Wednesday, January 24, 2018

cara cepat selesaikan soal pekerja tambahan

cara cepat selesaikan soal  pekerja tambahan

selesaikan soal  pekerja tambahan

Senang sekali pada ksempatan ini kita bisa berbagi pengalaman cara cepat menyelesaikan soal pekerja tambahan. Soal ini sering keluar dalam ujian nasional. Awalnya sempat bingung juga ketika saya harus mengajarkan soal ujian nasional bagian tambahan pekerja. Soal ini termasuk kedalam soal perbandingan berbalik nilai. Kendala yang saya alami ketika harus memberikan gambaran penyelesaian soal pemecahan masalah yang terkait pekerjaan jika terhenti dan harus diselesaikan dalam waktu yang sama maka tambahan pekerjanya berapa?

Akhirnya setelah melalui serangkaian analisis sederhana saya bisa memberikan cara cepat selesaikan soal pekerja tambahan  tersebut dengan cepat dan hasil yang benar. 
Coba perhatikan soal dibawah ini? Apakah penyelesaian yang anda tawarkan bisa diserap oleh siswa? Hmm bukan menghina akan tetapi kebanyakan siswa akan sangat kesulitan dalam menyelesaikan soal ini. Lalu  bagaimana agar penyelesaiannya menjadi mudah bagi siswa? 
Oke kita mulai saja bagaimana cara cepat selesaikan soal pekerja tambahan  dan silahkan praktikan kepada siswa, saya yakin siswa kita akan lebih mudah dalam memahaminya.

Soalnya begini.
Suatu pekerjaan rencananya akan diselesaikan selama 25 hari oleh 20  orang pekerja.  Ternyata setelah 10 hari bekerja, pekerjaan terhenti selama 3 hari. Jika pekerjaan tersebut  harus diselesaikan tepat waktu, maka banyak pekerja yang diperlukan adalah ....
A.  6 orang           C. 25 orang
B.  15 orang          D. 30 orang

cara penyelesaiannya perhatikan sketsa berikut
SOAL UN SMP















Cara ini sudah saya buktikan dan hampir 100% siswa mampu menyelesaikan soal tipe ini. 

Lalu apakah aturan diatas juga berlaku untuk soal tentang tambahan pekerja jika terjadi perubahan rencana atau jadwal pekerjaan? Hmm Coba kita pelajari bersama!
Perhatikan soal berikut!

1.     Pekerjaan jembatan di desa Kalirejo menurut pemenang tender  dapat diselesaikan dalam waktu 48 hari dengan 24 pekerja. Jika tiba tiba ada perubahan rencana dan menginginkan pekerjaat itu dipercepat agar segera diresmikan sehingga pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam waktu 32 hari, banyak pekerja tambahan yang diperlukan adalah...
a.    9 orang
b.    10 orang
c.    12 orang
d.   36 orang

Penyelesaian
SOAL UN SMP
Catatan:
* Siswa waktu 32 diatas karena memang pekerjaannya belum dimulai. 

* Jumlah hari yang ditinggalkan maksudnya adalah selisih hari rencana awal denga n rencana akhir.

Ternyata rumus sederhana diatas juga bisa digunakan untuk tipe soal kedua. Keuntungan menggunakan rumus ini adalah anak langsung mendapatkan jawaban dan benar tanpa perlu mengitung terlebih dahulu pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dalam waktu 32 hari.

Cara cepat ini akan sangat efektif diterapkan saat siswa menghadapi tes, baik tes akhir semester maupun tes ujian nasional. Dengan menyelesaikan soal pekerjaan tambahan dengan cepat maka bisa menambah kuwota waktu untuk soal lain dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Demikian artikel tentang bagaimana cara cepat selesaikan soal pekerja tambahan. 

semoga artikel ini bermanfaat!