-->

Bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT

Bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT


Kali ini kita akan berbagi salah satu komponen penting dalam penyusunan bukti fisik akreditasi  yaitu RKJM dan RKT. Apa itu RKJM dan apa pula itu RKT akan kita bahas hari ini. Pemenuhan bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT adalah bertujuan untuk melengkapi administrasi standar pengelolaaan atau standar ke 6. 

RKJM adalah kependekan dari rencana kerja jangka menengah. RKJM merupakan seperangkat rencana atau program kegiatan yang akan dilaksanakan sekolah dengan tempo tujuan selama empat tahun kedepan. 
Bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT

Sedangkan RKT atau kependekan dari rencana kerja tahunan adalah rincian RKJM dalam tempo waktu pertahun. Jadi secara garis besar RKJM di bagi kedalam 4 RKT. Tujuan yang di uraikan RKJM akan dilaksanakan secara bertahap yang di realisasikan dalam rencana kerja tahunan.

Baik RKJM maupun RKT berisikan sasaran atau target realistis sekolah untuk melakukan pemenuhan standar nasional pendidikan. Baik dari standar isi, proses, GTK, kelulusan, standar sarpras, pengelolaan , pembiayaan dan standar penilian. Jika semua standar sudah memenuhi SNP maka sekolah bisa menetapkan atau mengembangkan standar baru barbasis internasional.

Dalam membuat capaian sasaran pada RKJM dan RKT harus memperhatikan daya dukung sekolah. Jadi setiap sekolah harus melakukan analisis kelebihan dan kelemahan sekolah atau lazim di sebut analisis SWORD. Analisis Sword ini muncul dari hasil evaluasi diri sekolah. 

Jadi dalam menyusun bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT tidak boleh meninggalkan pokok pentingnya yakni laporan evaluasi diri sekolah atau EDS.  Laporan EDS saat ini sudah disediakan aplikasi web yang dikembangkan oleh pemerintah atau dirjen pembinaan sekolah dan madrasah yaitu rapor mutu PMP. Jika anda setiap tahun mengisi PMP berarti anda sudah secara otomatis memiliki berkas evaluasi diri sekolah. Anda tinggal cetak sebagai bahan pendukung bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT.

Proses penyusunan bukti akreditasi RKJM dan RKT harus melibatkan langkah langkah perumusan penetapan , pengesahan dan sosialisasi. 

berkas bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT pada tahap perumusan adalah sebagai berikut.

silakan anda unduh berkas bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT berikut

Demikian artikel sederhana bukti fisik akreditasi RKJM dan RKT . semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar