-->

RPP matematika Urutan bilangan bulat dan pecahan kelas 7 KK 2013

berikut ini kami sajikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) materi bilangan bulat untuk kelas 7 SMP. RPP tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 oke langsung saja kita simak! 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                  : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran                        : MATEMATIKA
Kelas/Semester                        : VII/1
Materi                                      : BILANGAN
Alokasi Waktu                        : 5  x 40 menit
Pertemuan                               : 2 pertemuan



A.   KOMPETENSI INTI

KI-1
:
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat ( positif dan negatif ) dan pecahan ( biasa, campuran, desimal, persen ).

3.1.1.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat ( positif dan  negatif  dengan urutan naik / turun
3.1.2.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan  pecahan

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan ( biasa, campuran, desimal, persen ).

4.1.1.   Menyelesaikan  masalah sehari- hari yang berkaitan  dengan bilangan bulat  dan pecahan.





C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat ( positif dan  negatif  dengan
      urutan naik / turun dengan benar
2.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan  pecahan dengan benar
3.   Menyelesaikan  masalah sehari- hari yang berkaitan  dengan bilangan bulat  dan pecahan dengan benar

D.      MATERI PEMBELAJARAN

1.      Materi pembelajaran Reguler
a.       Mengurutkan bilangan bulat
b.      Mengurutkan bilangan pecahan

2. Materi Pembelajaran Pengayaan
     Soal-soal kontekstual operasi mengurutkan bilangan

3.  Materi Pembelajaran Remidial
a.       Mengurutkan bilangan bulat
b.      Mengurutkan bilangan pecahan

D.   PENDEKATAN PEMBELAJARAN
      Pendekatan Saintifik


E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik  mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengurutkan bilangan bulat  dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
3.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk menyelesaikan LK yang diberikan guru
4.    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja.

10 menit
Inti
Mengamati
5.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang
6.          Guru memberikan penjelasan mengurutkan bilangan bulat negatif dan positif dengan menggunakan garis bilangan


Menanya
7.          Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru.
Mengumpulkan informasi
8.          Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 5-10.

Mengasosiasi
9.          Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru
10.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
11.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik

Mengomunikasikan
12.       Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

60 menit




Penutup

1.   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan.
2.   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, .
3.   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan.
4.   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Mengurutkan Bilangan Pecahan
5.   Guru memberikan PR yang diambil dari buku paket halama 10 pilih 4 soal
 10 menit
PR/ Tugas :
1.      Buku Paket halaman 10 pilih 4 soal
2.      Mempelajari materi Mengurutkan Bilangan Pecahan



Pertemuan 2 (kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik  mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat melakukan mengurutkan bilangan pecahan dan manfaatnya kehidupan sehari-hari
3.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk menyelesaikan LK yang diberikan guru
4.    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja.
5.    Guru mengecek tugas yang sebelumnya sudah diberikan, yaitu PR sebelumnya

10 menit
Inti
Mengamati
6.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang
7.          Guru memberikan penjelasan operasi perkalian pada bentuk aljabar
Menanya
8.          Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru.
Mengumpulkan informasi
9.          Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 38-45.

Mengasosiasi
10.      Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru
11.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
12.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik

Mengomunikasikan
13.       Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

95 menit

Penutup

1.   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan.
2.   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, .
3.   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan.
4.   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Operasi Pembagian pada Bentuk Aljabar
 15 menit
PR/ Tugas :
1.      Buku Paket halaman 45 pilih 4 soal
2.      Mempelajari materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat


F.         PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
                                   c.            Kisi kisi
Instrumen Test: lampiran 1
2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.

1-4
Instrumen: lihat Lampiran 2

PEMBELAJARAN REMIDIAL
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    Pembelajaran ulang
    Bimbingan perorangan
    Belajar kelompok
    Pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.




       PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi).


G.        MEDIA/ALAT DAN BAHAN, SUMBER BELAJAR

1. Media/Alat
:
LK Kelompok

2. Sumber Belajar
:
 -Buku Siswa VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul   Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 1-45)
-Buku Guru VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 73-80)
-Lingkungan ( Kejadian sehari-hari)




Mengetahui                                                                             Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                                Guru Mata Pelajaran,




Marko, S.Pd                                                              Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                     NIP. 19850113 2009021 003



















BILANGAN BULAT

PENILAIAN PENGETAHUAN
    a.          Teknik Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
    b.          Bentuk Instrumen:  Uraian
    c.          KISI-SISI

NO. URUT
MATERI
KOMPETENSI YANG DIUJI
INDIKATOR
NO. SOAL
BENTUK SOAL
1
2
3
4
5
6

1

bilngan bulat
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat ( positif dan negatif ) dan pecahan ( biasa, campuran, desimal, persen ).

3.1.1.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat ( positif dan  negatif  dengan urutan naik / turun
3.1.2.  Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan  pecahan

1,2,3,4
LKPD 1


1,2,3,4 LKPD
2
Uraian



Uraian
Lampiran 1
Lembar Kerja (LKPD 1) Pertemuan Pertama
Sub Materi Pokok : Urutan Bilangan Bulat dan Pecahan
Kelas / Semester   : VII / 1
Nama Kelompok  : ...........                      
DISKUSIKAN DALAM KELOMPOKMU !

1.      Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a.       12, 6, 8,5,10
b.      53,34,36,49,50,73
2.      Urutkan Bilangan berikut dengan urutan turun !
a.       -4,-7,-3,-6,-5
b.      -30, -43 ,-24, -50,-20
3.       Perhatikan Tabel berikut :
No
Nama Petani
Hasil Panen Petani
1.
Pak Agung
90 Kuintal
2.
Pak Burhan
86 Kuintal
3.
Pak Candra
67 Kuintal
4.
Pak Deni
96 Kuintal
Urutan hasil panen padi dari petani diatas dengan urutan turun adalah.....

4.       Susunlah deretan  bilangan berikut dengan urutan naik !
a.      7, 10, 3 , 8 ,20                                           c.  -60  ,  -35  , -27 , -30, -5
b.      5, 0 ,-7 , -4 , 7                                            d.   -4   ,  -23   , 8   , -17,11

Lampiran 2
Lembar Kerja (LKPD 2) Pertemuan Kedua
Sub Materi Pokok : Urutan Bilangan Bulat dan Pecahan
Kelas / Semeester : VII / 1
Nama Kelompok  : ...........          
DISKUSIKAN DALAM KELOMPOKMU !
          
1.      Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a.       2/3  ,  3/4 ,  7/8 ,  2/4
b.      7/24 ,  3/6 , 1/3 ,  3/8
2.       Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a.       0,3  ;  3,1 ;  2,3  ;  5,1
b.      1,12  ;   2,1  ; 3,22  ; 2,17
3.      Urutkan Bilangan berikut dengan urutan turun !
a.        2 2/3 , 1 ¾   ,3 1/3 ,2 2/3
c.       – 5 2/4  ,  -4 3/5 ,  -4 ½  , -1 3/2
d.       7% , 6% ,3%, 5%
e.       – 5 % , -8% , -1% , -6%





LihatTutupKomentar