Friday, February 2, 2018

RPP perbandingan bagian 1 Kurikulum 2013

RPP perbandingan Kurikulum 2013

kali ini kita akan berbagi RPP perbandingan bagian 1 tentang membandingkan dua besaran. Sesuai dengan Kurikulum 2013 edisi revisi 2016.

RPP perbandingan kurikulum 2013 ini diperuntukan untuk proses pembelajaran kelas 7 semester 2. Cakupan materi tidak tertalu banyak sehingga RPP perbandingan kurikulum 2013 ini hanya dialokasikan untuk 2 kali pertemuan masing masing 5 jam.

Desain RPP perbandingan bagian 1 kurikulum 2013 ini sudah menggunakan pendekatan sainifik sesuai dengan penerapan kurikulum yang berlaku. Mari kita simak selengkapnya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 3 Ungaran
Mata Pelajaran                      : Metematika
Kelas/Semester                       : VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok                          : Perbandingan
Alokasi Waktu                                    : 5 JP (2 kali pertemuan )

A.    Kompetensi Inti

KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.7.1 Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
3.7.2Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.

4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)

4.7.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
4. 7.2 Menentukan perbandingan yang ekuivalen.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.       Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
2.       Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.

Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
2.  Menentukan perbandingan yang ekuivalen.

Fokus pengembangan karakter: Kerja sama dan tanggung jawab


D.      Materi Pembelajaran
             1.     Materi Pembelajaran Reguler
a.    Perbandingan dua besaran
b.    Perbandingan dua besaran dengan satuan berbeda


             2.     Materi Pembelajaran Pengayaan
Perbandingan dengan tiga objek

             3.     Materi Pembelajaran Remedial
a.       Perbandingan dua besaran dengan satuan sama
b.      Perbandingan dua besaran dengan satuan berbeda


E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan 1         : Pendekatan Saintifik
Pertemuan 2         : Pendekatan Saintifik

F.      Media dan Bahan
1.   Media
:
Media visual yang berkaitan dengan Perbandingan
2.   Bahan
:
Kertas kupon

G.    Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.          Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.          Guru mengaitkan perbandingan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
1.        Peserta didik dibagi kedalam empat kelompok, setiap kelompok mendapatkan satu lembar kerja siswa dan kupon sejumlah anggota kelompok. Guru menjelaskan bahwa kupon digunakan untuk presentasi maupun menanggapi. Siswa yang akan presentasi maupun menanggapi harus menyerahkan talking coupon.
Mengamati
2.        Peserta didik mengamati gambar dan permasalahan yang ada dalam kegiatan 1, kegiatan 2, pada Lembar Kerja Siswa (terlampir).
Menanya
3.        Menanyakan informasi yang diketahui dari masalah pada kegiatan 1 yang dapat digunakan untuk melengkapi kegiatan 1.
4.        Menanyakan informasi yang diketahui dari masalah pada kegiatan 2 yang dapat digunakan untuk melengkapi kegiatan 2.
Mengeksplorasi
5.        Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk melengkapi kegiatan 1 mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, yaitu siswa diminta untuk menentukan banyaknya potongan coklat dengan banyak coklat mula-mula.
6.        Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk melengkapi kegiatan 2 mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, yaitu siswa diminta untuk menentukan perbandingan banyak kelereng dua anak
Mengasosiasi
7.        Berdasar langkah 4 peserta didik menyimpulkan pengertian perbandingan yang terdapat dalam Lembar Kerja Siswa.
Mengomunikasi
8.        Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Perwakilan kelompok yang presentasi harus menyerahkan talking coupon kepada guru.
9.        Siswa memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya. Siswa yang memberikan tanggapan harus menyerahkan talking coupon kepada guru (siswa yang kuponnya telah diserahkan tidak dapat menanggapi hasil presentasi).
60 menit







Penutup








1.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan perbandingan
2.     Melaksanakan postes terkait perbandingan
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
5.     Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:
Buku siswa halaman 10 – 11 nomor 1 dan 2


Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Guru mengaitkan materi  yang diajarkan dengan kehidupan nyata
4.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan

10 menit
Inti
1.  Peserta didik dibagi kedalam empat kelompok, setiap kelompok mendapatkan satu lembar kerja siswa dan kupon sejumlah anggota kelompok. Guru menjelaskan bahwa kupon digunakan untuk presentasi maupun menanggapi. Siswa yang akan presentasi maupun menanggapi harus menyerahkan talking coupon.
Mengamati
1.     Peserta didik mengamati permasalahan di kegiatan 1 yang ada dalam buku siswa halaman 14 gambar 5.5
Menanya
2.     Menanyakan informasi yang diketahui dari masalah pada kegiatan 1 yang dapat digunakan untuk melengkapi kegiatan 1.
Mengeksplorasi
3.     Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk melengkapi kegiatan 1 mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, yaitu siswa diminta untuk menentukan  bagaimana menentukan dua besaran yang memiliki satuan yang berbeda.
Mengasosiasi
4.     Peserta didik menyimpulkan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda yang terdapat dalam buku Siswa.
Mengomunikasi
5.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
6.     Siswa memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
90 menit







Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda
5.     Melaksanakan postes terkait tentang perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda
6.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8.     Guru memberikan tugas
20 menit

Penugasan:
Sebuah mobil memerlukan 4 liter bensin untuk menempuh jarak 72 km. Berapa jarak yang ditempuh mobil tersebut jika menghabiskan 48 liter bensin




E.     Penilaian

1.         Teknik Penilaian
a.   Kompetensi Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.   Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

c.    Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes Tertulis
 Uraian
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

d.   Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Projek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda

Carilah kegiatan di sekitar kalian yang berkaitan dengan aritmetika sosial.

Di luar PBM selama satu minggu
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                                           Ungaran, 3 Januari 2018
Kepala SMP N 3 Ungaran,                                   Guru Mapel Matematika,



Dra. Tatik Arlinawati, M.Pd.                                Amir Fahrudi
NIP. 196605031990032009                                 NIP. 197204231998021001


untuk lampiran lengkapnya anda bisa download "RPP Perbandingan bagian 1 kurikulum 2013"
Semoga bermanfaat dan terimakasih