SOAL DAN PEMBAHASAN UTL PPG 2018
UTL adalah kependekan dari ujian tulis lokal. Ujian ini menjadi syarat yang harus di tempuh oleh peserta sertifikasi profesi guru baik itu dari jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru maupun Pendidikan Profesi Guru . Soal ini biasanya di buat oleh penyelenggara kegiatan sertifikasi guru yakni universitas universitas yang telah diberikan perintah untuk melaksanakan kegiatan sertifikasi. Soal soal UTL kira kira apa? mungkin itu yang menjadi benak saudara. Anda termasuk beruntung hidup di jaman sekarang dimana akses untuk mendapatkan materi materi ujian apapun tersedia di internet salah satu nya juga yang akan kami bagikan kali ini yaitu soal dan pembahasan UTL PPG 2018.
Tanpa berlama lama silakan anda pantengin ini soaldan pembahasan UTL PPG 2018. Gunakan untuk belajar agar anda yang sedang melaksanakan kegiatan PPG lulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
LATIHAN
SOAL-SOAL UTL
1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk
….
a. Mengatasi masalah siswa
b. Berkolaborasi dengan guru lain
c. Berkembang secara professional
d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain
sebagai berikut, kecuali:
a. Siswa
b. Guru
c. Materi pelajaran
d. Hasil pembelajaran
e. Sekolah
3. PTK memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa
….
a. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
b. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
c. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
d. PTK adalah penelitian eksperimen
e. PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah
….
a. Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surakarta
dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b. Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan
Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Trigonometri di SMA
d. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.
e. Optimalisasi Pembelajaran Matematika dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan
merupakan rumusan masalah PTK adalah ….
a. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
b. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
c. Bagaimanakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis yang dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
d. Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Open Ended ditinjau dari kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok statistika di SMA Negeri 5 Cimahi ?
e. Apakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
6. Masalah yang diangkat sebagai masalah dalam PTK adalah masalah tersebut harus fleksible yang artinya
….
a. Bersifat nyata terjadi di kelas
b. Masalah tersebut dapat dipecahkan
c. Masalah tersebut perlu untuk dipecahkan
d. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
e. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan masalah pada PTK ditentukan berdasarkan………..
a. Perumusan hipotesis
b. Identifikasi masalah penelitian
c. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah
d. Kerangka berpikir penelitian
e. Rumusan masalah
8. Latar belakang masalah merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada bagian pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang masalah
adalah ….
a. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
b. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
c. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
d. Adanya masalah yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
e. Perumusan dan pemecahan masalah PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah
….
a. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
b. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
c. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
d. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
e. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya
….
a. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
b. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
c. Dapat dan mungkin dilaksanakan
d. Mudah dan dapat diukur
e. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari
….
a. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
b. Adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
c. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
d. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
e. Kemampuan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I intinya adalah identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada
tahap tersebut adalah ….
a. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
b. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
c. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Mengembangkan format evaluasi dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada proposal PTK adalah
….
a. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan atau keefektifan PTK yang dilakukan
b. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
c. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
d. Untuk melihat kinerja guru dalam mengelola kelas
e. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat
….
a. Identifikasi masalah PTK
b. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
c. Analisis masalah penelitian
d. Analisis alternative tindakan
e. Uraian sistematis tentang kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi antara lain ….
a. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
b. Menyiapkan media pembelajaran
c. Melakukan evaluasi tindakan pada tiap siklus
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
16. Di bawah ini adalah jenis-jenis
tunjangan yang diberikan kepada guru
kecuali ….
a. Profesi
b. Kusus
c. Fungsional
d. Anak/isteri
e. Maslahat tambahan
17. Di bawah ini yang bukan pembinaan dan
pengembangan karir guru adalah ….
a. Penugasan
b. Kompetensi
c. Promosi
d. Kenaikan pangkat
18. Seorang guru dapat diberi tugas
tambahan sebagai berikut, kecuali ….
a. Kepala sekolah
b. Wakil kepala sekolah
c. Kepala laboratorium
d. Kepala TU
19. Di bawah ini adalah tahap-tahap
dalam memwujudkan guru menjadi professional yaitu ….
a. Penyediaan guru berbasis sekolah
b. Program Induksi berbasis
pembelajaran
c. Profesionalisasi guru melalui
penugasan
d. Profesionalisasi guru berbasis
individu atau menjadi guru madani
20. Alur pengembangan guru dibagi
menjadi dua yaitu pengembangan ….
a. Karir dan profesi
b. Karir dan penugasan
c. Jabatan dan profesi
d. Kenaikan pangkat dan jabatan
21. Guru
berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, serta megevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Hal ini sesuai kode etik guru
yaitu hubungan guru dengan ….
a. Profesi
b. Peserta didik
c. Sekolah
d. pemerintah
22. Syarat kualifikasi menjadi guru
menurut UU No 14 Tahun 2005 adalah ….
a. S1/D4 Kependidikan
b. S1/D4 Non Kependidikan
c. S1/D4 Kependidikan dan Non
Kependidikan
d. S1/D4 + AKTA IV
23. Berikut ini adalah kegiatan yang
dapat untuk meningkatkan kompetensi guru yang dapat dilaksanakan di
sekolah/satuan pendidikan yaitu ….
a. Kursus singkat
b. Program magang
c. Inhouse Training ( IHT )
d. Pelatihan berjenjang
24. PKB guru dilaksanakan setiap ….
a. Setahun sekali
b. Akhir semester
c. Awal dan akhir semester
d. Awal dan akhir tahun pelajaran
25. Berikut ini adalah unsure-unsur
dalam PKB guru yang dinilai angka kreditnya , Kecuali ….
a. Pengembangan diri
b. Kenaikan pangkat
c. Publikasi Ilmiah
d. Karya Inovatif
26. Guru dituntut untuk memiliki tingkat
kompetensi yang lebih tinggi, meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian,
professional maupun social. Hal ini sesuai dengan ….
a. UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan
Dosen
b. Permeneg /RB No 16 Tahun 2009
c. Permendikbud No 54 Tahun 2013
d. Permendikbud No 65 Tahun 2013
27. Persyaratan angka kredit bagi guru
muda untuk menjadi guru Muda Tingkat I memerlukan kumulatif nilai sebesar ….
a. 200
b. 150
c. 100
d. 50
28. Seorang guru yang diberi tugas
tambahan sebagai kepala sekolah wajib mengajar sebanyak … jam tatap muka.
a. 12
b. 6
c. 18
d. 24
29. Pembinaan dan pengembangan kompetensi guru
dibedakan menjadi dua yaitu ….
a. Karir dan profesi
b. Karir dan jabatan
c. Yang sudah S1 dan Belum S1
d. Promosi dan penugasan
30. Berikut ini adalah pihak-pihak yang
wajib memberikan perlindungan terhadap hak-hak guru, kecuali ….
a/ komite sekolah
b. satuan pendidikan ( sekolah )
c. pemerintah
d. organisasi profesi
31. Selain melalui observasi, data
pembelajaran dapat dikumpulkan melalui cara-cara/hal-hal berikut, kecuali ….
a. Wawancara dengan orang tua
b. Catatan/laporan guru
c. Berbagai dokumen hasil belajar siswa
d. Wawancara dengan siswa
32. Analisis masalah dapat dilakukan
dengan cara berikut, kecuali ….
a. Mengajukan pertanyaan kepada diri
sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
b. Menanyakan pendapat siswa tentang
berbagai aspek pembelajaran
c. Menelaah berbagai dokumen yang
berkaitan dengan hasil belajar siswa
d. Membaca berbagai teori pembelajaran
33. Pengumpulan data dalam PTK dapat dilakukan
melalui prosedur berikut, kecuali ….
a. Observasi
b. Wawancara
c. Telaah dokumen
d. Studi banding
34. Pada laporan PTK, munculnya masalah
yang menyebabkan guru melaksanakan PTK dapat ditemui pada bagian ….
a. Pendahuluan
b. Latar belakang
c. Metodologi
d. Analisis data
35. Metode utama dalam penelitian
tindakan kelas adalah self –reflective inquiry, artinya metode yang digunakan
….
a. Bertumpu pada kemampuan guru
melakukan refleksi
b. Longgar tetapi tetap mengikuti
kaidah penelitian
c. Hanya observasi/kesan dari guru
d. Bervariasi asal sesuai kaidah
penelitian
36. Elemen perubahan pada kurikulum 2013
adalah ….
a. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Isi, Standar Proses, Standar Penilaian
b. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
PTK, Standar Proses, Standar Penilaian
c. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Isi, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Penilaian
d. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Isi, Standar Proses, Standar Pembiayaan
37. Perbedaan esensial kurikulum Tingkat
satuan Pendidikan dengan Kurikulum 2013 adalah ….
a. Standar Kompetensi Lulusan
diturunkan dari Standar Isi
b. Standar Kompetensi Lulusan
diturunkan dari Kebutuhan
c. Kompetensi diturunkan dari kebutuhan
d. Pemisahan antara mata pelajaran
pembentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan
38. Pengembangan kurikulum 2013 mencakup
berbagai kompetensi yaitu ….
a. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan dengan menekankan pada aspek sikap
b. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan dengan menekankan pada aspek pengetahuan
c. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan dengan menekankan pada aspek keterampilan
d. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan dengan menekankan pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
secara merata
39. Dalam kegiatan elaborasi, hal-hal
yang dilakukan oleh guru antara lain ….
a. Memberi umpan balik positif kepada
siswa
b. Mengumpulkan dan mengolah data
c. Menanggapi laporan atau pendapat
teman
d. Melakukan percobaan
40. Dalam pendekatan scientific, proses
pembelajaran yang dilakukan siswa setelah melakukan pengamatan adalah ….
a. Menanya
b. Mencoba
c. Mengolah
d. menyajikan
41. Penilaiian sumatif dalam PK guru dilaksanakan
pada ….
a. Awal tahun
b. Akhir tahun
c. Awal dan akhir tahun
d. Selama tahun berjalan
42. Perbedaan esensial KTSP dengan
kurikulum 2013 antara lain ….
a. Mata pelajaran tertentu mendukung
kompetensi tertentu
b. Bahasa Indonesia sejajar dengan
maple Lain
c. Tiap mata pelajaran mendukung semua
kompetensi
d. Tiap mata pelajaran diajarkan dengan
pendekatan berbeda
43. Permendikbud yang mengatur tentang
standar Isi adalah ….
a. Permendikbud No 54 tahun 2013
b. Permendikbud No 64 tahun 2013
c. Permendikbud No 65 tahun 2013
d. Permendikbud No 66 tahun 2013
44. Untuk naik dari golongan IV c ke IV
d guru wajib ….
a. Publikasi ilmiah
b. Presentasi ilmiah
c. Pembuatan karya inovatif
d. Berpendidikan S2
45. Dalam melakukan penilitian tindakan
kelas, seorang peneliti perlu berkolaborasi, yang artinya ….
a. Melakukan penelitian sendiri-sendiri
b. Melakukan penelitian bersama-sama
c. Melakukan penelitian dalam kemitraan
yang setara
d. Melakukan penelitian dalam profesi
sebagai guru
46. Instrument utama yang sangat
berperan besar dalam penelitian tindakan kelas adalah ….
a. Format observasi bentuk cek list
b. Format wawancara terstruktur
c. Pre test dan post test
d. Field notes
47. Penilaian formatif dalam PK guru
dilaksanakan pada ….
a. Awal tahun
b. Akhir tahun
c. Awal dan akhir tahun
d. Selama tahun berjalan
48. Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali ….
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
49. Hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah adalah :
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
50. Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan secara rinci adalah :
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
51. Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b. Sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas kepribadiannya.
c. Pedoman berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi <br>keguruan
52.
Keseluruhan materi
dan kegiatan yang
menjadi muatan dalam kompetensi dan indikator harus benar
dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan, hal ini merupakan prinsip
pengembangan kompetensi guru yaitu ….
a.
Ilmiah
b.
Relevan
c.
Sistematis
d.
konsisten
53.
Tunjangan yang
diberikan kepada guru yang mengajar di daerah terpencil disebut ….
a.
Tunjangan tambahan
b.
Tunjangan khusus
c.
Tunjangan fungsional
d.
Tunjangan profesi
54.
Kurikulum dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip berikut kecuali ….
a.
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
b.
Beragam dan terpadu
c.
Tanggap terhadap
perkembangan IPTEK
d.
Mengutamakan
kepentingan nasional daripada kepentingan daerah
55.
Berdasarkan
Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan
Angka Kreditnya yang dimaksudkan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah
Kebijakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai
dengan di bawah ini, kecuali ....
a.
Kebutuhan
b.
Bertahap
c.
Berkelanjutan
d.
Relevan
56.
Berikut ini adalah
jenis-jenis guru menurut UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kecuali ….
a.
Guru kelas
b.
Guru mata pelajaran
c.
Guru BK
d.
Guru dengan tugas
tambahan
57.
Peneliti sebagai
observer dalam PTK berfungsi sebagai human instrument, karena ….
a.
Peneliti lebih peka dan
dapat mereaksi terhadap stimulus dan lingkungan
b.
Ia dapat menyesuaikan
diri dengan data yang masuk
c.
Ia dapat segera
menafsirkan dan menyimpulkan
d.
Semua jawaban benar
58.
Banyak siklus dalam PTK
dapat dihentikan jika ….
a.
Sudah melakukan 2
siklus
b.
Sudah melakukan 3
siklus
c.
Sudah memenuhi
keberhasilan indicator sesuai kesepakatan dengan mitra
d.
Semua jawaban salah
59.
Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam kegiatan wawancara agar berlangsung secara efektif adalah ….
a.
Pewancara sebaiknya
bersifat antipatik
b.
Pewancara sebaiknya
bersikap tegas dan disiplin
c.
Pewancara bersikap
menguji
d.
Pewancara sebaiknya
bersikah simpatik dan rendah hati
60.
Untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah
penelitian diperlukan ….
a.
Keikutsertaan dalam
seminar hasil PTK di universitas
b.
Diskusi dengan rekan
guru/mitra peneliti
c.
Instruksi dari kepala
sekolah
d.
Bimbingan dari pengawas
ingin file soal dan pembahasan UTL PPG 2018 silakan klik di bawah ini
Banyak bukan? untuk belajar soal soal dan pembahasan ujian tulis lokal PPG anda juga bisa mengunjungi laman ini
baca info di bawah ini