-->

RPP Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan kurikulum 2013

RPP Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan kurikulum 2013


Kali ini kita akan bersama sama melakukan kegiatan review rpp IPA untuk kelas 7 semester 2 materi ke dua yaitu Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan. Kurikulum yang kita pakai adalah kurikulum 2013 revisi terbaru yakni 2019.

silakan anda simak RPP Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan berikut.

RPP Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP N 1 GODONG
Kelas/Semester          : VII/2
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik                          : Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan
Alokasi waktu            : 13 x 40 menit

A.  KOMPETENSI INTI
KI 1            : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, pedu (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
     KI 3   : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomen dan kejadian tampak mata.
     KI 4   : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
3.7  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
3.1.1. Menjelaskan konsep lingkungan dan komponen komponennya.
3.1.2. Melakukan pengamatan lingkungan dan
mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.
3.1.3. Menjelaskan pengertian interaksi.
3.1.4. Menjabarkan pola-pola
3.1.5. Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan
makhluk hidup.
3.1.6. Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput
3.1.7. Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas
melalui kegiatan presentasi
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup
      dengan lingkungansekitarnya.
4.6.1.Menyajikan hasil pengamatan, mempre- sentasikan, dan mengkomunikasikan hasilnya
4.6.2.Menerapkan pengamatan (saling ketergantungan
makhluk hidup) untuk memecahkan masalah yang relavan.
C.  Tujuan Pembelajaran
3.1.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan konsep- konsepnya
3.1.2.1. Peserta Didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen
           biotik dan abiotik.
3.1.3.1. Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian interaksi
3.1.4.1. Peserta Didik dapat Menjabarkan pola-pola interaksi
3.1.5.1. Peserta Didik dapat Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup.
      3.1.6.1. Peserta Didik dapat Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring    makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput
3.1.7..1 Peserta Didik dapat Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi

D.  Fokus nilai-nilai sikap
1.      Tanggung jawab
2.      Kedisiplinan
3.      Kreatif

E.  Materi Pembelajaran Reguler
4.Lingkungan

F.   Metode Pembelajaran
5.    Pendekatan                 :  Scientific Learning
6.    Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
7.    Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan

G. Media Pembelajaran
8.      Media LCD projector,
9.      Laptop,
10.  Bahan Tayang

H.  Sumber Belajar
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Modul/bahan ajar,
d.      Internet,
e.       Sumber lain yang  relevan





I.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1  : 3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan posisi mereka di dalam kelas, kemudian keberadaan kelas mereka.
e.    Guru meminta peserta didik untuk menganalsis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dll, peran serta fungsi keberadaan ruang-ruang tersebut serta apa jadinya bila ruang tersebut tidak tersedia.
f.    Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
g.   Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
h.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
i.     Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
15 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·        Peserta didik mengamati lingkungan sekitar sekolah
90 menit
Menanya
·        Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang abiotic dan biotik

Mengumpulkan data
·      Peserta didik melakukan observasi tentang Komponen abiotic dan biotik
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan observasi.

Mengasosiasi 
·      Peserta didik melaporkan hasil kegiatan observasi dan analisis yang menunjukkan hasil observasi tentang Komponen abiotic dan biotik
·      Peserta didik menyimpulkan tentang Komponen abiotic dan biotik
·      Peserta didik menyimpulkan perbedaaan Komponen abiotic dan biotik
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasi
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberikan penghargaan bagi peserta didik/kelompok yang berkinerja baik.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
15 Menit

Pertemuan 2: 2 JP (2 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar jaringan dan organ (daun dan bagian-bagiannya), kemudian guru meninta peserta didik menyampaikan idenya tentang “Apa yang dilihat?”
e.    Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.    Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar jarring-jaring makanan
60 Menit
Menanya
·      Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  perbedaan rantai makanan dan jarring-jaring makanan

Mengumpulkan data
·      Peserta didik observasi lingkungan sekolah.
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.


Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan komponen ekosistem
·      Peserta didik menyimpulkan tentang ekosistem.
·      Peserta didik bertanya tentang komponen penyusun ekosistem

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang komponen penyusun ekosistem
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit

Pertemuan 3 : 3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan organ tubuh manusia yang diambil dari torso manusia.
e.    Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.    Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok dan didiskusikan dengan kelompoknya.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
15 Menit

























Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati lingkungan sekolah
90 Menit
Menanya
·      Peserta didik bertanya apakah interaksi selalu terjadi dilingungan?

Mengumpulkan data
·      Peserta didik observasi langsung dan mendata terjadinya interaksi antar makhluk hidup
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.

Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan hasil pengamatan tentang peristiwa terjadinya simbiosis
·      Peserta didik menyimpulkan tentang simbiosis
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang macam-macam simbiosis
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit

Pertemuan 4 : 2 JP (2 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar berbagai macam sistem organ yang menyusun tubuh manusia.
e.    Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.    Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar rantai makanan yang menggambarkan aliran energi
60 Menit
Menanya
·      Pserta didik menanya  macam-macam bentuk-bentuk saling ketergantungan

Mengumpulkan data
·      Peserta didik mendata hasil pengamatan langsung di lingkungan.
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.

Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk saling ketergantungan
·      Peserta didik menyimpulkan tentang bentuk saling ketergantungan.
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mempelajari bab selanjutnya untuk dibahas di pertemuan selanjutnya.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit





Pertemuan kelima : 2 JP (2 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
i.     Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
j.     Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
k.   Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
l.     Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar berbagai macam sistem organ yang menyusun tubuh manusia.
m. Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
n.   Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
o.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
p.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar jarring-jaring makanan
60 Menit
Menanya
·      Pserta didik menanya tentang pola interaksi

Mengumpulkan data
·      Peserta didik membaca teks tentang bentuk saling ketergantungan
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.

Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan hasil pengamatan macam-macam pola interaksi
·      Peserta didik menyimpulkan tentang pola interaksi
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mempelajari bab selanjutnya untuk dibahas di pertemuan selanjutnya.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit

J.    PENILAIAN
a.   Instrument Penlaian sikap
Penilaian Sikap Spiritual
Indikator :
1.   Melakukan kegiatan pembelajaran secara religius setiap kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
2.   Menunjukkan sikap mengenali dan mengagumi segala ciptaan Tuhan
Lembar Penilaian Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
3  = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
4  = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
1  = kadang-kadang, apabila kadang-kadang Melakukan dan sering tidak Melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


                           Nama Peserta Didik                :…………………..
                           Kelas                                       :…………………..
                           Tanggal Pengamatan               :…………………..
                           Materi Pokok                          :…………………..
No
Aspek pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor






Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Nilai :     Jumlah Skor yang Diperoleh  
Jumlah Skor Maksimum

b.   Instrumen Penilaian Sikap
Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Observasi)
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku objektif, jujur, kritis dan bertanggung jawab dalam merancang dan melakukan percobaan asam dan basa.
Lembar Penilaian Observasi
Kelas               :
Sekolah           :
No.
Nama
Sikap
Jumlah
Jujur
Bertanggung jawab


























Nilai :     Jumlah Skor yang Diperoleh  
Skor Maksimum
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah Melakukan


               Nama Peserta Didik    : …………………….
               Kelas                           : ……........................
               Tanggal Pengamatan   : ……………………
               Materi Pokok              : ……………………
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak Melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengikuti kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor




Nilai :     Jumlah Skor yang Diperoleh  
Skor Maksimum

Pedoman Observasi Sikap Bertanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah Melakukan
               Nama Peserta Didik    : …………………….
               Kelas                           : ……........................
               Tanggal Pengamatan   : ……………………
               Materi Pokok              : ……………………
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Nilai :     Jumlah Skor yang Diperoleh  
Skor Maksimum
c.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
A.    Uraian 1
1. Perhatikan gambar di bawah ini. Ada berapa macam rantai makanan yang terlihat pada   gambar? Sebutkan urutan rantai makanan tersebut Jelaskan yang dimaksud dengan jaringan!





