-->

RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013

RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana sistematik dan terstruktur dalam pengelolaan pembelajaran berupa skenario pelaksanaan pembelajaran yang di susun untuk 1 atau lebih Kompetensi Dasar. Pengelolaan pembelajaran yang baik akan menghasilkan proses dan hasil yang baik pula termasuk untuk materi Pemanasan Global, agar pembelajaran materi pemanasan global kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 bisa berjalan dengan yang sebaik baiknya maka kita perlu untuk membuat  RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013.

Kita akan coba menampilkan salah satu contoh RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Grobogan. Silakan lihat produknya.

Link Download

RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP N 1 GODONG
Kelas/Semester          : VII/2
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik                           : Pemanasan Global
Alokasi waktu             : 12 x 40 menit

A.   KOMPETENSI INTI
KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, pedu (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
     KI 3   : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomen dan kejadian tampak mata.
     KI 4   : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
3.9. Memahami perubahan iklim dan  dampaknya bagi ekosistem termasuk perubahan iklim.
3.9.1. Menjelaskan pengertian efek rumah kaca
3.9.2. Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.
3.9.3. Mendeskripsikan definisi pemanasan global.
3.9.4. Mendeskripsikan penyebab terjadinya
pemanasan global.
3.9.5. Mendeskripsikan dampak dari pemanasan global
bagi kehidupan di bumi
3.9.6. Mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi
pemanasan global.

4.9. Membuat tulisan tentang
    gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah
pemanasan global dan/atau
perubahan iklim.
4.6.1.Menyajikan hasil pengamatan, mempresentasikan, dan mengkomunikasikan hasilnya
4.6.2.Menerapkan pengamatan (pemanasan global) untuk memecahkan masalah yang relavan.


C.    Tujuan Pembelajaran
3.9.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
3.9.2.1. Peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya pemanasan
3.9.3.1. Peserta didik dapat mendeskripsikan definisi pemanasan global.
3.9.4.1. Peserta didik dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global.
3.9.5.1. Peserta didik dapat mendeskripsikan dampakdari pemanasan global bagi kehidupan di bumi
3.9.6.1. Peserta didik dapat mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi pemanasan global.



MATERI
Pertemuan Pertama
Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. Prosesnya, yaitu ketika radiasi sinar matahari mengenai permukaan Bumi, maka akan menyebabkan Bumi menjadi panas.Radiasi panas Bumi akan dipancarkan lagi ke atmosfer. Panas yang kembali dipantulkan oleh bumi terhalang oleh polutan udara sehingga terperangkap dan dipantulkan kembali ke Bumi. Proses ini akan menahan beberapa panas yang terperangkap dan kemudian menyebabkan suhu Bumi meningkat. Dengan demikian, Bumi tetap menjadi hangat dan suhunya semakin meningkat.


















Pertemuan kedua
Pengertian dan penyebab global warning
Global warming atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama pemanasan global merupakan proses naiknya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Kenaikan suhu secara global (global warming) diperkirakan menimbulkan perubahan yang lain seperti halnya menyebabkan cuaca yang ekstrim dan menaikkan tinggi permukaan air laut. Selain itu, pengaruh yang lain juga dapat dilihat dengan punahnya berbagai macam hewan, berpengaruhnya terhadap hasil pertanian, dan hilangnya gletser
Salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar fosil dengan meningkatnya kadar CO2 di atmosfer. Konsumsi total bahan bakar osil (batubara dan minyak bumi) di dunia akan meningkat sekitar 1% per tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang didiskusikan saat ini tidak dapat mencegah pemanasan global di masa depan.
Dampak pemanasan global dapat terjadi karena berbagai penyebab dari tingkah laku manusia
dalam memanfaatkan segala sumber daya alam, dan tidak mengenal batas serta kesehatan Bumi ini. Pemanasan global sudah lama dan telah terjadi. Jika dilihat dari gejala-gejala yang ditimbulkan ini dapat dilihat dari berbagai perubahan-perubahan yang tidak biasa








