Tuesday, January 23, 2018

LKS bahasa Indonesia kelas 8 KK 2013

LKS bahasa Indonesia kelas 8 KK 2013



LKS bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013



Sudahkah anda mempunyai LKS Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013? Lembar Kerja siswa atau yang biasa dikenal dengan sebutan LKS merupakan buku miniartur yang berisi konten materi, contoh soal dan latihan soal.

Biasanya  LKS adalah merupakan produk guru yang dirancang untuk mempermudah guru dalam memberikan pembelajaran sehingga siswa mudah dalam  menyerap materi pelajaran. Pelajaran bahasa indonesia merupakan mata pelajaran yang kaya akan teks dan kelemahan siswa SMP baik itu kelas 7, 8, 9 adalah keengganan untuk membaca teks yang panjang.

Apalagi pemberlakuan kembali kurikulum 2013 pada tahun 2017 lalu memiliki tujuan agar siswa memiliki kemampuan literasi dasar yaitu membaca yang baik, Lalu bagaimana agar siswa memiliki motivasi untuk senantiasa membaca jika buku teks siswa kurikulum 2013 yang diterbitkan jika siswa ogah ogahan membaca.

Langkah yang paling bijak adalah guru menyiapkan serangkaian struktur materi dan berbagai contoh soal yang dikemas dalam lembar kerja ini. Dengan konten atau isi yang lebih sederhana namun tetap memperhatikan sasaran kurikulum 2013 atau bisa dibilang sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013. Nah LKS bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013 ini sebagai wujud dari kreativitas guru dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik

Beberapa tahun silam muncul beberapa pandangan bahwa penggunaan lembar kerja  hanya akan membuat guru malas mengajar. Karena paradigma lama bemberi kesan ketika jam masuk pelajaran, guru masuk dan bilang kepada siswa " Anak-anak sekarang coba kalian buka Bukunya 8 halaman 27 samapai 30! kalian baca baik baik dipahami dan jika sudah selesai kerjakan latihan soal halaman 35 no 1 - 100". Hhhh ya itulah paradigma lampau yang harus kita ubah.

Sudah semestinya LKS menjadi sumber belajar lain selain buku teks pelajaran yang dikeluarkan pemerintah. Latihan soal yang disediakan pada LKS akan membantu siswa dalam memahami konteks materi. Dan tentunya keinginan kita semua bahwa nilai bahasa indonesia siswa siswa kita juga akan meningkat.

Fungsi utama LKS bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum  2013 ini ada empat yaitu

1. agar siswa dapat menerapkan konsep melalui serangkaian kegiatan yang dirancang.

2. menjadi ajang latihan soal. Soal yang disediakan  tentunya bisa dikerjakan oleh siswa jika siswa membaca buku teks. Jika hanya mengandalkan rangkuman materi LKS yang terbatas maka tak akan bisa. Jadi  memiliki peran sebagai penuntun belajar siswa. Pendongkrak semangat belajar dan motivasi untuk literasi membaca buku teks.

3. bisa digunakan sebagai bagian dari penguatan proses pembelajaran.

4, bisa juga digunakan sebagai petunjuk belajar praktik.

LKS bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum  2013  yang akan kami bagikan merupakan hasil karya dari guru. Beliau merasa bahwa perlu sekali dibuat sebagai sumber belajar lain selain buku teks siswa. Pembuatan LKS ini juga merupakan modifikasi dari beberapa buku teks pelajaran.

Oke langsung saja bagi bapak ibu atau adik adik yang menginginkan LKS bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013  bisa unduh dibawah ini



LKS bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013




Demikian artikel LKS Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013. semoga bermanfaat.