2.Apakah rantai makanan yang satu dengan yang lain saling berhubungan ?
3.Apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak, jika para petani melakukan pemberantasan serangga? Jelaskan!
4.Komponen abiotik apa saja yang mungkin mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah? Sebutkan 5 saja.
5.Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu masalah alam, misalnya terjadi banjir? Coba prediksikan

No
Kunci Jawaban
Skor
1
Pohon --> ulat --> katak --> ular
Pohon --> belalang --> ayam --> burung elang --> Rumput --> ulat --> ayam --> burung elang --> Rumput --> belalang --> ayam --> burung elang --> Rumput --> tikus --> ular
2
2
Ya terdapat hubungan antara satu rantai makanan dengan rantai makanan yang lain. Contoh rumput dikonsumsi oleh tiga herbivora, yaitu ulat,belalang, dan tikus dari tiga rantai makanan. Jadi bila populasi rumput berkurang,maka ketiga herbivora dalam tiga rantai makanan itu juga terganggu.
2
3
Populasi padi akan meningkat karena pemangsanya berkurang,sedangkan populasi katak akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang
2
4
a) air     b) batu-batua n       c) pupuk        d) udara           e) tanah
2
5
Jika populasi padi habis, maka akan terjadi gangguan ekosistem karena padi merupakan produsen yang menjadi sumber utama aliran mater pada ekosistem sawah. Selain itu, petani juga akan mengalami gagal panen.
2
Jumlah skor
10

Nilai  =   Jumlah Skor yang Diperoleh         X 10
                    



d.   Instrument Penilaian Ketrampilan
Penilaian lembar hasil analisis/presentasi kunci determinasi
FORMAT PENILAIAN PRESENTASI
Topik                              :
Nama Proyek                 :
Waktu Pelaksanaan        :
Nama Peserta didik        :
Kelas                              :

No.
Aspek
Skor (1-4)
1.
a.   Persiapan
b.  Rumusan Judul
c.   Sistematika Kegiatan
d.  Keakuratan Informasi
e.   Analisis
f.   Penarikan Kesimpulan

Total Skor


e.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Mencara informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Menyelidiki dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam,


Godong,  4 Januari 2019
            Mengetahui                                                                      Guru Mapel IPA
            Kepala Sekolah


Drs.Bambang Setiawan,M .Pd                                                Dra.Ganiswati Budi Indjati
              NIP. 19680625 199702 1 001                                              NIP. 19650821  200801 2 002
































LAMPIRAN

MATERI
Pertemuan Pertama
Konsep Lingkungan
lingkungan berasal dari kata “Environment”, yang memiliki makna “The physical, chemical, and biotic condition surroundingan organism.” Berdasarkan istilah tersebut, maka lingkungan secara
umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks, sehingga dapat memengaruhi satu sama lain. Kondisi yang saling memengaruhi ini membuat lingkungan selalu dinamis dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan seberapa besar komponen lingkungan itu dapat memengaruhi dengan kuat.
Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu sebagai berikut.
1) Komponen biotik, terdiri atas makhluk hidup seperti: manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik.
2) Komponen biotik, terdiri atas benda-benda mati seperti: air, tanah, udara, cahaya, dan sebagainya

Pertemuan Kedua
Lingkungan
Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sebagai suatu habitat/tempat hidup bagi makhluk hidup.Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan hidup antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
Ekosistem dapat dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yang beragam. Di bumi ada bermacam-macam ekosistem. Komponen-komponen pembentuk ekosistem meliputi komponen hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik). Kedua komponen tersebut berada pada suatu tempat dan berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur.
 Misalnya, pada suatu ekosistem akuarium, ekosistem ini terdiri atas ikan, tumbuhan air, plankton yang terapung di air sebagai komponen biotik. Adapun yang termasuk komponen abiotik adalah air, pasir, batu, mineral, dan oksigen yang terlarut dalam air
Komponen-komponen pembentuk ekosistem dapat di gambarkan seperti pada jarring-jaring makanan berikut:



Pertemuan Ketiga
Interaksi dalam ekosistem
Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi. Terjadi pula interaksi antara
komponen biotik serta komponen abiotik dan terjadi pula interaksi antara komponen biotik dan biotik. Interkasi tersebut mencakup 3 hal, yaitu sebagai berikut.
1)      Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya dapat terjadi melalui rangkaian peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan, jaring makanan dan piramida makanan), maupun melalui bentuk hidup bersama, yaitu simbiosis.

