Mengajarkan peserta didik bagaimana memahami konsep himpunan sangat penting. Penanaman konsep yang baik akan menjadi fondasi bagi pemahaman materi ajar berikutnya. Hal inilah yang menjadi tujuan dari pelaksanaan kurikulum 2013, yaitu menanamkan kepada anak konsep dan pemahaman siswa sesuai dengan alur berpikir siswa.
Membuat perencanaan pembelajaran yang mengakomodasi kegiatan menemukan konsep perlu dilakukan. Brikut ini kami sajikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Konsep himpunan yang sesuai dengan kurikulum 2013
silahkan simak.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok :
Menemukan Konsep dan Penyajian Himpunan
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit
A.
Kompetensi Inti SMP Kelas VII:
KI-1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3.Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah
kontekstual
|
3.4.1
mengidentifikasi konsep himpunan
dalam peristiwa sehari-hari
3.4.2
mengidentifikasi konsep bukan
himpunan dalam peristiwa sehari-hari
3.4.3
mengidentifikasi konsep anggota
suatu himpunan
3.4.4
mengidentifikasi konsep bukan
anggota suatu himpunan
3.4.5
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan mendaftarkan anggotanya
3.4.6
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan deskripsi
3.4.7
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
|
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
|
4.4.1 Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang melibatkan anggota himpunan dan bukan anggota himp.
4.4.2 Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari dengan menyatakan suatu himpunan
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
mengidentifikasi konsep himpunan
dalam peristiwa sehari-hari
2.
mengidentifikasi konsep bukan
himpunan dalam peristiwa sehari-hari
3.
mengidentifikasi konsep anggota suatu
himpunan
4.
mengidentifikasi konsep bukan anggota
suatu himpunan
5.
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan mendaftarkan anggotanya
6.
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan deskripsi
7.
mengidentifikasi konsep penyajian
suatu himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
8.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang melibatkan anggota himpunan dan bukan anggota himp.
9.
Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari dengan menyatakan suatu himpunan
D.
Materi Pembelajaran
Materi
ajar yang dipelajari peserta didik selama pertemuan pelaksanaan pembelajaran
yang menggunakan RPP ini adalah:Menemukan Konsep
Himpunan dan Penyajian Himpunan.
1. Himpunan adalah
sekumpulan objek atau benda yang memiliki karakteristik yang sama atau terdefinisi
dengan jelas
2. Simbol atau Lambang : agar nama sebuah himpunan
tidak terlalu panjang kita dapat menuliskannya dengan huruf kapital, sementara
anggota himpunan dapatdinyatakan/dituliskan dengan huruf kecil. Seluruh anggota
himpunan dituliskan di dalam kurung kurawal dan untuk membedakan
anggota-anggota himpunannya diberi tanda koma (,).
Himpunan A adalah himpunan semua huruf vokal. Penulisan himpunan A tersebut
dapat kita lakukan sebagai berikut.
A = himpunan semua huruf vokal
Berdasarkan himpunan A, kita peroleh:
- Nama himpunannya adalah himpunan A.
3. Penyajian Himpunan.
Terdapat beberapa cara untuk menyajikan suatu himpunan dengan tidak
mengubah makna himpunan tersebut,antara lain sebagai berikut.
a. Mendaftarkan
anggotanya (enumerasi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan semua anggotanya yang
dituliskan dalamkurung kurawal. A = {3, 5, 7}; B = {2, 3, 5, 7}; C = {a, i, u,
e, o}
b. Menyatakan sifat
yang dimiliki anggotanya (diskripsi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan sifat yang dimiliki
anggotanya. Perhatikan
Contoh:A = Himpunan semua bilangan ganjil yang lebih dari 1 dan kurang dari
8
B = Himpunan semua bilangan
prima yang kurang dari 10
C = Himpunan semua huruf
vokal dalam abjad Latin
c. Menuliskan
notasi pembentuk himpunan
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menuliskan kriteria (syarat) keanggotaan
himpunan tersebut.Himpunan ini dinotasikan sebagai berikut. A = {x | 1
<x < 8, x adalah bilangan ganjil},(dibaca A adalah himpunan
yang anggotanya x, dengan (syarat) x lebih dari 1 dan x kurang
dari 8 danx adalah bilangan ganjil)
E.
KegiatanPembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru memberi salam
dan mengajak peserta didik berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran peserta didik serta berdoa;
3.
Peserta didik
mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Himpunan dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Guru
mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai peserta didik;
5.
Guru menginformasikan
cara belajar yang akan ditempuh dengan LCD (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu
dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan
berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6.
