Thursday, January 25, 2018

Cara Menyelesaikan Soal Pangkat Dan Bentuk Akar

Cara Menyelesaikan Soal Pangkat Dan Bentuk Akar


Cara Menyelesaikan Soal Pangkat Dan Bentuk Akar

Soal ujian nasional yang menggunakan indikator cara menyelesaikan permasalahan pada soal operasi pangkat dan bentuk akar selalu keluar di setiap tahun. Jika kita bisa menemukan cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar maka akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan soal soalnya. 

Untuk mendapatkan nilai yang baik dan mampu mengerjakan semua soal ujian nasional diperlukan ketekunan dari siswa. Selain itu pemberian alternatif penyelesaian soal soal UN dengan cara cepat oleh guru akan sangat membantu siswa. Begitu pula Cara Menyelesaikan Soal Pangkat Dan Bentuk Akar ini. 

Jika kita amati, soal pangkat dan bentuk akar seharusnya dengan mudah dapat diselesaikan oleh siswa. Anda mungkin merasa sudah memberikan pelajaran ini bahkan masih tergolong hangat soalnya materi ini diberikan pada kelas 9 semester 2. Namun kenyataan dilapangan, siswa siswa kita ternyata sudah lupa bahkan banyak diantara mereka tidak bisa sama sekali. Lalu sebenarnya bagaimana agar cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar ini mudah dipahami siswa. 

Berawal dari kendala ketidakmampuan siswa dalam menemukan cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar, saya melakukan sedikit  perubahan teknik dalam membelajarkan soal pangkat dan bentuk akar ini. Teknik yang saya berikan ini meskipun tampak bertele tele namun sebenarnya teknik ini saya kembangkan dari analisis saya terhadap kharakteristik peserta didik. Dan cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar ini malah jutru membuat siswa paham dan mampu menyelesaikan soal soal pangkat dan bentuk akar. 

Pemahaman tentang cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akari ini menjadi sesuatu yang penting, tanpa pemahaman maka siswa akan terjebak dalam kesalahan perhitungan dan berujung pada nilai ujian yang rendah. 

Beberapa opsi pilihan pada soal ujian memang memiliki daya pengecoh yang sangat baik. Semua pengecoh dirancang sesuai daya nalar siswa. ketidak sempurnaan dalam memahami prosedur penyelesaian akan mengakibatkan siswa terjebak oleh pengecoh pilihan.

Kunci keberhasilannya terletak pada bagaimana siswa memahami pengertian materi, prosedur penyelesaian, dan membuat kesimpulan termasuk cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar ini.

Hal yang paling penting dilakukan siswa adalah setiap kali mengerjakan soal ujian maka siswa harus memeriksa kembali jawabannya. Oleh karena itu keterampilan siswa dalam melakukan review ulang jawaban harus kita biasakan termasuk pada kedua materi yang akan kita bahas ini. Mengecek kembali jawaban akan meningkatkan peluang menjawab dengan benar. Dengan memanfaatkan waktu secara maksimal maka soal soal ujian pun bisa diselesaikan dengan baik.

Pengalaman bertahun tahun sebagai seorang pendidik, saat saya melakukan analisis butir soal matematika yang keluar dalam ujian, ternyata soal ujian yang selama ini keluar juga menggunakan indikator yang tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 ini, indikator ujian ternyata  hampir sama dengan tahun 2016 dan tahun 2017. Hal ini menjadi keuntungan bagi kita, karena memudahkan kita  dalam melakukan prediksi soal.

Sebagai contoh pada kedua materi ini indokatornya adalah

1. melakukan operasi bilangan bulat positif berpangkat bulat negatif atau pecahan
2. melakukan operasi gabungan perkalian dan pembagian akar
3. menyederhanakan pecahan akar

Ketiga indikator  di atas jarang sekali mengeluarkan soal tipe HOTS atau soal yang menguji keterampilan bernalar atau kemampuan memecahkan masalah matematika. Jadi saya kira kedua materi ini bukanlah materi yang sulit. 

Soal pada operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar yang biasanya keluar dalam ujian tingkat SMP terdiri dari beberapa jenis atau tipe soal.

Berikut cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar.

1. Pangkat
   a. bilangan bulat positif berpangkat bilangan pecahan
      sebagai contoh
soal pangkat dan bentuk akarbilangan bulat pangkat negatif itu artinya 1/bilangan pangkat positif
       coba kalian perhatikan cara menyelesaikannya
soal pangkat dan bentuk akar
meskipun soal ini dalam kategori mudah namun tanpa pemahaman yang baik maka akibatnya akan menghasilkan hasil yang berbeda sehingga akan terjadi kesalahan dalam proses penyelesaiannya.

b. Bilangan bulat positif berpangkat bilangan pecahan
    lihat bagaimana menyelesaikannya

soal pangkat dan bentuk akar












c. pangkat bilangan berganda atau bertingkat
   simak pembahasan soal dibawah ini
soal pangkat dan bentuk akar
















4. Penjumlahan atau pengurangan bentuk akar
perhatikan contoh dan cara penyelesaiannya
soal pangkat dan bentuk akar
















2. Akar
a. Perkalian atau pembagian 
    Lihat ulasan berikut

soal pangkat dan bentuk akar














b. Penyederhanaan bentuk pecahan
    penyelesaiannya sebagai berikut.
soal pangkat dan bentuk akar




















Cara penyelesaian di atas sudah kita rancang dengan susunan yang sudah sesuai dengan pola pikir anak. Jadi cara belajar soal pangkat dan bentuk akar menjadi lebih mudah.

Demikian Artikel tentang cara menyelesaikan soal pangkat dan bentuk akar. Anda bisa mengkaji cara cara penyelesaian soal UN lain pada link link ini

semoga bermanfaat. Jika ingin tutorial  bentuk video anda bisa gabung di sini