2)      Simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis. Ada beberapa jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

3)      Organisme berdasarkan cara kemampuan menyusun makanannya dibagi menjadi 2 (dua), yaitu organisme autotrof dan organisme heterotrof. Organisme heterotrof berdasarkan jenis yang dimakan dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.


     Pertemuan Keempat
     Bentuk-Bentuk Saling Ketergantungan

1) Bentuk saling ketergantungan digambarkan dalam aliran energi dan siklus materi.
2) Aliran energi dan siklus materi di suatu komunitas tampak jelas pada peristiwa makan dan dimakannya anggota komunitas oleh anggota komunitas lainnya. Peristiwa ini disebut rantai makanan
3) Saling keterkaitan antar rantairantai makanan yang terdapat pada suatu komunitas akan
membentuk aliran energi dan siklus materi yang lebih luas, yang disebut jaring-jaring makanan.
4) Berdasarkan produsennya, rantai makanan dibagi dua, yaitu, rantai makanan perumput dan
rantai makanan detritus. Rantai makanan yang dimulai dari defritus (serpihan organisme yang sudah mati) disebut dengan rantai makanan detritus (Gambar 2.11). Rantai perumput yaitu rantai makanan yang diawali tumbuhan pada trofik awalnya




























KEGIATAN SISWA
KEGIATAN 1
Tujuan       :     Memahami komponen-komponen dalam suatu lingkungan.
Cara Kerja :
1.      Buatlah pembatas dengan menggunakan kwadran atau tali raffia pada sebidang tanah dengan ukuran 1 m x 1 m.
2.      Amatilah semua benda dan makhluk hidup yang ada di dalam batas kwadran/tali raffia.
3.      Catat hasil pengamatan dan masukkan dalam tabel pengamatan berikut ini :
No
Nama Benda / Makhluk Hidup
Peranan dalam Ekosistem












Pertanyaan :
1.      Sebutkan komponen abiotik dan komponen biotik dalam kegiatan pengamatan.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.      Apakah antara komponen abiotik dan komponen biotik dalam pengamatanmu, saling berinteraksi?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.      Berikan contoh interaksi yang terjadi antar komponen dalam lingkungan tersebut?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
4.      Ada berapa populasi yang menyusun komunitas dalam lingkungan tersebut?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
5.      Sebutkan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen dan konsumen dalam pengamatanmu!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
6.      Dapatkah sebidang tanah yang kamu amati disebut ekosistem ? Jelaskan alasanmu!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….











KEGIATAN 2
Tujuan       : Memahami saling ketergantungan antara produsen, konsumen, dan pengurai dalam ekosistem.
Metode       : Diskusi
Perhatikan diagram di bawah ini dan jawablah pertanyaan berikut!

Pertanyaan :
1.      Bagaimana hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.      Jelaskan pengertian dari :
a.    Konsumen I      :    ..................................................................................................
b.    Konsumen II    :    ..................................................................................................
c.    Konsumen III   :    ..................................................................................................
3.      Apakah peranan pengurai bagi produsen?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
4.      Apakah peranan pengurai bagi konsumen?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
5.      Apa yang terjadi jika dalam ekosistem tidak terdapat pengurai?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………..



KEGIATAN 3
Tujuan                :  Memahami rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida makanan dan arus energi.
Metode               :  Observasi dan diskusi
Alat dan bahan   :
1.      Macam-macam gambar makhluk hidup
2.      Pensil warna atau spidol
3.      Perekat atau lem
Urutan Kegiatan :
Kegiatan A
1.       Ambilah salah satu gambar makhluk hidup dan tempelkan pada kertas.
2.       Pilihlah gambar makhluk hidup lain yang dimakan atau memakan organisme pertama.
3.       Letakkan gambar tersebut di sekitar gambar pertama dan hubungkan keduanya dengan tanda panah (lihat contoh di samping) Arah panah menunjukkan yang memakan (pemakan) atau perpindahan energi (lihat gambar A)
4.       Pilih lagi satu atau dua gambar lain, tempelkan berdekatan dengan gambar 1 dan 2. Beri tanda panah yang menghubungkan ke empat gambar tersebut (lihat gambar B)
5.       Susunlah gambar yang telah dipersiapkan!


