Saturday, March 3, 2018

Panduan penyusunan USBN 2018

Panduan penyusunan USBN 2018

Panduan penyusunan USBN 2018
Kali ini kita akan bagikan kepada anda panduan penyusunan Ujian Sekolah Berstandar Nasional  2018. Mengapa kita harus memiliki panduan penyusunan USBN 2018? Istilah USBN baru pertama kali muncul pada setahun yang lalu yaitu tahun pelajaran 2016/2017. USBN digunakan untuk memberikan standar yang sama antara pembuat soal dari berbagai wilayah.

Standar nasional diberikan untuk memberikan jaminan kesetaraan atau standarisasi soal ujian sekolah. Sehingga memberikan jaminan soal yang baik. Dulu pertama kali muncul istilah USBN hanya pada tiga mata pelajaran yaitu PKn , Pendidikan agama dan budi pekerti serta Ilmu pengetahuan sosial. 

Itupun biasanya di buat bersama oleh tim MKKS kabupaten. Kegiatan USBN tahun 2017 dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan ujian sekolah mata pelajaran lain seperti matematika, baha indonesia, bahasa inggris, Ipa, sbk, TIK dan mulok daerah.

Sedangkan untuk sekarang ini kegiatan USBN 2018 dilaksanakan pada semua mata pelajaran, baik agama, PKn, Bahasa indonesia, Matematika, bahasa inggris, IPA, IPS, SBK, TIK, dll. Jadi nanti 2018 kegiatan ujiannya hanya kegiatan uSBN 2018 dan UN 2018. 

Maka untuk mempersiapkan diri menjelang kegiatan USBN 2018 maka kita harus mempelajari panduan penyusunan USBN 2018.

Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan instrumen penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan menyusun panduan pengembangan instrumen penilaian khususnya  untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Seperti telah diketahui sejak tahun pelajaran 2016/2017, ujian satuan pendidikan pada beberapa mata pelajaran  ditingkatkan menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang  SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan pada jenjang SD/MI USBN baru diterapkan  pada tahun pelajaran 2017/2018. Penyusunan soal USBN berdasarkan kisi-kisi  yang ditetapkan BSNP. Pada beberapa mata pelajaran, 20% - 25% soal USBN  berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun  oleh pendidik yang selanjutnya dikonsolidasikan di KKG/MGMP. 

Panduan penyusunan USBN 2018 ini berisi teknik penyusunan indikator soal, penyusunan soal tes tertulis dan  penyusunan soal tes praktik. Karena saat ini bentuk soal USBN pada tes tertulis  terdiri atas pilihan ganda dan uraian, fokus panduan ini adalah pada penyusunan kedua bentuk soal tersebut, meskipun terdapat berbagai bentuk soal tertulis lainnya.

anda bisa mendownload panduan penyusunan USBN 2018 pada link dibawah ini


Demikian artikel tentang panduan penyusunan USBN 2018. Terimakasih




No comments:

Post a Comment