Wednesday, January 24, 2018

Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

SOAL UJIAN NASIONAL

Salah seorang murid saya pernah bertanya apakah semua soal hots sulit pak?. Ya itulah yang ada dibenak mereka semua. Dan memang kenyataannya soal hots yang selalu keluar diujian nasional memimili bobot yang tinggi. Untuk dapat mengerjakannya siswa bisa menghabiskan bermenit menit. Sehingga waktu yang begitu banyak hanya untuk menyelesaikan soal hots mengakibatkan mengurangi jatah waktu pengerjaan soal ujian nasional yang lain.

Untuk merubah pandangan siswa tersebut maka kita sebagai seorang guru harus melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis soal hots. Dengan banyak memberikan ruang kepada siswa dalam melakukan pengenalan dan pembiasaan akan cara menyelesaikan soal hots maka kendala tersebut baru bisa teratasi.

Salah satu inovasi yang bisa kita lakukan adalah mencoba memberikan konsep pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menggunakan secara maksimal logika berpikir atau biasa disebut keterampilan bernalar. Karena pada dasarnya keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud adalah keterampilan bernalar.

Keterampilan bernalar anak akan berkembang sedikit demi sedikit hingga akhirnya siswa bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk menyelesaikan soal pemecahan masalah. 

kharakter soal hots meliputi lima dasar keterampilan antara lain
1. keterampilan pemecahan masalah
2. keterampilan penalaran
3.keterampilan menggunakan  logika berpikir yang benar
4.keterampilan anak dalam menganalisis permasalahan.
5. keterampilan anak dalam menyimpulkan dan melakukan tindakan yang tepat.

Pada bagian ini kita akan membahas bagimana cara menggunakan ke lima keterampilan tersebut untuk menyelesaikan soal materi kesebangunan dan kekongruenan.

Kita tahu bahwa soal ujian nasional yang keluar 5 tahun terakhir selalu memasukan materi kesebangunan dan kekongruenan kedalam  kategori soal HOTS . Sebagai contoh ketika ujian tahun 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP soal kesebagunan dan kekongruenan juga termasuk kategori soal hots. 

Coba simak soal un 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP no 32 berikut

“Lebar Sungai”
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu dia menancapkan tongkat pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran seperti pada gambar.
SOAL UJIAN NASIONAL
 













Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A.11 m            C.         15 m
B.12 m             D.        16 m

Lalu bagaimana cara penyelesaiannya? yuk mari simak ulasannya!

anggap lebar sungai ED adalah x maka 
SOAL UJIAN NASIONAL

soal diatas merupakan soal hots yang menguji keteranmpilan memecahkan masalah.
Cara penyelelaiannnya bisa menggunakancara formal yang sudah di ajarkan kepada siswa saat kelas 9 semester satu atau bisa juga menggunakan cara lain dan memberikan hasil yang sama pula.
















Perhatikan tipe soal hots materi kesebangunan dan kekongruenan yang kedua ini. Soal ini juga diambil dari UN 2016 no 33
Perhatikan gambar sketsa berikut!

SOAL UJIAN NASIONAL


Pak Syahebi mempunyai sebidang lahan berbentuk jajargenjang. Sebagian lahan tersebut ditanami sayuran. Di sekeliling tanaman sayurandibuat jalan seperti tampak pada gambar di atas. Jika lahan dan lahan sayuran sebangun, maka luas jalan adalah ....
A.        200 m2 C.         150 m2
B.         152 m2 D.        136 m2

Cara penyelesaian yang paling mudah dan mengurangi sedikit perhitungan adalah menggunakan teknik perbandingan seperti yang pernah kita ulas pada artikel sebelumnya. Namun untuk lebih membiasakan teknik baru ini saya akan coba memberikan pembahasannya kembali

Kecil : Besar = 36 : 40 = 9 : 10.
lihat mana diatara gambar kecil dengan gambar besar yang ukurannya lebih lengkap? jelas yang kecil. maka kita cari luas yang kecil dulu.
SOAL UJIAN NASIONAL

Penyelesaian yang seperti disamping akan melatih anak untuk berpikir logis dan menemukan alternatif baru yang lebih sederhana dan mudah digunakan









Soal ketiga kita ambil dari UN 2015 no 27 Paket D.  coba kita analsis 
Panjang bayangan sebuah menara 15 m dan pada saat yang sama sebuah tiang pancang memiliki panjang bayangan 3 m. Jika tinggi tiang pancang 7 m, maka tinggi menara adalah ....
A.        19 meter          C.        25 meter
B.        22 meter          D.        35 meter

cara penyelesaianya adalah dengan menggunakan perbandingan. pertikan sketsa dibawah ini.
SOAL UJIAN NASIONAL
Sebenarnya masih banyak lagi contoh contoh soal hots yang menarik. Nanti di postingan berikutnya kita akan bahas lebih detil. Jika ada masukan terkait soal kesebangunan dan kekongruenan bisa konsultasikan disini.

Terimakasih!!

baca juga