Pertemuan ketiga
Dampak Pemanasan global
Konsekuensi dari perubahan gas rumah kaca di atmosfer sulit diprediksi, tetapi beberapa dampak yang telah nampak, yaitu sebagai berikut.
1) Temperatur bumi semakin tinggi, dibeberapa wilayah mungkin emperaturnya menjadi lebih tinggi dan di wilayah lainnya mungkin tidak.
2) Tingginya temperatur Bumi menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan, tetapi masing-masing wilayah akan bervariasi, beberapa menjadi basah dan bagian lainnya kering.
3) Mencairnya es di daerah kutub yang menyebabkan kadar air laut meningkat. Begitu pula dengan daratan pantai yang landai, akan mengalami peningkatan akibat penggenangan air.
4) Hilangnya terumbu karang. Sebuah laporan tentang terumbu karang menyatakan bahwa dalam kondisi terburuk, populasi karang akan hilang pada tahun 2100 karena meningkatnya suhu dan
pengasaman laut. Sebagaimana diketahui bahwa banyak spesies lain yang hidupnya bergantung pada terumbu karang.
5) Kepunahan spesies yang semakin meluas. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “Nature”, peningkatan suhu dapatb menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Sampai saat ini, hilangnya spesies semakin tersebar luas dan daftar spesies yang terancam punah terus berkembang.
6) Kegagalan panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, terdapat 90% kemungkinan bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih antara pergi bersama keluarganya ke tempat yang
beriklim baik atau kelaparan akibat perubahan iklim dalam kurun 100 tahun.
      7) Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon adalah salah satu lapisan atmosfer yang berada di dalam lapisan stratosfer, yaitu sekitar 17- 25 km di atas permukaan Bumi. Lapisan inilah yang melindungi manusia dari bahaya radiasi sinar ultra violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit, diketahui bahwa lapisan ozon secara berangsurangsur mengalami penipisan sejak pertengahan tahun 1970.


Pertemuan Keempat
Usaha Penanggulangan Pemanasan Global dan projek

Penyebab terbesar pemanasan global adalah karbon dioksida (CO2) yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara yang dibakar untuk menghasilkan energi. Besarnya penggunaan bahan bakar fosil untuk aktivitas kita akan menyumbangkan peningkatan CO2 di udara. Kerusakan lapisan ozon adalah salah satu contoh dampak dari aktivitas manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem dan biosfer. Kondisi tingginya gas polutan di udara menyebabkan terjadinya pemanasan global
Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global, diantaranya adalah sebagai berikut.
1) Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, gasoline, kayu, dan bahan bakar organik lainnya.
2) Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.
3) Mengurangi deforestation.
4) Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFCs) dengan menggunakan produk-produk Yang ramah lingkungan.
 5) Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan. Penelitian dari Louisiana Tech University menemukan bahwa setiap pepohonan hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk mengimbangi emisi yang dihasilkan dari pengendara mobil selama setahun










D.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1  : 3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan posisi mereka di dalam kelas, kemudian keberadaan kelas mereka.
e.   Guru meminta peserta didik untuk menganalsis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dll, peran serta fungsi keberadaan ruang-ruang tersebut serta apa jadinya bila ruang tersebut tidak tersedia.
f.     Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
g.    Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
h.   Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
i.      Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
15 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·        Peserta didik diajak mengamati lingkungan dan menghungkan dengan perubahan musim saat ini
90 menit
Menanya
·        Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang efek rumah kaca

Mengumpulkan data
·      Peserta didik membaca buku dan mendata  tentang penyebab terjadinya efek rumah kaca
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan observasi.

Mengasosiasi 
·      Peserta didik melaporkan hasil kegiatan observasi dan analisis yang menunjukkan hasil observasi tentang penyebab efek rumah kaca
·      Peserta didik menyimpulkan tentang dampak efek rumah kaca
·      Peserta didik menyimpulkan tentang cara mengatasi efek rumah kaca
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasi
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberikan penghargaan bagi peserta didik/kelompok yang berkinerja baik.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
15  Menit


Pertemuan 2: 2 JP (2 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar jaringan dan organ (daun dan bagian-bagiannya), kemudian guru meninta peserta didik menyampaikan idenya tentang “Apa yang dilihat?”
e.   Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.    Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar / video tentang kondisi bumi 50 tahun lalu dengan sekarang
60 Menit
Menanya
·      Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  ciri-ciri global  warning

Mengumpulkan data
·      Peserta didik mendata semua hal yang menyebabkan cara mengatasi Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.


Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan ciri-ciri  global  warning
·      Peserta didik menyimpulkan tentang factor -faktor global  warning
·      Peserta didik bertanya tentang dampak yang mempengaruhi terjadinya global  warning

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang pencemaran air dan cara mengatasinya
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit

Pertemuan 3 : 3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan organ tubuh manusia yang diambil dari torso manusia.
e.   Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.    Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok dan didiskusikan dengan kelompoknya.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
15 Menit

























Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar/ vidio kejadian akibat/dampak pemanasan global
90 Menit
Menanya
·      Peserta didik bertanya apakah penyebab pemanasan global

Mengumpulkan data
·      Peserta didik observasi langsung dan mendata terjadinya pemanasan global

·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi 
·      konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.

Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan hasil pengamatan tentang penyebab/dampak terjadinya pemanasan global
·      Peserta didik menyimpulkan tentang factor-faktor penyebab pemanasan global dan cara mengatasinya
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang dampak pemanasan global
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
15 Menit


Pertemuan 4 : 5 JP (5 X 40 Menit )
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
a.    Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.   Guru  dan peserta didik mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.    Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.   Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar berbagai macam sistem organ yang menyusun tubuh manusia.
e.   Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.    Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.   Peserta didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
20 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar efek pemanasan global
160 Menit
Menanya
·      Pserta didik menanya  bagaimana cara menanggulangi pemanasan global

Mengumpulkan data
·      Peserta didik mendata hasil  pengamatan langsung dengan menuliskan ciri-ciri pemanasan global
·      Diskusi  kelompok  untuk      mengkaji  LDS mengidentifikasi  konsep  yang harus diperoleh melalui  melalui kegiatan pengamatan.

