RPP Garis singgung Lingkaran Kurikulum 2013
Setelah 3 tahun terakhir materi garis singgung lingkaran menghilang pada soal soal ujian nasional dikarenakan materi ini tidak termasuk dalam irisan kurikulum 2006 dan 2013, Tahun 2016 yang merupakan revisi dari kurikulu 2013 terbaru kembali memunculkan materi ini pada kelas 8 semester 2. Oleh karena itu kita sebagai pendidik harus mengajarkan kembali dan menyusun RPP garis singgung lingkaran kurikulum 2013 dengan sebaik baiknya.
Tujuan utama yang hendak dicapai dalam Rpp garis singgung lingkaran kurikulum 2013 ini ada 3 hal untuk aspek pengetahuan atau K3 yaitu
1.
Peserta
didik dapat mengenal Garis Singgung Lingkaran
2.
Peserta
didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3.
Peserta
didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
Sedangkan tujuan Rpp garis singgung lingkaran kurikulum 2013 pada aspek keterampilan atau K4 adalah Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
Rpp garis singgung lingkaran ini di susun untuk 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 5 jam pelajaran. Untuk lebih jelasnya mari kita tinjau saja RPP berikut.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri
1 Purwodadi
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII
(delapan)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 5 jam pelajaran
(2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.9 Menjelaskan garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara
melukisnya
|
1. Mengenal
Garis Singgung Lingkaran
2.
Menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3.
Menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
|
4.9 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.
Peserta
didik dapat mengenal Garis Singgung Lingkaran
2.
Peserta
didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
3.
Peserta
didik dapat menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
Pertemuan kedua :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
Fokus Penguatan Karakter :
Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
v Garis Singgung Lingkaran
v Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
v
Garis Singgung Persekutuan
Dalam Dua Lingkaran
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua :
Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1. Media : Media
audiovisual yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
2. Bahan : Bahan
yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
G. Sumber Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru,
buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (3 jam
pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi garis
singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua
lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan garis singgung lingkaran,
garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan
dalam dua lingkaran.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan garis singgung lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua
lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan garis singgung
lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung
persekutuan dalam dua lingkaran.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan garis singgung lingkaran, garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam
dua lingkaran.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan garis singgung lingkaran,
garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan
dalam dua lingkaran.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan garis singgung
lingkaran, garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung
persekutuan dalam dua lingkaran.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait garis singgung lingkaran, garis singgung
persekutuan luar dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan dalam dua
lingkaran.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2 jam
pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak
peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru membahas PR
3.
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran dengan tanya jawab
4.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
5.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK
dengan cara diskusi kelompok
6.
Guru menyampaikan lingkup
penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua
lingkaran.
4.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk
membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang
dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan
luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing
kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran.
7.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan
kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
9.
Perserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
Mengkomunikasikan
10.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua
lingkaran.
11.
Peserta didik yang lain dan
guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran.
2.
Guru bersama dengan peserta
didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan
cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3.
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
4.
Guru memberikan umpan balik
peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.
Guru memberikan PR.
6.
Guru memberikan kegiatan
belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a.
Sikap Spiritual
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
b.
Sikap Sosial
i.
Teknik
Penilaian : Observasi
ii.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
c.
Kompetensi Pengetahuan
i.
Teknik
Penilaian : Tertulis
ii.
Bentuk
Instrumen : Uraian
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
d.
Kompetensi Keterampilan
i.
Teknik
Penilaian : Tugas Individu
ii.
Bentuk
Instrumen : Masalah yang berkaitan dengan garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
iii.
Contoh
Instrumen : (terlampir)
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta
didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik
yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1 001
|
Bagaimana menurut anda? RPP garis singgung lingkaran ini sudah cocok dengan kondisi pembelajaran anda atau belum? Jika anda merasa RPP garis singgung lingkaran kurikulum 2013 ini sudah sesuai dengan kondisi pembelajaran anda maka silakan terapkan.
Silakan unduh RPP garis singgung lingkaran kurikulum 2013 dan terapkan
Semoga artikel ini bermanfaat.