Pertanyaan :
1.       Disebut apakah rangkaian gambar yang kamu susun seperti gambar di atas? Apa artinya?
Jawab : ......................................................................................................................
2.       Organisme apakah yang merupakan sumber energi pertama dalam suatu rantai makanan? dari mana organisme tersebut memperoleh energi?
Jawab : ......................................................................................................................
3.       Apakah perpindahan energi mengalami penyusutan atau penambahan? Mengapa?
Jawab : ......................................................................................................................
4.       Dalam bentuk energi apakah perpindahan energi dari tumbuhan ke hewan? Jelaskah!
Jawab : ......................................................................................................................

Kegiatan B

Pertanyaan :
1.       Disebut apakah gambar di atas? Ada berapa jumlah rantai makanan yang menyusunnya?
Jawab : ......................................................................................................................
2.       Sebutkan jenis organisme apa saja yang berperan sebagai konsumen pertama?
Jawab : ......................................................................................................................
3.       Sebutkan pula jenis organisme yang menempati atau berperan sebagai konsumen tingkat tiga!
Jawab : ......................................................................................................................
4.       Berikan tanda anak panah pada skema di bawah ini sehingga membentuk sebuah jaring- jaring makanan!


5.       Ada berapa jumlah rantai makanan yang menyusun sebuah jaring-jaring makanan di atas? Sebut dan buatlah skemanya!
Jawab : ......................................................................................................................
6.       Apakah yang dimaksud jaring-jaring makanan ? Jelaskan!
Jawab : ...................................................................................................................
Kegiatan C
Perhatikan gambar di bawah ini!

 Pertanyaan :
1.       Disebut apakah gambar A diatas? Apa artinya?
Jawab : ......................................................................................................................
2.       Apa perbedaan gambar A dan gambar B? Disebut apakah B? Mengapa, Jelaskan!
Jawab : ......................................................................................................................
3.       Apakah yang dimaksud konsumen puncak ? Pada gambar A, organisme apa yang berperan sebagai konsumen puncak ?
Jawab : ......................................................................................................................
4.       Dari gambar A dan B organisme apa yang menduduki tropik pertama? Mengapa? Jelaskan!
Jawab : ......................................................................................................................
5.       Berdasarkan gambar di atas ada berapa kelompok hewan berdasarkan jenis makanannya? Sebutdan dan berikan contoh nama hewannya !
Jawab : ......................................................................................................................
Kegiatan D
Perhatikan dan pahami gambar berikut, kemudian jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

Arus Energi dalam Ratai Makan

Pertanyaan :
1.   Buatlah skema perpindahan energi pada rantai makanan di atas! Dengan menuliskan pertanyaan sesuai dengan tropik atau kedudukannya dalam ekosistem.
Jawab    : ………………………………………………………………………………………………………………

Cahaya matahari → ..................... → konsumen tingkat I → ............... →
..................... → ......................... dan seterusnya.
2.   Apa yang terjadi apabila tumbuhan sebagai organisme pertama kali yang mampu mengubah energi panas menjadi energi kimia tidak ada! Jelaskan!
Jawab : ......................................................................................................................
3.   Apakah peranan dan fungsi bakteri dan jamur saprofit dalam arus energi ? Jelaskan !
Jawab : ......................................................................................................................
4.   Untuk apakah energi bagi makhluk hidup ?
Jawab : ......................................................................................................................
5.   Dengan cara apakah energi dalam tubuh makhluk hidup dapat terbentuk? Disebut apakah cara tersebut ?
Jawab : ......................................................................................................................
link download 

Demikian artikel tentang RPP Interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan kurikulum 2013 semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar