Friday, January 26, 2018

cara mudah menghitung persen bunga pinjaman koperasi/Bank

cara mudah menghitung persen bunga pinjaman koperasi/Bank

persen bunga pinjaman

kali ini kita akan belajar bagaimana cara mudah menghitung persen bunga bang atau koperasi. Menghitung persen bunga pinjaman dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara paling mudah menurut pengalaman saya selama mengajar adalah dengan menggunakan teknik perbandingan. konsep perbadingan memang banyak sekali manfaatnya, selain bisa untuk menghitung persen bunga pinjaman juga bisa digunakan untuk menghitung lama waktu pinjaman dan besar angsuran Koperasi atau bank.

Menghitung bunga pinjaman, angsuran dan lama menabung masuk dalam kurikulum matematika SMP kelas 7 pada materi aritmatika sosial bersama dengan harga jual harga beli dan lain lain.. Materi ini selalu keluar dalam setiap ujian nasional dan masuk dalam kategori yang sulit. Selama beberapa tahun saya selalu berusaha agar anak didik bisa menguasai materi ini akan tetapi selalu ada saja kendalanya. Nilai ulangan harian pada materi menghitung persen bunga pinjaman selalu rendah, apalagi jika saya berikan soal soal bertipe ujian nasional sudah bisa dipastikan hasilnya nol besar. Oleh karena itu saya berusaha untuk mencari cara mudah menghitung persen bunga pinjaman bank atau koperasi.

Akhirnya setelah melakukan beberapa perrcobaan pada saat pembelajaran , cara mudah menghitung persen bunga pinjaman bank atau koperasi adalah dengan metode perbandingan. Beberapa tahun lalu saya mencoba untuk mengasosiasikan konsep perbandingan untuk mencari besar persen bunga pinjam dan lama menabung. Hasilnya sejauh ini lumayan efektif meskipun belum benar benar efektif. setidaknya cara ini lebih mudah digunakan dan mudah diingat siswa.

Kita mulai saja perhatikan contoh pengaplikasian cara mudah menghitung persen bungan pinjaman bank atau koperasi berikut ini!

contohnya seperti ini
Nina menyimpan uang Rp2.500.000,00 di sebuah Bank, setelah 8 bulan uangnya menjadi Rp2.600.000,00. Persentase bunga  pertahun yang diberikan oleh Bank tersebut adalah ….
A.  3,5%                     C. 5,0%
B.  4,5%                     D. 6,0%

Penyelesaian
Mo = 2.500.000
Ma = 2.600.000
Maka bunga dalam 8 bulan = 2.600.000 – 2.500.000 = 100.000
Jika dijadikan persentase bungan 8 bulan 
persen bunga pinjaman 
Jadi persentase bunga pinjaman yang di berikan oleh Bank = 6% pertahun

Mudah kan caranya? meskipun ditinjau dari sketsa penyelesaian terkesan lebih panjang akan tetapi jika anak sudah terbiasa maka mereka hanya akan menggunakan perbandingannya secara langsung.

Perhatikan contoh cara menghitung persen bunga pinjaman bank atau koperasi pada soal ke dua berikut.

Ani menabung  uang  Rp4.500.000,00 pada sebuah bank. Setelah 8 bulan  uangnya  diambil  sebanyak Rp4.740.000,00.  Persentase  bunga per tahun  adalah ....
a.  6%
b. 8%
c.  9%
d.  12%

penyelesaian dengan cara mudah
Mo = 4.500.000
Ma = 4.740.000
Bunga 8 bulan = 4.740.000 – 4.500.000 = 240.000
Gunakan perbandingan
persen bunga pinjaman

Pada contoh cara menghitung persen bunga pinjaman bank atau koperasi soal yang pertama dengan yang kedua terdapat dua langkah berbeda. Yang pertama menghitung dahhulu persentasenya baru gunakan perbandingan yang kedua membandingkan dulu baru menghitung persentase bunga pinjamannya.

Demikianlah artikel tentang cara menghitung persen bunga pinjaman bank atau  koperasi semoga artikel ini bermanfaat.