-->

RUMUS CERDAS MATEMATIKA PADA KONSEP ALJABAR

RUMUS CERDAS MATEMATIKA PADA KONSEP ALJABAR APLIKASI LUAS BANGUN DATAR

RUMUS CERDAS MATEMATIKA


Rumus cerdas Matematika bisa didefinisikan rumus atau langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah secara cepat, mudah dan disenangi oleh siswa akan tetapi tetap menggunakan kaidah baku yang dapat dipertanggungjawabkan proses dan hasilnya, artinya relevan dengan aturan matematika yang berlaku. Pengambilan rumus cerdas dimaksudkan untuk mempermudah pengerjaan soal bentuk multiple choice atau pilihan ganda seperti Ujian Nasional mata pelajaran matematika.
Pada Kesempatan ini kami akan berbagi kepada bapak/ibu guru pengajar matematika tentang bagaimana membuat siswa dapat dengan cepat dan mudah menyelesaikan masalah konsep operasi aljabar aplikasi luas bangun datar yang berhubungan dengan konsep persamaan linier satu variabel.
Misalkan suatu persegi panjang memiliki keliling K cm, selisih panjang dan lebar persegi panjang tersebut adalah c, berapakah luas persegi panjang tersebut.
Penyelesaian
RUMUS CERDAS MATEMATIKA

  
Contoh Soal
1.     Diketahui keliling sebuah persegi panjang 28 cm. Selisih panjang dan lebarnya 2 cm luasnya adalah....
a.     35 cm2             c. 80 cm2
b.     48 cm2             d. 168 cm2

Jawab


RUMUS CERDAS MATEMATIKA








2, Keliling persegi panjang 80 cm, sedangkan panjangnya lebih 8 cm dari lebarnya. Luas persegipanjang adalah.... cm2
     a.     324             c. 384

     b.     364             d. 396




3. Suatu persegipanjang lebarnya 4cm kurang dari panjangnya. Jika keliling persegi panjang tersebut 32 cm maka luas persegi panjang adalah ....cm
      a.     48               c. 120
      b.     60               d. 252












Mudah bukan?
Matematika itu bukan mata pelajaran yang kaku akan tetapi fleksibel selama rumus yang digunakan valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Demikianlah penjelasan dari kami tentang rumus cerdas matematika pada konsep operasi aljabar aplikasi luas bangun datar persegi panjang.
semoga apa yang kami bagikan kepada bapak/ibu serta adik adik pecinta matematika bisa bermanfaat dan dapat dikembangkan sebagaimana mestinya.




LihatTutupKomentar