RPP bangun ruang sisi lengkung kurikulum 2013 revisi
Membelajarkan materi bangun ruang sisi lengkung memiliki tantangan tersendiri terlebih mata pelajaran matematika poko bahasan ini membutuhkan banyak sekali model dan alat peraga. Untuk memfasilitasi itu kami akan coba memberikan salah satu review rekomendasi rencana pelaksanaan pembelajaran pada pokok bahasan ini. Yang akan kami rekomendasikan adalah RPP bangun ruang sisi lengkung kurikulum 2013 revisi 2019
Silakan anda lihat RPP bangun ruang sisi lengkung kurikulum 2013 revisi 2019 berikut
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Alokasi Waktu : 8 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
|
Ko
|
mpetensi Inti
KI1 dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
|
|
|
KI3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan
spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan
menyaji
secara kreatif,
produktif,
kritis,
|
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi
lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung tabung
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung kerucut
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung bola
Mengidentifikasi model atau benda di sekitar yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung
Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata
Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume
bangun ruang sisi
lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi
lengkung
|
Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
lengkung tabung
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung kerucut
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung bola
Mengidentifikasi model atau
benda di sekitar yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
lengkung
Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata
Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi
jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola
Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi
lengkung
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut,
dan
bola)
D. Materi Pembelajaran
Tabung
Kerucut
Bola
Luas Permukaan: tabung, kerucut, dan bola
Volume: tabung, kerucut dan bola
Pemecahan masalah yang melibatkan bangun ruang sisi lengkung
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud,
H. Langkah langkah pembelajaran
Guru : Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini
kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang
materi :
Konsep Tabung, Kerucut dan Bola
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola dengan cara :
Melihat (tanpa atau
dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja
materi Konsep Tabung,
Kerucut dan
Bola.
|
|
|
Pemberian contoh-contoh materi Konsep Tabung, Kerucut
dan Bola untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konsep Tabung, Kerucut dan Bola.
Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola.
Mendengar
Pemberian materi Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Konsep Tabung, Kerucut
dan Bola yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep Tabung,
Kerucut dan Bola
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Konsep Tabung, Kerucut
dan Bola.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Konsep Tabung, Kerucut dan Bola yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konsep Tabung,
Kerucut dan
Bola sesuai dengan
pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Konsep Tabung,
Kerucut
dan Bola
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola
Mengolah informasi dari materi Konsep Tabung, Kerucut
dan Bola yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Konsep Tabung, Kerucut
dan Bola.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Konsep
Tabung, Kerucut dan
Bola
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag
materi Konsep
Tabung, Kerucut dan Bola dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Konsep Tabung,
Kerucut dan Bola yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola
Menjawab pertanyaan tentang materi Konsep Tabung, Kerucut dan Bola yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konsep Tabung, Kerucut dan Bola yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konsep Tabung, Kerucut dan
Bola yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi
pelajaran.
|
Link Download
Demikian artikel tentang rpp bangun ruang isi lengkung semoga bermanfaat