RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana sistematik dan terstruktur dalam pengelolaan pembelajaran berupa skenario pelaksanaan pembelajaran yang di susun untuk 1 atau lebih Kompetensi Dasar. Pengelolaan pembelajaran yang baik akan menghasilkan proses dan hasil yang baik pula termasuk untuk materi Pemanasan Global, agar pembelajaran materi pemanasan global kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 bisa berjalan dengan yang sebaik baiknya maka kita perlu untuk membuat RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013.
Kita akan coba menampilkan salah satu contoh RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Grobogan. Silakan lihat produknya.
Link Download
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMP N 1 GODONG
Kelas/Semester :
VII/2
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Topik :
Pemanasan
Global
Alokasi waktu :
12 x 40 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, pedu (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomen dan
kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
3.9. Memahami perubahan iklim
dan dampaknya bagi ekosistem termasuk
perubahan iklim.
|
3.9.1. Menjelaskan pengertian efek
rumah kaca
3.9.2. Menjelaskan proses terjadinya
pemanasan global.
3.9.3. Mendeskripsikan definisi
pemanasan global.
3.9.4. Mendeskripsikan penyebab
terjadinya
pemanasan
global.
3.9.5. Mendeskripsikan dampak dari
pemanasan global
bagi
kehidupan di bumi
3.9.6. Mendeskripsikan beberapa
upaya menanggulangi
pemanasan
global.
|
4.9. Membuat tulisan tentang
gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah
pemanasan
global dan/atau
perubahan
iklim.
|
4.6.1.Menyajikan
hasil pengamatan, mempresentasikan, dan
mengkomunikasikan hasilnya
4.6.2.Menerapkan pengamatan
(pemanasan global) untuk memecahkan
masalah yang relavan.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
3.9.1.1. Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
3.9.2.1. Peserta didik dapat
menjelaskan proses terjadinya pemanasan
3.9.3.1. Peserta didik dapat
mendeskripsikan definisi pemanasan global.
3.9.4.1. Peserta didik dapat
mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global.
3.9.5.1. Peserta didik dapat
mendeskripsikan dampakdari pemanasan global bagi kehidupan di bumi
3.9.6.1. Peserta didik dapat
mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi pemanasan global.
MATERI
Pertemuan Pertama
Efek Rumah Kaca
Efek
rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu
di atmosfer Bumi memerangkap panas. Prosesnya, yaitu ketika radiasi sinar matahari
mengenai permukaan Bumi, maka akan menyebabkan Bumi menjadi panas.Radiasi panas
Bumi akan dipancarkan lagi ke atmosfer. Panas yang
kembali dipantulkan oleh bumi
terhalang oleh polutan udara sehingga terperangkap dan dipantulkan kembali ke Bumi. Proses ini akan menahan beberapa panas yang terperangkap dan kemudian
menyebabkan suhu Bumi meningkat. Dengan
demikian, Bumi tetap menjadi hangat dan suhunya semakin meningkat.
Pertemuan kedua
Pengertian dan penyebab global warning
Global
warming atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama
pemanasan global merupakan proses naiknya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan
daratan bumi. Kenaikan suhu secara global (global warming)
diperkirakan menimbulkan perubahan yang lain seperti halnya menyebabkan cuaca
yang ekstrim dan menaikkan tinggi permukaan air laut. Selain itu, pengaruh yang
lain juga dapat dilihat dengan punahnya berbagai macam hewan, berpengaruhnya
terhadap hasil pertanian, dan hilangnya gletser
Salah
satu penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar fosil dengan meningkatnya kadar
CO2 di atmosfer. Konsumsi total bahan bakar osil (batubara dan minyak bumi) di
dunia akan meningkat sekitar 1% per tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau
yang sedang didiskusikan saat ini tidak dapat mencegah pemanasan global di masa
depan.
Dampak pemanasan global dapat terjadi karena berbagai
penyebab dari tingkah laku manusia
dalam memanfaatkan
segala sumber daya alam, dan tidak mengenal batas serta kesehatan Bumi ini. Pemanasan
global sudah lama dan telah terjadi. Jika dilihat dari gejala-gejala yang
ditimbulkan ini dapat dilihat dari berbagai perubahan-perubahan yang tidak
biasa
Pertemuan ketiga
Dampak
Pemanasan global
Konsekuensi
dari perubahan gas rumah kaca di atmosfer sulit diprediksi, tetapi beberapa dampak
yang telah nampak, yaitu sebagai berikut.
1)
Temperatur bumi semakin tinggi, dibeberapa wilayah mungkin emperaturnya menjadi
lebih tinggi dan di wilayah lainnya mungkin tidak.
