Saturday, January 27, 2018

RPP operasi bilangan pecahan

Dalam mengajarkan materi pecahan memang membutuhkan perencanaan yang baik, Sebuah RPP yang baik akan memberikan gambaran dengan jelas bagaimana cara operasi pecahan. Hal ini dilakukan karena materi pecahan selalu menjadi kendala bagi setiap jenjang pendidikan baik SD, SMP bahkan SMA pun banyak yang tidak menguasai. Dengan membuat rencana yang matang dan menggabungkan dengan pendekatan saintifik diharapkan mampu untuk mengatasi kendala pembelajaran tersebut. 
Berikut kami sajikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik pada materi opersi bilangan pecahan
operasi bilangan pecahan































A.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi.

No.
Kompetensi Dasar
IndikatorPencapaianKompetensi
      1.             
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung  bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.

3.2.4 Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan
.
      2.             
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
4.2.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

B.Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan benar
2.  Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan benar

C.    Materi Ajar
Materi pecahan sudah pernah dipelajari di Sekolah Dasar. Pada pertemuan kali ini akan mempelajari operasi penjumlahan bilangan pecahan.
Langkah menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan biasa :
1.      Penyebut disamakan
2.      Hasilnya adalah jumlah pembilang pembilang per penyebut yang sudah sama.

Contoh :
operasi bilangan pecahan




















D.           Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.              Guru memberi salam dan salah satu siswa memimpin berdoa;
2.              Guru menanyakan kabar , mengecek kehadiran siswa, mengajak bersyukur serta mendoakan temannya jika ada yang tidak masuk
Fase1: Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada siswa
3.              Siswa memperhatikan dan menanggapi fenomena yang disampaikan guru tentang operasi penjumlahan bilangan pecahan  dalam kehidupan sehari-hari sebagai motivasi.
(scientific : mengamati, menanya )
4.              Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
5.              Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6.              Siswa menjawab pertanyaan guru sebagai kemampuan prasyarat siswa tentang pecahan yang sama, mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa dan sebaliknya
25 menit
Inti
1.                       Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan bilangan pecahan
Fase 2 : Mengorganisasikansiswauntukmeneliti
2.                       Siswa berdiskusi secara kelompok untuk menganalisis, menalar,  mencoba mempraktekkan dan menyimpulkan langkah penyelesaian operasi penjumlahan bilangan pecahan yang dimulai pecahan biasa dengan pecahan biasa yang sama penyebutnyadengan panduan LKS 1.

Fase 3: Membantuinvestigasimandiridankelompok
3.                       Guru mengamati jalannya diskusi, membimbing dan menilai sikap , keaktifan siswa dan hasil diskusi


Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit
4.                       Kelompok yang mendapat undian mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memperhatikan, memeriksa, mengoreksi dan memberikan tanggapan
5.                       Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan tentang langkah langkah menyelesaikan operasi penjumlahan bilangan pecahan biasa yang penyebutnya sama
6.                       Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memberi motivasi dan penyemangat
7.                       Siswamelanjutkandiskusikelompokmembahastentangoperasi penjumlahan bilangan pecahan yang penyebutnya tidak sama dan operasi penjumlahan bilangan pecahan campuran
(scientific:mengumpulkan data, menanya)
8.                       Siswa secara Kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memperhatikan, memeriksa, mengoreksi dan memberikan tanggapan
(scientific:Mengasosiasi)
9.                       Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan tentang langkah langkah menyelesaikan operasi penjumlahan bilangan pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dan penjumlahan pecahan campuran.

10.                   Siswa mengerjakan latihan secara individu dengan  
         model ”COURSE REVIEW HOREY”
a.                        Siswa mengerjakan 9 soal
b.                       Jawaban akhir ditulis pada kotak 3 x 3
c.                        Setiap jawaban benar siswa berteriak ” Horey” pada waktu dikoreksi bersama dan mendapat score
d.                       Setiap baris atau kolom atau diagonal yang jawabannya benar mendapat tambahan nilai 1
Fase 5:Menganalisis danmengevaluasi proses mengatasimasalah
11..Siswa mengoreksi jawaban soal latihan dengan dibimbing  
       guru (scientific: Mengomunikasi)
12.. Siswa dengan nilai tertinggi mendapat reward
80 menit
Penutup
1.                       Dengan dipandu guru siswa merangkum isi pembelajaranya itu tentang penjumlahan pecahan dan langkah untuk menyelesaikan
2.                       Siswa melakukan refleksi pembelajaran dengan dipandu oleh Guru;
3.                       Siswa mendapat tugas untuk dikerjakan di rumah.
4.                       Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang Pengurangan pecahan
15 menit


E. Penilaian

1.     Pengetahuan
              a.     TeknikPenilaian: TesTertulislatihan
             b.     BentukInstrumen:  Uraian
              c.     Kisi kisi

Instrumen Test: lampiran 1

2.    Keterampilan
a.       TeknikPenilaian:Observasi
b.      BentukInstrumen: Check list
c.       Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
ButirInstrumen
             1.      
Mempresentasikanhasildiskusidari LKPD.

1-4
Instrumen: lihat Lampiran2

F. Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.                       Media
a.                        Papantulis
b.                       Microsoft Power point
c.                        LKPD
2.                       Alat
a.                        Kapur
b.                       Spidol
c.                        LCD
d.                       LayarProyektor
3.                       Sumberpembelajaran
a.            BukuSiswakelas VII Kurikulum 2013
b.           Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013


Mengetahui                                                                                Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                       Guru Mata Pelajaran,




Marko, S.Pd                                                                 Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                        NIP. 19850113 2009021 003