Wednesday, March 7, 2018

cara menghitung premi asuransi mobil (aritmatika sosial)

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil (Aritmatika Sosial)


Sobat Matematika yang tercinta kali ini kita akan belajar aritmatika sosial yang berhubungan dengan bagaimana menghitung besaran premi asuransi mobil. Sebelum kita bahas panjang lebar sebagai pengetahuan tambahan kami akan berikan gambaran apa sih asuransi mobil dan perusahaan perusahaan asuransi satu dengan yang lain serta perbandingan besaran dan perlindungan asuransinya.

Anda sedang membeli mobil baru? Sudah di asuransikan belum? Mengasuransikan mobil sangat penting buat kita dan banyak sekali manfaatnya. Coba bayangkan jika anda baru sebulan beli mobil tiba tiba di curi orang atau terjadi kecelakaan sampai mobil ringsek. Siapa yang dapat menolong? Tentunya asuransi mobil bukan?.
 cara menghitung premi asuransi mobil
Mungkin anda belum tahu yang sebenarnya apa sih fungsi asuransi mobil dan bagaimana hitung hitungannya secara matematika sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penting sekali tahu bagaimana cara menghitung premi  asuransi mobil  agar kamu kamu tidak mudah tertipu oknum yang mau mengeruk keuntungan sendiri dengan iming iming yang selangit. Nih kami bagikan cara menghitung premi asuransi mobil buat kalian yang belum paham.

Besaran premi asuransi mobil oleh  Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan SE No. 21/SEOJK.05/2015 Sydah diatur secara jelas. Oleh karena itu kalian juga harus baca dulu tuh isi dari SE tersebut. Semua itu agar kalian tidak di bohongi dengan macam macam biaya lain lain yang tak jelas.

Ada dua jenis asuransi mobil   di indonesia yang paling populer yaitu  Total Lost Only atau biasa dikenal TLO  dan All Risk/Comprehensive.  Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan. Mana yang bagus untuk dipilih? Ya tergantung dari kemampuan kalian.  Yang jelas kedua asuransi mobil itu memiliki jangkauan perlindungan yang tak sama maka harganya pun tak sama pula.

Misalkan asuransi mobil tipe 1 yaitu TLO

Jangkauan perlindungan

1. Kendaraan rusak parah melebihi 70% kerusakan atau mungkin sudah tidak mungkin di perbaiki kembali.

2.  Kendaraan atau mobil yang di curi



Kalian yang membeli mobil non cas atau lazim disebut kredit biasanya tak perlu mendaftarkan asuransi TLO ini. Pihak leasing sudah mengasuransikannya dan anda membayarnya bersamaan dengan DP atau angsuran 1. Yah mereka juga ingin berjaga jaga agar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan. Dan melindungi konsumen tentunya. Nah jika kalian kredit satu taun maka besaran premi asuransi yang kalian bayar juga akan lebih murah dibandingkan dengan kredit selama 4 tahun.



Asuransi tipe kedua all risk/comprehensive
Jangkauan perlindungan
1.     Kerusakan ringan, lecet, atau kesrempet pohon atau mobil lain atau kendaraan lain atau kerusakan onderdil ringan misal lampu bamper cat dll tetap di tanggung all risk

2.     Kendaraan rusak berat

Jadi perlindungan asuransi mobil tipe dua lebih luas namun biayanya juga lebih mahal. Ya pepatah mengatakan ada rupa ada harga. Semakin baik perlindungannya semakin mahal pula harga premi asuransi mobil yang perlu dibayarkan. Apa lagi kendaraan yang berumur atau tuwa akan semakin mahal. Logikanya semakin tua semakin banyak peluang rusaknya. Biasanya besaran premi mobil diatas 5 tahun adalah minimal 5 % dari harga nominal mobil.

Besaran premi asuransi mobil juga berbeda satu daerah dengan daerah yang lain. Mengapa demikian? Tentunya hal tersebut berkaitan dengan harga jual mobil tiap daerah tidak sama. Daerah dengan harga jual mobil mahal atau diatas daerah ata rata maka besaran premi asuransi mobilnya juga akan lebih besar.

Yuk mari belajar berhitung besaran premi asuransi dari dua perusahaan besar diatas.

Perhatikan Kasus.
Andaikan kamu membeli sebuah mobil keluarga di semarang sebesar 180 juta . hitung besaran premi asuransi mobilmu jika

a.      perusahaan  TLO  sesuai SE tadi  besaran premi asuransi TLO pada mobil dengan harga  Rp125 juta hingga Rp200 juta di semarang  adalah 0,44 - 0,53 persen. Kemudian Diler tempatmu membeli mobil menggunakan takaran premi asuransi mobilmu sebesar  0,50 %.  
b.     premi asuransi all risk untuk harga mobil Rp180 juta di wilayah Semarang adalah 2,47-2,72 persen. diler menetapkan premi asuransi sebesar 2 %

jawab

a, jika di TLO Besar premi asuransi mobilmu  =  0,50 /100 x Rp180.000.000,00 = Rp 900.000,00/tahun

Jika mobilmu tiba tiba terjadi kecelakaan sampai rusak parah maka pihak asuransi akan memberimu ganti kerugian seharga mobilmu tadi Rp 180.000.000,00. Nah batasan perlindungan asuransi TLO hanya 1 tahun. Karena semakin berumur mobilmu semakin tua semakin harganya turun maka besaran premi asuransi mobilmu tiap tahunnya akan semakin mengecil.


b.   Premi asuransi all riski all risk = 2/100 x .180.000.000 = 3.600.000/tahun
Lebih mahal bukan namun jangkauan perlindungannya lebih luas.


Demikian artikel tentang bagaimana menghitung premi asuransi mobil kamu. Semoga bermanfaat


Baca Juga

 TRIK CEPAT SELESAIKAN SOAL DISKON HARGA PEMBELIAN


No comments:

Post a Comment