2)
Tingginya temperatur Bumi menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan
secara keseluruhan, tetapi masing-masing wilayah akan bervariasi, beberapa
menjadi basah dan bagian lainnya kering.
3)
Mencairnya es di daerah kutub yang menyebabkan kadar air laut meningkat. Begitu
pula dengan daratan pantai yang landai, akan mengalami peningkatan akibat
penggenangan air.
4)
Hilangnya terumbu karang. Sebuah laporan tentang terumbu karang menyatakan
bahwa dalam kondisi terburuk, populasi karang akan hilang pada tahun 2100
karena meningkatnya suhu dan
pengasaman laut.
Sebagaimana diketahui bahwa banyak spesies lain yang hidupnya bergantung pada
terumbu karang.
5)
Kepunahan spesies yang semakin meluas. Menurut penelitian yang dipublikasikan
dalam “Nature”, peningkatan suhu dapatb menyebabkan
kepunahan lebih dari satu juta spesies. Sampai saat ini, hilangnya spesies
semakin tersebar luas dan daftar spesies yang terancam punah terus berkembang.
6)
Kegagalan panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, terdapat 90%
kemungkinan bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih antara pergi
bersama keluarganya ke tempat yang
beriklim
baik atau kelaparan akibat perubahan iklim dalam kurun 100 tahun.
7) Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon
adalah salah satu lapisan atmosfer yang berada di dalam lapisan stratosfer,
yaitu sekitar 17- 25 km di atas permukaan Bumi. Lapisan inilah yang melindungi manusia
dari bahaya radiasi sinar ultra violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit,
diketahui bahwa lapisan ozon secara berangsurangsur mengalami penipisan sejak pertengahan
tahun 1970.
Pertemuan Keempat
Usaha
Penanggulangan Pemanasan Global dan projek
Penyebab
terbesar pemanasan global adalah karbon dioksida (CO2) yang dilepaskan ketika
bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara yang dibakar untuk menghasilkan
energi. Besarnya penggunaan bahan bakar fosil untuk aktivitas kita akan
menyumbangkan peningkatan CO2 di udara. Kerusakan lapisan ozon adalah salah
satu contoh dampak dari aktivitas manusia yang mengganggu keseimbangan
ekosistem dan biosfer. Kondisi tingginya gas polutan di udara menyebabkan
terjadinya pemanasan global
Beberapa
usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global, diantaranya adalah
sebagai berikut.
1)
Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, gasoline,
kayu, dan bahan bakar organik lainnya.
2) Meningkatkan
efisiensi bahan bakar kendaraan.
3) Mengurangi deforestation.
4)
Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons
(CFCs) dengan menggunakan produk-produk Yang ramah lingkungan.
5) Mendukung dan turut serta pada kegiatan
penghijauan. Penelitian dari Louisiana
Tech University menemukan bahwa setiap pepohonan hijau dapat menangkap
karbon yang cukup untuk mengimbangi emisi yang dihasilkan dari pengendara mobil
selama setahun
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 : 3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
a.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.
Guru
dan peserta didik
mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan
masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.
Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menunjukkan posisi mereka di dalam kelas,
kemudian keberadaan kelas mereka.
e.
Guru meminta
peserta didik untuk menganalsis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas
ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dll, peran serta fungsi
keberadaan ruang-ruang tersebut serta apa jadinya bila ruang tersebut tidak
tersedia.
f.
Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
g.
Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
h.
Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
i.
Peserta
didik mendiskusikan LDS dengan
kelompoknya masing-masing.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
·
Peserta
didik diajak mengamati lingkungan dan menghungkan dengan perubahan musim saat
ini
|
90 menit
|
Menanya
|
·
Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang efek rumah kaca
|
|
|
Mengumpulkan data
|
·
Peserta
didik membaca buku dan mendata tentang
penyebab terjadinya
efek rumah kaca
·
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LDS mengidentifikasi konsep
yang harus diperoleh melalui
melalui kegiatan observasi.
|
|
|
Mengasosiasi
|
·
Peserta didik melaporkan hasil kegiatan
observasi dan analisis yang menunjukkan hasil observasi tentang penyebab efek rumah kaca
·
Peserta didik menyimpulkan tentang dampak efek rumah kaca
·
Peserta
didik menyimpulkan tentang cara mengatasi efek rumah kaca
·
Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep
yang belum jelas.
|
|
|
Mengkomunikasi
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatan
·
Peserta didik lain belajar menjadi pendengar
yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil
diskusi).
