-->

RPP Konsep himpunan Kurikulum 2013


Mengajarkan peserta didik bagaimana memahami  konsep himpunan sangat penting. Penanaman konsep yang baik akan menjadi fondasi bagi pemahaman materi ajar berikutnya. Hal inilah yang menjadi tujuan dari pelaksanaan kurikulum 2013, yaitu menanamkan kepada anak konsep dan pemahaman siswa sesuai dengan alur berpikir siswa.

Membuat perencanaan pembelajaran yang mengakomodasi kegiatan menemukan konsep perlu dilakukan. Brikut ini kami sajikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Konsep himpunan yang sesuai dengan kurikulum 2013

silahkan simak.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP  )

Nama Sekolah                         : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : VII/Satu
Materi Pokok                          : Menemukan Konsep dan Penyajian Himpunan
Alokasi Waktu                        5 x 40 menit 


A.      Kompetensi Inti SMP Kelas VII:
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3.Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
3.4.1        mengidentifikasi konsep himpunan dalam peristiwa sehari-hari
3.4.2        mengidentifikasi konsep bukan himpunan dalam peristiwa sehari-hari
3.4.3        mengidentifikasi konsep anggota suatu himpunan
3.4.4        mengidentifikasi konsep bukan anggota suatu himpunan
3.4.5        mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan mendaftarkan anggotanya
3.4.6        mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan deskripsi
3.4.7        mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan notasi pembentuk himpunan


  1.  
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
4.4.1 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan anggota himpunan dan bukan anggota himp.
4.4.2 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menyatakan suatu himpunan

C.      Tujuan Pembelajaran
                 1.      mengidentifikasi konsep himpunan dalam peristiwa sehari-hari
                 2.      mengidentifikasi konsep bukan himpunan dalam peristiwa sehari-hari
                 3.      mengidentifikasi konsep anggota suatu himpunan
                 4.      mengidentifikasi konsep bukan anggota suatu himpunan
                 5.      mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan mendaftarkan anggotanya
                 6.      mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan deskripsi
                 7.      mengidentifikasi konsep penyajian suatu himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
                 8.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan anggota himpunan dan bukan anggota himp.
                 9.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menyatakan suatu himpunan

D.      Materi Pembelajaran
Materi ajar yang dipelajari peserta didik selama pertemuan pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan  RPP ini adalah:Menemukan Konsep Himpunan dan Penyajian Himpunan.
1.    Himpunan adalah sekumpulan objek atau benda yang memiliki karakteristik yang sama atau terdefinisi dengan jelas
2.    Simbol atau Lambang : agar nama sebuah himpunan tidak terlalu panjang kita dapat menuliskannya dengan huruf kapital, sementara anggota himpunan dapatdinyatakan/dituliskan dengan huruf kecil. Seluruh anggota himpunan dituliskan di dalam kurung kurawal dan untuk membedakan anggota-anggota himpunannya diberi tanda koma (,).
Himpunan A adalah himpunan semua huruf vokal. Penulisan himpunan A tersebut dapat kita lakukan sebagai berikut.
A = himpunan semua huruf vokal
Berdasarkan himpunan A, kita peroleh:

- Nama himpunannya adalah himpunan A.
Konsep himpunan
3.    Penyajian Himpunan.
Terdapat beberapa cara untuk menyajikan suatu himpunan dengan tidak mengubah makna himpunan tersebut,antara lain sebagai berikut.
a. Mendaftarkan anggotanya (enumerasi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan semua anggotanya yang dituliskan dalamkurung kurawal. A = {3, 5, 7}; B = {2, 3, 5, 7}; C = {a, i, u, e, o}
b. Menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya (diskripsi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan sifat yang dimiliki anggotanya. Perhatikan
Contoh:A = Himpunan semua bilangan ganjil yang lebih dari 1 dan kurang dari 8
B = Himpunan semua bilangan prima yang kurang dari 10
C = Himpunan semua huruf vokal dalam abjad Latin

c. Menuliskan notasi pembentuk himpunan
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menuliskan kriteria (syarat) keanggotaan himpunan tersebut.Himpunan ini dinotasikan sebagai berikut. A = {x | 1 <x < 8, x adalah bilangan ganjil},(dibaca A adalah himpunan yang anggotanya x, dengan (syarat) x lebih dari 1 dan x kurang dari 8 danx adalah bilangan ganjil)

