuntungan yang kita dapatkan selain memudahkan kita dalam mengajarkan materi juga bisa mendapatkan nilai untuk kenaikan pangkat.

Untuk membantu anda semua, kami memberikan contoh diktat matematika kelas 7 semester 2  yang bisa anda unduh pada bagian bawah artikel ini. Anda bisa membuatnya sendiri baik diktat maupun modul pembelajaran dengan mengacu pada juknis pembuatannya. Jangan khawatir! apapun yang kita lakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan bangsa pasti kelak akan bermanfaat untuk kita.

Bukankah kita adalah tenaga profesional? jadi mari kita senantiasa mengembangkan profesionalitas guru. Mari perbaiki citra guru sebagai pendidik bangsa yang santun, profesional, teladan yang baik dan pembelajar sepanjang hayat.


Silahkan unduh di bawah ini!


anda bisa mendownload rangkuman materi SMP di LINK ini

demikian artikel tentang diktat matematika kelas 7 semester 2 , semoga bermanfaat!

Anda juga bisa mendapatkan diktat diktat yang lain dari sini.
LihatTutupKomentar