·
Peserta didik yang akan memberi tanggapan
atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.
|
|
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang
sudah dipelajari pada hari ini untuk
penguatan.
·
Guru
memberikan penghargaan bagi peserta didik/kelompok yang berkinerja baik.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama
peserta didik dengan
mengucapkan hamdalah.
|
15 Menit
|
Pertemuan 2: 2
JP (2 X 40 Menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
a.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.
Guru
dan peserta didik
mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan
masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.
Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.
Untuk menumbuhkan
motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar jaringan dan organ (daun dan
bagian-bagiannya), kemudian guru meninta peserta didik menyampaikan idenya
tentang “Apa yang dilihat?”
e.
Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.
Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.
Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.
Peserta
didik mendiskusikan LDS dengan
kelompoknya masing-masing.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
· Peserta didik mengamati gambar / video tentang
kondisi bumi 50 tahun lalu dengan sekarang
|
60 Menit
|
Menanya
|
· Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri global warning
|
|
|
Mengumpulkan data
|
·
Peserta
didik mendata semua hal yang menyebabkan cara mengatasi Diskusi kelompok
untuk mengkaji LDS mengidentifikasi konsep
yang harus diperoleh melalui
melalui kegiatan pengamatan.
|
|
|
Mengasosiasi
|
·
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan
dan analisis yang menunjukkan ciri-ciri global
warning
·
Peserta didik menyimpulkan tentang factor -faktor global warning
·
Peserta didik bertanya tentang dampak yang mempengaruhi terjadinya global warning
|
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatan tentang pencemaran
air dan cara mengatasinya
·
Peserta didik lain belajar menjadi pendengar
yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil
diskusi).
·
Peserta didik yang akan memberi tanggapan
atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.
|
|
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang
sudah dipelajari pada hari ini untuk
penguatan.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama
peserta didik dengan
mengucapkan hamdalah.
|
10 Menit
|
Pertemuan 3 :
3 JP (3 X 40 Menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
a.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.
Guru
dan peserta didik
mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan
masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.
Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.
Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan organ tubuh manusia yang diambil dari
torso manusia.
e.
Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.
Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.
Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok dan
didiskusikan dengan kelompoknya.
h.
Peserta
didik mendiskusikan LDS dengan kelompoknya masing-masing.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
· Peserta didik mengamati gambar/ vidio kejadian
akibat/dampak pemanasan global
|
90 Menit
|
Menanya
|
· Peserta didik bertanya apakah penyebab pemanasan
global
|
|
|
Mengumpulkan data
|
·
Peserta
didik observasi langsung dan mendata terjadinya pemanasan global
·
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LDS mengidentifikasi
·
konsep
yang harus diperoleh melalui
melalui kegiatan pengamatan.
|
|
|
Mengasosiasi
|
·
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan
dan analisis yang menunjukkan hasil
pengamatan tentang penyebab/dampak terjadinya pemanasan global
·
Peserta didik menyimpulkan tentang factor-faktor penyebab pemanasan global dan
cara mengatasinya
·
Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep
yang belum jelas.
|
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatan tentang dampak pemanasan
global
·
Peserta didik lain belajar menjadi pendengar
yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil
diskusi).
·
Peserta didik yang akan memberi tanggapan
atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.
|
|
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang
sudah dipelajari pada hari ini untuk
penguatan.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama
peserta didik dengan
mengucapkan hamdalah.
|
15 Menit
|
Pertemuan 4 :
5 JP (5 X 40 Menit )
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
a.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
b.
Guru
dan peserta didik
mengawali pembelajaran dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan
masing-masing untuk menumbuhkan sikap religius.
c.
Guru mempresensi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik sebelum pembelajaran, agar peserta didik siap menghadapi pembelajaran.
d.
Untuk menumbuhkan motivasi peserta didik, guru menunjukkan gambar berbagai macam sistem organ yang
menyusun tubuh manusia.
e.
Guru mengecek kesiapan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
f.
Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
g.
Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
h.
Peserta
didik mendiskusikan LDS dengan
kelompoknya masing-masing.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
·
Peserta
didik mengamati gambar efek pemanasan global
|
160 Menit
|
Menanya
|
·
Pserta didik
menanya bagaimana cara menanggulangi
pemanasan global
|
|
|
Mengumpulkan data
|
·
Peserta
didik mendata hasil pengamatan
langsung dengan menuliskan ciri-ciri pemanasan global
·
Diskusi
kelompok untuk mengkaji
LDS mengidentifikasi konsep
yang harus diperoleh melalui
melalui kegiatan pengamatan.
|
|
|
Mengasosiasi
|
·
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan
dan analisis yang menunjukkan hasil
pengamatan tentang ciri-ciri pemanasan global
·
Peserta didik menyimpulkan tentang penanggulangan pemanasan global
·
Peserta didik bertanya tentang konsep-konsep
yang belum jelas.
|
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatan tentang penanggulangan
pemanasan global dan cara mengatasinya
·
Peserta didik lain belajar menjadi pendengar
yang baik, dan menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil
diskusi).
