RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat skenario yang di buat oleh guru yang berisi langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi tertentu. Penyusunan RPP mata pelajaran matematika harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, pemilihan model yang tepat yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan akan sangat membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran jigsaw adalah salah satu model yang menekankan pembelajaran berbasis kelompok yang bersifat kooperatif. penyusunan RPP model jigsaw harus mengedepankan langkah langkah pokok model pembelajaran jigsaw. Bapak ibu ada yang sedang membuat PTK model Jigsaw berikut saya bagikan RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Siklus 2
Nama Sekolah : SMPN
4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
5. Mamahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok,
prisma dan limas.
Indikator :
menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (2 pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Siklus kedua
Peserta didik
dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan
limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Bangun ruang sisi datar
Menemukan dan menghitung
volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
C. Metode Pembelajaran
Metode : ceramah , tanya jawab
Model : Pembelajarankooperatif model Jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan.
Ø
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
:
1.
Guru
meminta siswa berdoa dan mengucapkan salam
2.
guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.
guru
menyampaikan apersepsi materi
4.
memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disajikan.
5.
Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
1. Siswa dibagi 6 kelompok yang heterogen.
2. Masing masing kelompok asal diberi tugas
berupa 4 permasalahan matematika,
masing-masing anggota kelompok asal
mendapat satu materi, yaitu materi volume kubus,volume balok,
volume prisma, volume limas.. Anggota kelompok yang mendapatkan
materi volume kubus disebut ahli kubus, anggota kelompok yang mendapat materi
volume balok disebut ahli balok, anggota kelompok yang mendapatkan materi
volume prisma disebut ahli prisma,
anggota kelompok yang mendapatkan materi volume limas segi disebut ahli
limas.
3.
Kemudian masing-masing ahli kubus berkumpul menjadi
satu kelompok disebut kelompok
ahli kubus. Masing-masing ahli balok berkumpul menjadi satu kelompok disebut
kelompok ahli balok. Masing masing ahli prisma berkumpul menjadi satu
kelompok disebut kelompok ahli prisma, masing-masing ahli limas berkumpul
menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli limas.
4.
masing masing
kelompok ahli yang beranggotakan 6 siswa mendiskusikan materi masing masing.
5.
Masing-masing siswa dari kelompok ahli kembali ke kelompok
asalnya untuk
menjelaskan kepada
teman di kelompok asalnya tentang materi yang didiskusikan ketika di kelompok ahli.
6.
Masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil
kerja
dari kelompoknya, dan ditanggapi oleh kelompok
yang lain.
7.
Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan.
8.
Penguatan dan kesimpulan secara bersama-sama.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
1.
Siswa
dibantu guru melakukan refleksi pembelajaran
2.
Siswa
diberikan angket motivasi siswa untuk diisi
3.
Siswa membuat
rangkuman subbab
yang
telah dipelajari, dan
siswa diberikan pekerjaan rumah.
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
:
a.
Guru member salam dan memeriksa
kebersihan ruang belajar.
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dari materi ini.
c.
Guru meminta siswa
untuk persiapan mengikuti evaluasi.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
1.
Guru melakukan evaluasi proses
terhadap kegiatan siswa tentang menghitung
luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
2.
Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.
|
60
menit
|
3.
|
Penutup
1.
Siswa dan guru melakukan refleksi
tentang hasil evaluasi.
2.
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa hasil evaluasi apabila masih memperoleh nilai di bawah KKM
akan diadakan remidi).
|
10 menit
|
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Lembar
Kerja Siswa
Alat :
-
Peraga bangun ruang
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menghitung volume
kubus, balok, prisma, limas.
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
|
· Iwan membuat penampungan
air berbentuk
kubus dengan ukuran rusuk 0,5 m. tentukan Volume panampungan
air Iwan !
· Ukuran sebuah batu bata adalah
10 cm 12 cm 25 cm. Berapa banyak batu bata
yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1,75 m, tebal
12 cm, dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen).
· Suatu limas tegak
sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8
cm maka tentukan volume limas
· Alas
prisma berbentuk
belah ketupat
dengan panjang diagonal 18 cm dan 24 cm. Bila tinggi prisma
20 cm, tentukan volume prisma!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Marko, S.Pd
NIP. 19630716 1984051 001
|
Karangrayung 13 Februari 2017
Guru Mapel Matematika.
Eko Suseno, S.Pd
NIP 19850113 200902 1 003
|
RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.