-->

KESEBANGUNAN TRAPESIUM YANG ISTIMEWA

KESEBANGUNAN TRAPESIUM YANG ISTIMEWA


Anda pernah dibuat bingung dengan soal kesebangunan trapesium yang istimewa?. Istimewa di sini maksudnya adalah anda mengira bahwa soal ini pasti ada yang kurang angkanya atau bisa dikatakan soal ini pasti yang buat lupa untuk memberi angka pada salah satu sisi trapesiumnya. Banyak orang berpendapat bahwa soal ini tak lazim seperti halnya yang biasa. Saya pun awalnya berpendapat demikian namun ternyata soal ini memang sudah benar dan tetap dapat diselesaikan dengan cara yang benar pula.

Kira kira soalnya kesebangunan trapesium yang istimewa tersebut seperti ini.
Perhatikan gambar berikut! 

Diketahui panjang CD = 12 cm, sedangkan 
AE : AD = 5 : 9, maka panjang AB adalah ….
A.  46,50 cm
B.  34,40 cm
C.  22,35 cm
D.  18,75 cm

Biasanya soal di atas panjang EF nya diketahui maka baru bisa cari panjang AB, atau DC dan AB ada baru diminta mencari EF namun soal ini agag aneh tak ada EF dan tak ada AB. Ternyata eh ternyata soal ini memang dirancang untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam mengembangkan pemikiran kritis dan analitis.
Lalu bagaimana cara menyelesaikannya
AE : AD = 5 : 9 maka AE : ED = 5 : 4
Perhatikan trapesium EFCD dan Trapesium EABF kan sebangun maka EF bisa dicari dengan perbandingan
ED/ED= DC/EF
4/5 = 12/x maka nilai x = 12 x 5 /4 = 15 cm

karena EF sudah ketemu langkah selanjutnya mencari AB dengan perbandingan
ED/EA = EF/ AB
4/5 = 15/y  maka y = 15 x 5/4 = 75/4 = 18,75 cm nah tuh ketemu juga kan?

Untuk menyelesaikan soal kesebangunan istimewa dengan rumus cerdas maka bisa gunakan konsep ini

KESEBAGUNGAN TRAPESIUM YANG ISTIMEWA

Mudah bukan, rumus ini kami kembangkan untuk membantu mempercepat peyelesaian soal soal kesebangunan trapesium yang istimewa tersebut. Jangan khawatir ini rumus baku dan dapat diterapkan dan akan menghasilkan jawaban yang tepat karena memang rumus ini diturunkan dengan logika dan analogi matematika yang benar.

Jika anda menginginkan beberapa tipe soal sulit untuk dicarikan rumus cerdasnya anda bisa mengkonsultasikan nya pada blog ini. dengan senang hati kami akan membantu saudara demi meningkatkan kualitas pendidikan indonesia. 

Demikian artiket singkat tentang kesebangunan trapesium yang istimewa ini semoga bermanfaat ya untuk kita semua. Jangan lupa ikuti trus blog ini. 









LihatTutupKomentar