Soal higher order thinking skill kesebangunan dan kekongruenan
Salah seorang murid saya pernah bertanya apakah semua soalhigher order thinking skill sulit pak?. Ya itulah yang ada dibenak mereka semua. Dan memang kenyataannya soal higher order thinking skill yang selalu keluar diujian nasional memimili bobot yang tinggi. Untuk dapat mengerjakannya siswa bisa menghabiskan bermenit menit. Sehingga waktu yang begitu banyak hanya untuk menyelesaikan soal higher order thinking skill mengakibatkan mengurangi jatah waktu pengerjaan soal ujian nasional yang lain.
Untuk merubah pandangan siswa tersebut maka kita sebagai seorang guru harus melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis soal higher order thinking skill. Dengan banyak memberikan ruang kepada siswa dalam melakukan pengenalan dan pembiasaan akan cara menyelesaikan soal higher order thinking skill maka kendala tersebut baru bisa teratasi.
Salah satu inovasi yang bisa kita lakukan adalah mencoba memberikan konsep pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menggunakan secara maksimal logika berpikir atau biasa disebut keterampilan bernalar. Karena pada dasarnya keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud adalah keterampilan bernalar.
Keterampilan bernalar anak akan berkembang sedikit demi sedikit hingga akhirnya siswa bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk menyelesaikan soal pemecahan masalah.
kharakter soal higher order thinking skill meliputi lima dasar keterampilan antara lain
1. keterampilan pemecahan masalah
2. keterampilan penalaran
3.keterampilan menggunakan logika berpikir yang benar
4.keterampilan anak dalam menganalisis permasalahan.
5. keterampilan anak dalam menyimpulkan dan melakukan tindakan yang tepat.
Pada bagian ini kita akan membahas bagimana cara menggunakan ke lima keterampilan tersebut untuk menyelesaikan soal materi kesebangunan dan kekongruenan.
Kita tahu bahwa soal ujian nasional yang keluar 5 tahun terakhir selalu memasukan materi kesebangunan dan kekongruenan kedalam kategori soal higher order thinking skill . Sebagai contoh ketika ujian tahun 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP soal kesebagunan dan kekongruenan juga termasuk kategori soal higher order thinking skill.
Coba simak soal un 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP no 32 berikut
“Lebar
Sungai”
Andi
ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk
itu dia menancapkan tongkat pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran seperti
pada gambar.
Andi
ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai
tersebut?
A.11
m C. 15 m
B.12 m D. 16 m
Lalu bagaimana cara penyelesaiannya? yuk mari simak ulasannya!
anggap lebar sungai ED adalah x maka
soal diatas merupakan soal higher order thinking skill yang menguji keterampilan memecahkan masalah.
Cara penyelesaian nnya bisa menggunakancara formal yang sudah di ajarkan kepada siswa saat kelas 9 semester satu atau bisa juga menggunakan cara lain dan memberikan hasil yang sama pula.
Perhatikan tipe soal higher order thinking skill materi kesebangunan dan kekongruenan yang kedua ini. Soal ini juga diambil dari UN 2016 no 33
Perhatikan gambar sketsa berikut!
Pak Syahebi mempunyai sebidang lahan
berbentuk jajar genjang. Sebagian lahan tersebut ditanami sayuran. Di sekeliling
tanaman sayuran dibuat jalan seperti tampak pada gambar di atas. Jika lahan dan
lahan sayuran sebangun, maka luas jalan adalah ....
A. 200
m2 C. 150 m2
B. 152 m2 D. 136 m2
Cara penyelesaian yang paling mudah dan mengurangi sedikit perhitungan adalah menggunakan teknik perbandingan seperti yang pernah kita ulas pada artikel sebelumnya. Namun untuk lebih membiasakan teknik baru ini saya akan coba memberikan pembahasannya kembali
Kecil : Besar = 36 : 40 = 9 : 10.
lihat mana diatara gambar kecil dengan gambar besar yang ukurannya lebih lengkap? jelas yang kecil. maka kita cari luas yang kecil dulu.
Penyelesaian yang seperti disamping akan melatih anak untuk berpikir logis dan menemukan alternatif baru yang lebih sederhana dan mudah digunakan
Soal ketiga kita ambil dari UN 2015 no 27 Paket D. coba kita analsis
Panjang bayangan sebuah
menara 15 m dan pada saat yang sama sebuah tiang pancang memiliki panjang
bayangan 3 m. Jika tinggi tiang pancang 7 m, maka tinggi menara adalah ....
A. 19
meter C. 25 meter
B. 22
meter D. 35 meter
cara penyelesaianya adalah dengan menggunakan perbandingan. pertikan sketsa dibawah ini.
Sebenarnya masih banyak lagi contoh contoh soal higher order thinking skill yang menarik. Nanti di postingan berikutnya kita akan bahas lebih detil. Jika ada masukan terkait soal kesebangunan dan kekongruenan bisa konsultasikan disini.
Terimakasih!!
baca juga
- cara menyelesaikan soal higher order thinking skill perbandingan.
- solusi cerdas menyelesaikan soal higher order thinking skill pecahan
- Cara Mudah menyelesaikan soal higher order thinking skill materi bilangan
- Soal higher order thinking skill kesebangunan dan kekongruenan
- menyelesaikan soal irisan lingkaran dalam 10 detik...
- Prediksi soal UN SMP 2018
- cara cepat selesaikan masalah rata rata dengan perbandingan
- Solusi Cerdas Menyelesaikan barisan geometri
- Menyelesaikan soal pola barisan bertingkat
- Menyelesaikan soal SPLDV dengan solusi cerdas
- cara cepat selesaikan soal pekerja tambahan