Wednesday, January 24, 2018

TRIK CEPAT SELESAIKAN SOAL DISKON HARGA PEMBELIAN

TRIK CEPAT SELESAIKAN SOAL DISKON HARGA PEMBELIAN



Tahukah kalian bahwa kesuksesan memperoleh nilai sempurna ujian nasional yang didapat oleh siswa siswa Indonesia seperti Ni Putu Tamara dari SMPN 1 Denpasar, Novia Meyzura dari SMPN 49 Jakarta dan masih banyak lagi merupakan hasil kerja keras dan tentunya mereka punya trik jitu untuk mendapatkan hasil yang seperti itu. Mengerjakan soal UN dengan persiapan matang diimbangi dengan strategi yang cepat dan tepat menjadi kunci utama memperoleh nilai sempurna. Nah kali ini kita akan membagikan salah satu trik cepat tersebut pada soal diskon harga pembelian.

Tepatnya UN  tingkat SMP  tahun 2016 berisi banyak sekali soal soal pemecahan masalah, termasuk juga soal aritmatika sosial tentang cara memilih toko dengan harga termurah jika tokotoko tersebut memberikan diskon berbeda beda. Keterampilan dalam mengolah logika berpikir akan sangat penting dalam menyelesaikan soal ini. Mengapa demikian? jawabnya mengerjakan soal Ujian Nasional adalah soal waktu, dengan waktu hanya 120 menit tanpa menggunakan trik tertentu, tanpa menggunakan cara cepat maka tak akan cukup waktu untuk memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan.

Coba kita perhatikan soal diskon yang keluar di ujian nasional 2016 dibawah ini.

“Toko Pakaian”
Ada empat toko menjal jenis barang yang sama. Daftar harga barang dan diskon seperti pada tabel.


Barang

Harga (Rp)
Diskon
Toko Rame
Toko Damai
Toko Seneng
Toko Indah
Baju
80.000
25%
20%
15%
10%
Celana
100.000
10%
15%
20%
25%

Ali akan membeli sebuah baju dan celana di toko yang sama. Di toko manakah Ali berbelanja agar diperoleh harga yang paling murah?
A.        Toko Rame      C.         Toko Seneng

B.         Toko Damai     D.        Toko Indah

Trik cepat penyelesaiannya

1. sederhanakan kedalam bentuk perbandingan yang paling kecil pada harga baju dan celana juga pada nilai diskon masing masing toko baik pada diskon baju maupun diskon pada celana.
2. logikanya toko dengan indeks diskon terbesarlah yang memberikan harga paling murah jadi tidak perlu kita mencari harga jual kedua barang pada masing masing toko. Jika kita bisa menghitung diskon yang paling besar maka pekerjaan selesai. 

Soal diatas jika disederhanakan akan didapati indeks pada masing masing item 


Barang

Harga (Rp)
Diskon
Toko Rame
Toko Damai
Toko Seneng
Toko Indah
Baju
8
5
4
3
2          
Celana
10
2
3
4
5








40+20
=60
32+30
=62
24+40
=64
16+50
=66







Karena toko indah yang memberikan indeks diskon terbesar maka Toko yang memberikan harga termurah jika membeli baju dan celana adalah toko indah.
Waw sangat mudah bukan.
Jika siswa mengetahui cara ini saya yakin soal pemecahan masalah tentang diskon ini akan jadi sangat gampang, cepat dan benar.

Bagaimana tertarik untuk menggunakan trik ini? buruan cari soal yang setipe dan lakukan!

Semoga artikel trik cepat selesaikan soal diskon harga pembelian ini memberikan manfaat bagik untuk guru sebagai pengajar maupun untuk siswa kita. namun perlu di ingat trik ini hanya dipakai untuk menyelesaikan soal pilihan ganda.