Friday, February 9, 2018

RPP Garis singgung Lingkaran Kurikulum 2013

RPP Garis singgung Lingkaran Kurikulum 2013

RPP Garis singgung Lingkaran Kurikulum 2013

Setelah 3 tahun terakhir materi garis singgung lingkaran menghilang pada soal soal ujian nasional dikarenakan materi ini tidak termasuk dalam irisan kurikulum 2006 dan 2013, Tahun 2016 yang merupakan revisi dari kurikulu 2013 terbaru kembali memunculkan materi ini pada kelas 8 semester 2. Oleh karena itu kita sebagai pendidik harus mengajarkan kembali dan menyusun RPP garis singgung lingkaran kurikulum 2013 dengan sebaik baiknya.

Tujuan utama yang hendak dicapai dalam Rpp garis singgung lingkaran kurikulum 2013 ini ada 3 hal untuk aspek pengetahuan atau K3 yaitu 
1.      Peserta didik dapat mengenal Garis Singgung Lingkaran
2.      Peserta didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3.      Peserta didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran

Sedangkan tujuan Rpp garis singgung lingkaran kurikulum 2013 pada aspek keterampilan atau K4 adalah Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.

Rpp garis singgung lingkaran ini di susun untuk 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 5 jam pelajaran. Untuk lebih jelasnya mari kita tinjau saja RPP berikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :    SMP Negeri 1 Purwodadi
                                       Mata Pelajaran         :     Matematika 
                                       Kelas/Semester         :     VIII (delapan)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu         :     5 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti

KI 1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
1. Mengenal Garis Singgung Lingkaran
2. Menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3. Menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.      Peserta didik dapat mengenal Garis Singgung Lingkaran
2.      Peserta didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3.      Peserta didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
Pertemuan kedua :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.

Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab

D. Materi Pembelajaran
v  Garis Singgung Lingkaran
v  Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
v  Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua                         : Model Pembelajaran Kooperatif

F.  Media dan Bahan
1.      Media              :  Media audiovisual yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
2.      Bahan              :  Bahan yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar            : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit
Pertemuan kedua (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru membahas PR
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dengan tanya jawab
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran secara umum

Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.

Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.

Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.

Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
100 menit
Penutup
1.      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
2.      Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.      Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
4.      Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.      Guru memberikan PR.
6.      Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

I.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
b.      Sikap Sosial
                                            i.      Teknik Penilaian       : Observasi
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Lembar Observasi
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
c.       Kompetensi Pengetahuan
                                            i.      Teknik Penilaian       : Tertulis
                                          ii.      Bentuk Instrumen    : Uraian
                                        iii.      Contoh Instrumen    : (terlampir)
d.      Kompetensi Keterampilan
                                            i.      Teknik Penilaian       :  Tugas Individu
                                          ii.      Bentuk Instrumen    :  Masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
                                        iii.      Contoh Instrumen    :  (terlampir)

2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.


3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi



Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002

Purwodadi,  3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran



Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001

Bagaimana menurut anda? RPP garis singgung lingkaran ini sudah cocok dengan kondisi pembelajaran anda atau belum? Jika anda merasa RPP garis singgung lingkaran kurikulum 2013 ini sudah sesuai dengan kondisi pembelajaran anda maka silakan terapkan. 


Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment