Rpp matematika kelas 9 Kesebangunan dan Kekongruenan kurikulum 2013 revisi
Bapak ibu yang ingin Rpp matematika kelas 9 Kesebangunan dan Kekongruenan kurikulum 2013 revisi 2019 silakan anda klik link download di bawah ini. Sebelum unduh silakan lihat dulu viewnya.
Semoga Rpp ini bermanfaat untuk anda dalam melakukan persiapan pengajaran yang relevan dan baik.
Penampakan Rpp matematika kelas 9 Kesebangunan dan Kekongruenan kurikulum 2013 revisi silakan anda lihat sebagai berikut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Kesebangunan dan Kekongruenan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
|
Ko
|
mpetensi
Inti
KI1 dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
|
|
|
KI3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan
rasa
ingin
tahunya
tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis,
|
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar
|
Menjelaskan Kesebangunan dua bangun datar
Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-
segitiga sebangun
Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-
segitiga kongruen
Mengidentifikasi benda di sekitar yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan bangun datar
Mencermati ukuran sisi dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen
Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren
Menganalisis hubungan antara luas bangun dengan panjang sisi antara bangun yang sebangun atau kongruen
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Menjelaskan Kesebangunan dua bangun datar
Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga sebangun
Menentukan kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga kongruen
Mengidentifikasi benda di sekitar yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan bangun datar
Mencermati ukuran sisi dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen
Mengidentifikasi perbandingan sisi
dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren
Menganalisis hubungan antara luas bangun dengan panjang
sisi antara bangun yang sebangun atau kongruen
Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
D. Materi
Pembelajaran
Kesebangunan dua
bangun datar
Segitiga-segitiga sebangun
Segitiga-segitiga kongruen
Pemecahan masalah yang melibatkan kesebangunan dan kekongruenan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Kesebangunan dua bangun
datar.
Mendengar
Pemberian materi Kesebangunan dua bangun datar oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|
Problem statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Kesebangunan
dua bangun datar yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Kesebangunan dua bangun datar yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Kesebangunan dua bangun
datar yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kesebangunan dua bangun datar
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Kesebangunan
dua bangun datar.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Kesebangunan
dua bangun datar yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Kesebangunan
dua bangun datar sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
sepanjang hayat.
|
|
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
Mengolah informasi dari materi Kesebangunan
dua bangun datar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Kesebangunan
dua
bangun datar.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Kesebangunan dua bangun
datar berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kesebangunan
dua bangun datar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Kesebangunan dua bangun
datar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Kesebangunan dua bangun
datar
Menjawab pertanyaan tentang materi Kesebangunan
dua bangun datar yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kesebangunan dua bangun datar yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kesebangunan dua bangun datar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Kesebangunan dua bangun
datar berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|||
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kesebangunan dua bangun datar yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kesebangunan
dua bangun datar yang baru diselesaikan.
|
Demikian Rpp matematika kelas 9 Kesebangunan dan Kekongruenan kurikulum 2013 revisi 2019.