Mengasosiasi
·      Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan analisis yang menunjukkan hasil pengamatan tentang ciri-ciri pemanasan global
·      Peserta didik menyimpulkan tentang penanggulangan pemanasan global
·      Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep yang belum jelas.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang penanggulangan pemanasan global dan cara mengatasinya
·      Peserta didik lain belajar menjadi pendengar yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi).
·      Peserta didik yang akan memberi tanggapan atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.

Penutup


·      Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari ini untuk penguatan.
·      Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mempelajari bab selanjutnya untuk dibahas di pertemuan selanjutnya.
·      Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama peserta didik dengan mengucapkan hamdalah.
10 Menit


E.    PENILAIAN
a.    Instrument Penlaian sikap
Penilaian Sikap Spiritual
Indikator :
1.    Melakukan kegiatan pembelajaran secara religius setiap kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
2.    Menunjukkan sikap mengenali dan mengagumi segala ciptaan Tuhan

Lembar Penilaian Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
3   = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
4   = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
1   = kadang-kadang, apabila kadang-kadang Melakukan dan sering tidak Melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

                                    Nama Peserta Didik                        :…………………..
                                    Kelas                                                     :…………………..
                                    Tanggal Pengamatan                      :…………………..
                                    Materi Pokok                                     :…………………..
No
Aspek pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Nilai :        Jumlah Skor yang Diperoleh       
Jumlah Skor Maksimum

b.   Instrumen Penilaian Sikap
Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Observasi)
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku objektif, jujur, kritis dan bertanggung jawab dalam merancang dan melakukan percobaan asam dan basa.
Lembar Penilaian Observasi
Kelas                     :
Sekolah                :
No.
Nama
Sikap
Jumlah
Jujur
Bertanggung jawab


























Nilai :        Jumlah Skor yang Diperoleh       
Skor Maksimum
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah Melakukan


                    Nama Peserta Didik        : …………………….
                    Kelas                                     : ……........................
                    Tanggal Pengamatan      : ……………………
                    Materi Pokok                     : ……………………
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak Melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengikuti kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor




Nilai :        Jumlah Skor yang Diperoleh       
Skor Maksimum

Pedoman Observasi Sikap Bertanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah Melakukan
                    Nama Peserta Didik        : …………………….
                    Kelas                                     : ……........................
                    Tanggal Pengamatan      : ……………………
                    Materi Pokok                     : ……………………
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Nilai :        Jumlah Skor yang Diperoleh       
Skor Maksimum


c.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
Uraian 1
1.     Sebutkan pengertian efek rumah kaca!
Jawab : ......................................................................................................................
2.    Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global!
Jawab : ......................................................................................................................
3.    Sebutkan 3  faktor yang menyebabkan panas global!
Jawab : ......................................................................................................................
4.    Sebutkan 4 usaha untuk menanggulangi pemanasan global!
......................................................................................................................
5.       Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan!
............................................................................................................................
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer bumi memerangkap panas

2
2
·   Karbon monoksida (CO), Sulfur dioksida (SO2) dan Nitrogen Oksida (NO2)
·      CFC (Chloro Fluora Carbon)
·      Asap

2
3
Faktor yang menyebabkan pemanasan global di antaranya emisi CO2,
emisi metana, deforestation dan pembakaran lahan hutan, penggunaan
chlorofluorocarbons (CFCs), dan meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian



2
4
  Menggunakan energi terbarukan
meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan
mengurangi penggunaan CFCs
penghijauan
2
5
Dampak pemana mecair laut meningkat, hilangnya terumbu karang, kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran, dan penipisan san global yang telah nampak, di antaranya temperatur
Bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan
yang tidak menentu, mencairnya glasier yang menyebabkan volu
 lapisan ozon
2
Jumlah skor
10

Nilai  =   Jumlah Skor yang Diperoleh x 10

d.   Instrument Penilaian Ketrampilan
Penilaian lembar hasil analisis/presentasi
FORMAT PENILAIAN PRESENTASI
Topik                                         :
Nama Proyek                         :
Waktu Pelaksanaan            :
Nama Peserta didik             :
Kelas                                         :

No.
Aspek
Skor (1-4)
1.
a.   Persiapan
b.  Rumusan Judul
c.   Sistematika Kegiatan
d.  Keakuratan Informasi
e.  Analisis
f.    Penarikan Kesimpulan

Total Skor


 Demikian artikel tentang RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013 semoga bermanfaat.
  

LihatTutupKomentar