Wednesday, April 18, 2018

UN SMA 2018 SULIT BIKIN NANGIS, UN SMP?

UN SMA 2018 SULIT BIKIN NANGIS, UN SMP?

UN SMA 2018 SULIT


Ujian nasional atau UN SMA 2018 telah dilaksanakan minggu lalu, dan masih menjadi perdebatan panjang mengenai sulitnya soal soal UN mata pelajaran matematika. "UN SMA 2018 sulit bang bikin nagis aja" demikian keluhan siswa siswa kita.

Banyak sekali siswa yang mengeluhkan sulitnya soal Ujian nasional 2018, mereka mengekspresikannya dengan banyak media salah satunya di jejaring sosial. 

Menteri pendidikan pun angkat bicara menanggapi keluhan siswa tersebut, dia menghargai respon peserta didik SMA yang mulai kreatif dalam menyampaikan pendapat atau gagasan secara santun dan etika yang baik di jejaring sosial tentang keluhan sulitnya soal UN.

Menurut beliau bapak menteri pendidikan Muhajir Effendi, memang soal soal ujian nasional era sekarang sedang di arahkan atau tepanya di sesuaikan dengan standar internasional dalam hal ini sesuai standar PISA  (Program for Student International Assesment). Soal soal yang dibuat ditujukan untuk mengukur penalaran siswa atau biasa dikenal dengan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). 

Keterampilan bernalar penting di kembangkan dan harusnya di kuasai oleh siswa siswa indonesia, pemahaman akan konsep kegiatan analisis permasalahan matematika hingga melakukan sintesis dan akhirnya mengevaluasi masalah tertentu akan menjadi dasar dalam keberhasilan seseorang di masa depan. Itu yang di harapkan dari munculnya soal soal penalaran atau HOTS. 

Proporsi soal hot pada seiap jenjang baik SMA maupun SMP adalah 10% atau 4 dari 40 butir soal yang diujikan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa soal soal itu kadang muncul lebih dari itu. Berdasarkan pengamatan soal soal UNBK 2018 SMA kemarin soal soal yang keluar, yang menyulitkan tak hanya soal HOTSnya saja namun juga banyak sekali varian soal yang sama sekali baru meskipun tidak tergolong soal HOTS namun karena sesuatu yang baru jadinya menyulitkan siswa.

Soal soal penalaran tersebut berdasarkan keterangan dari pak menteri pendidikan di tujukan agar sekolah sekolah tak terjebak dengan drilling soal ujian yang selama ini menjadi  andalan sekolah dalam menghadapi ujian nasional. Jadi menurut beliau sudah saatnya sekolah melaksanakan pembelajaran yang mengedepankan pemahaman konsep sehingga bisa meningkat sampai level bernalar.

UN SMA 2018 sulit bikin nagis, UN SMP? 

menurut anda bagaimana  dengan statement di atas? kira kira UN minggu depam tanggal 23-26 april 2018  nanti bagaimana?

Ya tepat sesuai dengan apa yang anda bayangkan. Jika kita lihat dan dengar aa yang dikatakan Pak menteri seperti di atas maka sudah barang tentu Ujian nasional SMP 2018 juga akan demikian? karena apa? soal soal itu sudah di buat jauh hari sebelum protes sana sini seperti sekarang. Jadi tak mungkin akan di ubah.

Jadi apa yang harus kita lakukan sebagai seorang pendidik menghadapi realita diatas?
menurut saya langkah pertama yang harus kita lakukan adalah informasikan kepada siswa kita tentang kharakter soal soal HOTS yang nanti menghiasi butir butir soal UN. Tenangkan anak, agar jangan terlalu stress dalam menghadapi soal soal HOTS, kan soal Hots belum tentu sulit. langkah selanjutnya mumpung masih ada waktu minta anak perbanyak berlatih soal soal hots, kalau siswa banyak berlatih soal hots maka dalam menghadapi soal hots pun tidak akan menjadi masalah.

Menyiapkan anak dengan sebaik baiknya dalam menghadapi ujian nasional setidaknya akan jauh menenangkan, santai saja kan kita sudah belajar keras jadi apapun yang terjadi itulah yang harus kita hadapi.

UN SMA 2018 Bikin Nagis , UN SMP? jawabnya  tenang saja masih ada Allah yang akan bantu hamba hambanya yang sudah berusaha keras dalam mempersiapkannnya. 

Jangan pernah jadikan ujian nasional ini menjadikan beban hidup, ini kan untuk mengukur kemampuan kita, so apapun nilainya ya itu kemampuan kita. Toh tak ada standar lulus tidaknya bukan? namun jangan pula di jadikan perkara enteng ya!

Oke semoha UN SMP 23 - 26 april nanti di mudahkan. Amin!!



No comments:

Post a Comment