·
Peserta didik yang akan memberi tanggapan
atau pertanyaan supaya tunjuk jari selanjutnya menyebutkan namanya.
|
|
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik mereview hasil pembelajaran yang
sudah dipelajari pada hari ini untuk
penguatan.
·
Guru memberikan
tugas pada peserta didik untuk mempelajari bab
selanjutnya untuk dibahas di pertemuan selanjutnya.
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajarn bersama-sama
peserta didik dengan
mengucapkan hamdalah.
|
10 Menit
|
E. PENILAIAN
a. Instrument
Penlaian sikap
Penilaian Sikap Spiritual
Indikator :
1.
Melakukan
kegiatan pembelajaran secara religius setiap kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
2.
Menunjukkan
sikap mengenali dan mengagumi segala ciptaan Tuhan
Lembar Penilaian Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
3
= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
4
= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
1
=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang Melakukan dan sering tidak Melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik :…………………..
Kelas :…………………..
Tanggal
Pengamatan :…………………..
Materi Pokok :…………………..
No
|
Aspek pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Jumlah Skor
Maksimum
b. Instrumen
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Observasi)
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku objektif, jujur, kritis dan
bertanggung jawab dalam merancang dan melakukan percobaan asam dan basa.
Lembar Penilaian Observasi
Kelas :
Sekolah :
No.
|
Nama
|
Sikap
|
Jumlah
|
|
Jujur
|
Bertanggung
jawab
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Maksimum
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah
tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah Melakukan
Nama Peserta Didik : …………………….
Kelas : ……........................
Tanggal Pengamatan : ……………………
Materi Pokok : ……………………
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak Melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya
orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengikuti kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Skor Maksimum
Pedoman Observasi Sikap Bertanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik dalam kejujuran. Berilah
tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah Melakukan
Nama Peserta Didik : …………………….
Kelas : ……........................
Tanggal Pengamatan : ……………………
Materi Pokok : ……………………
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Skor Maksimum
c.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Uraian 1
1.
Sebutkan pengertian
efek rumah kaca!
Jawab : ......................................................................................................................
2.
Sebutkan
gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global!
Jawab : ......................................................................................................................
3.
Sebutkan
3 faktor yang
menyebabkan panas global!
Jawab : ......................................................................................................................
4.
Sebutkan
4 usaha untuk menanggulangi pemanasan global!
......................................................................................................................
5.
Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan
kepunahan spesies? Jelaskan!
............................................................................................................................
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Efek rumah kaca
adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di
atmosfer bumi memerangkap panas
|
2
|
2
|
·
Karbon
monoksida (CO), Sulfur dioksida (SO2) dan Nitrogen Oksida (NO2)
·
CFC
(Chloro Fluora Carbon)
·
Asap
|
2
|
3
|
Faktor
yang menyebabkan pemanasan global di antaranya emisi CO2,
emisi
metana, deforestation dan
pembakaran lahan hutan, penggunaan
chlorofluorocarbons
(CFCs), dan meningkatnya penggunaan pupuk kimia
dalam pertanian
|
2
|
4
|
•
Menggunakan energi terbarukan
• meningkatkan
efisiensi bahan bakar kendaraan
• mengurangi
penggunaan CFCs
• penghijauan
|
2
|
5
|
Dampak pemana mecair laut meningkat, hilangnya terumbu karang,
kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran, dan
penipisan san global yang telah nampak, di antaranya temperatur
Bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan
yang tidak menentu, mencairnya glasier yang menyebabkan volu
lapisan ozon
|
2
|
Jumlah skor
|
10
|
d.
Instrument Penilaian Ketrampilan
Penilaian
lembar hasil analisis/presentasi
FORMAT PENILAIAN PRESENTASI
Topik :
Nama Proyek :
Waktu Pelaksanaan :
Nama Peserta didik :
Kelas :
No.
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
1.
|
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
c. Sistematika Kegiatan
d. Keakuratan Informasi
e. Analisis
f. Penarikan Kesimpulan
|
|
Total Skor
|
|
Demikian artikel tentang RPP IPa Pemanasan Global Kurikulum 2013 semoga bermanfaat.