-->

ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN SMP LENGKAP 2018

ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN SMP LENGKAP 2018


Mengelola perpustakaan memang tak semudah yang dibayangkan, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan antara lain, sarana prasarana perputakaan, penataan ruang dan sarana perpustakaan, mengelola kenyamanan perpustakaan dan mempersiapkan administrasi perpustakaan. Oleh karena itu kami hendak membagikan kepada anda apa saja administrasi perpustakaan SMP lengkap 2018.

Kami memang sengaja membagikan administrasi perpustakaan SMP lengkap 2018 karena kebetulan sekolah kami juga sedang berbenah untuk melakukan pengelolaan perpustakaan secara benar selain itu juga untuk kebutuhan akreditasi sekolah tahun 2018 ini.

pembuatan administrasi perpustakaan bertujuan untuk menginventarisir seluruh aset dan kegiatan yang berhubungan dengan perpustakaan. Aset misalkan tentang jumlah buku masing masing judul buku, bangunan, perlengkapan perpustakaan seperti kipas angin meja peralatan dan sebagainya yang tergolong dalam sarana perpustakaan. inventaris tentang kegiatan misalkan tentang jumlah kunjungan, buku kunjungan, kartu kunjungan, laporan bulan, laporan tahun, daftar perawatan koleksi, rencana pengadaan koleksi dan sebagainya.

Sangat penting untuk menjadikan setiap aset perpustakaan dan kegiatan perpustakaan untuk dilakukan pencatatan karena ini adalah simbol pelaksanaan kegiatan perpustakaan. Jika anda sebagai pengurus perpustakaan atau anda adalah kepala perpustakaan maka sudah menjadi keharusan bagi anda untuk mengurus administrasi perpustakaan. Anda harus tahu apa yang di butuhkan perpustakaan, apa yang harus ada pada perpustakaan agar pelayanan perpustakaan untuk peserta didik menjadi lebih baik, bagaimana efektifitas perpustakaan terhadap kehidupan belajar siswa karena ,memang fungsi perputakaan tidak sekedar sebagai tempat untuk membaca namun jauh lebih dari itu perpustakaan adalah sumber belajar siswa. Apalagi jika anda melakukan digitalisasi perpustakaan maka akan semakin membuat peserta didik untuk terbiasa menjadikan perpustakaan sebagai ladang ilmu pengetahuan dan bersemangat disana, dengan koleksi perpustakaan yang memadai, sarana yang lengkap, lingkungan yang bersih, penataan ruang dan buku yang mudah di akses oleh peserta didik.

Sebagai tempat dan sumber belajar maka sudah selayaknya kita menjaga dan senantiasa meningkatkan performa pelayanan kita untuk peserta didik kita. Kita tingkatkan pelan pelan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran sekolah. Dengan adanya administrasi perpustakaan yang lengkap maka dengan mudah kita bisa memulai melakukan pembenahan demi pembenahan dengan tujuan akhir memberikan pelayanan perpustakaan yang memenuhi minimal standar bahkan lebih dari itu.



Administrasi perpustakaan SMP antara lain  adalah sebagai berikut.
1. Administrasi perawatan buku
segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan perawatan buku harus anda catat dalam administrasi perawatan buku.
 bentuk format administrasi perawatan Buku bisa anda lihat seperti pada format dibawah ini atau anda bisa unduh di Administrasi perpustakaan SMP lengkap 2018 pada bagian bawah artikel


KOP SEKOLAH

FORMAT ADMINISTRASI PERAWATAN KOLEKSI
PERPUSTAKAAN SMP ....
rNO
KEGIATAN
VOLUME
JENIS BARANG
KETERANGAN
1




2




3




4







2. Buku Induk perpustakaan
ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN SMP LENGKAP 2018
buku induk perpustakaan

bentuk format administrasi perpustakaan SMP buku induk perpustakaan adalah sebagai berikut!
Buku induk perputakaan adalah buku utama sebagai buku catatan kondisi perbukuan dari awal masuk. Setiap buku yang sudah dibeli atau sudah rusak harus tercatat di dalam buku induk perpustakaan. Jadi jumlah buku, kondisi buku dan profil buku semuanya dapat anda carikan informasinya pada buku induk. silakan anda download  pada bagian bawah artikel.

3. Buku kunjungan harian perpustakaan
Setiap hari semua pengunjung perpustakaan sekolah harus tercatat, baik itu guru, siswa dan bahkan umum.  keterangan yang ada pada format buku kunjungan seharusnya bisa menggambarkan , hari, tanggal , nama, kelas/guru/umum, keperluan dan keterangan. 
perhatikan format buku kunjungan harian perpustakaan
ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN SMP LENGKAP 2018
4. Buku kunjungan Kelas
Dalam rangka  menggalakan kegiatan pembiasaan literasi sekolah, biasanya setiap sekolah memberikan jadwal tiap kelas untuk wajib kunjung perpustakaan dan menyusun laporan literasi sekolah. Oleh karena itu pengelola perpustakaan harus juga menyediakan khusus buku kunjungan kelas. Anda bisa melihat format kunjungan kelas seperti gambar berikut ini.

ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN SMP LENGKAP 2018


Masih banyak lagi administrasi perpustakaan SMP lengkap 2018. silakan anda download semua filenya disini
Nah semua itu adalah administrasi perpustakaan SMP lengkap 2018. Semoga bermanfaat


LihatTutupKomentar