Guru mengecek
kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab
|
10menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik
mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan konsep himpunan (ada 3 contoh);
2.
Peserta didik
menganalisis, menalar, mencoba dan
menyimpulkan pengertian dari Konsep Himpunan dan Penyajian Himpunan berdasarkan hasil pengamatan dan tanya-jawab pada sajian contoh
peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan Konsep Himpunan dan Penyajian Himpunan.
3.
Secara individu peserta didik menyelesaikan tugas masalah-1.1 tentang Konsep Himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;
4.
Secara kelompok, peserta
didik berdiskusi membahas hasil tugas masalah-1.1 Anggota kelompok saling memeriksa,
mengoreksi dan memberikan masukan;
5.
Beberapa peserta
didik wakil kelompok (minimal tiga orang) melaporkan hasil penyelesaian masalah-1.1 Peserta didik tersebut ditunjuk secara acak oleh guru;
6.
Peserta didik dan
guru membahas hasil penyelesaian masalah-1.1. Guru memberikan umpan balik;
7.
Secara berpasangan peserta didik menyelesaikan masalah-1.2 tentang menyusun dan mengidentifikasi Konsep Himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;
8.
Peserta didik dan
guru membahas hasilan masalah-1.2. Guru memberi umpan
balik. Hasil masalah-1.2 dipajang di tempat
pajangan hasil karya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Pesertadidik dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang Konsep Himpunan.
2.
Peserta didik melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.
Guru memberi
pekerjaan rumah;
4.
Guru menginformasikan
garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu penyajian himpunan
|
10menit
|
Pertemuan
2
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru memberi salam
dan mengajak peserta didik berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran peserta didik serta berdoa;
3.
Guru
mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai peserta didik;
4.
Guru menginformasikan
cara belajar yang akan ditempuh dengan LCD (pengamatan dan demonstrasi
disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan
latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal,
pemajangan hasil latihan)
5.
Guru mengecek kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab
|
15menit
|
Inti
|
1. Peserta didik mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait 3
contoh makanan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda, ”sekarang bagaimana
cara menyajikan himpunan dengan cara yang berbeda?”
2. Meminta siswa untuk mengamati cara penyajian himpunan dengan 3 cara, termasuk contohnya. (mengamati)
3. Mempersilahkan siswa untuk menanya terkait 3 cara penyajian himpunan yang telahdiamati.(menanya)
4. Memberi sedikit penjelasan bila ada siswa yang
masih belum mengerti, terutamacara ke-3.
5. Meminta siswa untuk membaca dan memahami terlebih dahulu cara menyajikan himpunan ada 3 cara. (mengumpulkan informasi, menalar)
6. Selanjutnya meminta seorang siswa untuk menjelaskan cara penyajian himpunan tersebut kepada teman yang lain.(mengkomunikasi)
7. Meminta siswa untuk memberikan contoh lain satu himpunan yang
disajikan dengan 3 cara yang berbeda, misalnya himpunan A adalah himpunan bilangan bulatkurang dari 5.
8. Meminta siswa lain untuk menanggapi contoh dan penyajian yang dilakukan
oleh siswa tadi.
9. Secara individu peserta didik menyelesaikan ’ayo kita menalar’ tentang penyajian
himpunan.
10. Meminta siswa untuk menukarkan jawabannya dengan teman sebangku dan diskusikan kembali jika masih ada jawaban yang berbeda. (mengumpulkan informasi, menalar)
11. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya.(mengumpulkaninformasi, mengkomunikasi)
12. Guru member penguatan tentang kegiatan menalar, agar semua siswa memiliki pemahaman yang sama dan guru dapat melakukan penilaian saat diskusi.
|
80 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang penyajian Himpunan.
2.
Peserta didik melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.
Guru memberi
pekerjaan rumah;
4.
Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu himpunan semesta dan diagram Venn
|
25menit
|
F. Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen Test: lampiran
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian:Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Mempresentasikan
hasil diskusi dari LKPD.
|
1-4
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
G.
Media,
Alat,
dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a.
Papan
tulis
b.
Microsoft Power point
c.
LKPD
2.
Alat
a.
Kapur
b.
Spidol
c.
LCD
d.
Layar
Proyektor
3.
Sumber pembelajaran
b.
Buku
Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
c.
Buku Guru kelas VII Kurikulum 2013
d.
Bahan latihan-1;
e.
Bahan latihan-2;
f.
Bahan pekerjaan rumah
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko
Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003
Demikian artikel RPP konsep himpunan yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 untuk SMP kelas 7 semester 1. Anda bisa mengembangkan lebih jauh agar sesuai dengan kondisi belajar di lingkungan anda