E.      KegiatanPembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik serta berdoa;
3.      Peserta didik mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Himpunan dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
5.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh dengan LCD (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6.      Guru mengecek kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab
10menit
Inti
1.    Peserta didik mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan konsep himpunan (ada 3 contoh);
2.    Peserta didik menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian dari Konsep Himpunan dan Penyajian Himpunan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan Konsep Himpunan dan Penyajian Himpunan.
3.    Secara individu peserta didik menyelesaikan tugas masalah-1.1 tentang Konsep Himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;


4.    Secara kelompok, peserta didik berdiskusi membahas hasil tugas masalah-1.1 Anggota  kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukan;
5.    Beberapa peserta didik wakil kelompok (minimal tiga orang) melaporkan hasil penyelesaian masalah-1.1 Peserta didik tersebut ditunjuk secara acak oleh guru;
6.    Peserta didik dan guru membahas hasil penyelesaian masalah-1.1. Guru memberikan umpan balik;
7.    Secara berpasangan peserta didik menyelesaikan masalah-1.2 tentang menyusun dan mengidentifikasi Konsep Himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari  dan konsep matematika;
8.    Peserta didik dan guru membahas hasilan masalah-1.2. Guru memberi umpan balik. Hasil masalah-1.2 dipajang di tempat pajangan hasil karya.
60 menit
Penutup
1.      Pesertadidik dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang Konsep Himpunan.
2.      Peserta didik melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi pekerjaan rumah;
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu penyajian himpunan
10menit



Pertemuan 2
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik serta berdoa;
3.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai peserta didik;
4.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh dengan LCD (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
5.      Guru mengecek kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab
15menit
Inti
1.      Peserta didik mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait 3 contoh makanan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda, ”sekarang bagaimana cara menyajikan himpunan dengan cara yang berbeda?”
2.      Meminta siswa untuk mengamati cara penyajian himpunan dengan 3 cara, termasuk contohnya. (mengamati)
3.      Mempersilahkan siswa untuk menanya terkait 3 cara penyajian himpunan yang telahdiamati.(menanya)
4.      Memberi sedikit penjelasan bila ada siswa yang masih belum mengerti, terutamacara ke-3.
5.      Meminta siswa untuk membaca dan memahami terlebih dahulu cara menyajikan himpunan ada 3 cara. (mengumpulkan informasi, menalar)
6.      Selanjutnya meminta seorang siswa untuk menjelaskan cara penyajian himpunan tersebut kepada teman yang lain.(mengkomunikasi)
7.      Meminta siswa untuk memberikan contoh lain satu himpunan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda, misalnya himpunan A adalah himpunan bilangan bulatkurang dari 5.
8.      Meminta siswa lain untuk menanggapi contoh dan penyajian yang dilakukan oleh siswa tadi.
9.      Secara individu peserta didik menyelesaikan ’ayo kita menalar’ tentang penyajian himpunan.
10.  Meminta siswa untuk menukarkan jawabannya dengan teman sebangku dan diskusikan kembali jika masih ada jawaban yang berbeda. (mengumpulkan informasi, menalar)
11.  Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya.(mengumpulkaninformasi, mengkomunikasi)
12.  Guru member penguatan tentang kegiatan menalar, agar semua siswa memiliki pemahaman yang sama dan guru dapat melakukan penilaian saat diskusi.
80 menit
Penutup
1.      Peserta didik dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang penyajian Himpunan
2.      Peserta didik melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi pekerjaan rumah;
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu himpunan semesta dan diagram Venn
25menit

       F.     Penilaian
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
Instrumen Test: lampiran

2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.

1-4
Instrumen: lihat Lampiran 1
G.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
                 1.   Media
a.       Papan tulis
b.      Microsoft Power point
c.       LKPD

                2.   Alat
a.       Kapur
b.      Spidol
c.       LCD
d.      Layar Proyektor
               3.   Sumber pembelajaran
b.      Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
c.       Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013
d.      Bahan latihan-1;
e.       Bahan latihan-2;
f.       Bahan pekerjaan rumah                                                                            
           

                                                                                                                                                                       
Mengetahui                                                                                                Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                                       Guru Mata Pelajaran,

Marko, S.Pd                                                                                             Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                                                     NIP. 19850113 2009021 003

Demikian artikel RPP konsep himpunan yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 untuk SMP kelas 7 semester 1. Anda bisa mengembangkan lebih jauh agar sesuai dengan kondisi belajar di lingkungan anda
LihatTutupKomentar