Kali ini kita akan berbagi RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013. Himpunan semesta dan diagram venn pada rencana pelaksanaan pembelajaran disajikan dalam satu pertemuan atau setara 3 jam pelajaran. Kedua pokok bahasan ini menjadi dasar dari materi operasi himpunan sehingga pemahaman yang baik pada materi ini menjadi prasyarat dari operasi himpunan.
Untuk mengajarkan himpunan semesta dan diagram venn diperlukan perencanaan yang matang. berikut kami sajikan RPP himpunan semesta dan diagram venn yang sesuai dengan kurikulum 2013 agar bisa menjadi bahan mengajar bagi anda sebagai seorang pendidik.
RPP himpunan semesta dan diagram venn kurikulum 2013 ini sudah menggunakan model pembelajaran saintifik jadi sangat baik jika diterapkan pada pembelajaran anda di sekolah masing masing.
RPP himpunan semsesta dan diagram venn kurikulum 2013
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah
kontekstual
|
3.4.1
mengidentifikasi unsur-unsur himpunan
semesta yang melibatkan
peristiwa sehari-hari;
3.4.2
mengidentifikasi unsur-unsur diagram Venn yang
melibatkan konsep matematika;
3.4.3
menyelesaikan
soal tentang himpunan semesta
3.4.4
menyajikan himpunan dengan diagram Venn.
|
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
|
4.4.1
Menemukan Himpunan Semestadarisuatuhimpunan dalam kehidupan
sehari-hari
4.4.2 Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari dalam diagram Venn dari beberapa himpunan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
mengidentifikasi unsur-unsur himpunan semesta yang melibatkan peristiwa sehari-hari dengan benar
2.
mengidentifikasi unsur-unsur diagram Venn yang
melibatkan konsep matematika
dengan benar
3.
menyelesaikan
soal tentang himpunan semesta dengan benar
4. menyajikan himpunan dengan diagram Venn dengan benar
5. Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari dalam diagram Venn dari beberapa himpunan dengan benar
D. Materi Ajar
1.
Menentukan himpunan semesta dari
suatu himpunan
contoh : Pak Amat mengajar di kelas 7F memberi
tugas kepada Joko, Anto dan Tedy.Joko mendata nama depan siswa yang diawali
dengan huruf A, Anto mendata nama depan
siswa yang diawali dengan huruf M dan Tedy
mendata siswa yang tidak didata Joko dan
Anto
(1)
langkah apa yang harus dilakukan ketiga siswa
tersebut ?
(2)
apakah persamaan tugas ketiga siswa itu ?
(3)
apakah perbedaan tugas ketiga siswa itu ?
Jawab : (1) ketiga siswa mendata nama-nama sesuai
tugas yang diberikan
(2) ketiga siswa melakukan kegiatan yang
sama
(3) Joko mendata siswa yang nama depannya
diawali dengan huruf A
Anto mendata siswa yang nama depannya diawali
dengan huruf M
Tedy mendata siswa yang tidak termasuk yang didata Joko
dan Anto
Perhatikan
kembali pekerjaan kamu, langkah pertama yang harus dilakukan Joko, Anto, dan Tedy
adalah mencari nama-nama siswa dikelas 7F, selanjutnya memilih nama sesuai
dengan ketentuan yang
diberikanSeluruh siswa di kelas 7F merupakan himpunan semesta dari himpunan
siswa yang namanya dimulai dari huruf A, huruf M dan sisa siswa dikelas 7F
Berdasarkan masalah-masalah yang
telah kita selesaikan
di atas, kita
berikan definisi himpunan semesta
sebagai berikut:
Himpunan semesta
adalah himpunan seluruh
unsur yang menjadi
objek pembicaraan, dan dilambangkan dengan S.
2.
Menyajikan
diagram Venn dari suatu himpunann
Guru menugaskan
empat orang siswa untuk menyebut bilangan yang kurang dari 10. Ikhsan menyebut
dari bilangan prima, Khayan dari bilangan bulat positif, Noni dari bilangan
ganjil positif, dan Mia dari bilangan genap positif. Bantulah keempat siswa itu
mengerjakan tugasnya! Apa persamaan dan perbedaan tugas keempat orang siswa
itu?
Misalkan
himpunan semua bilangan prima yang kurang dari 10 adalah A.
Misalkan
himpunan semua bilangan bulat positif yang kurang dari 10 adalah B.
Misalkan
himpunan semua bilangan ganjil positif yang kurang dari 10 adalah C.
Misalkan
himpunan semua bilangan genap positif yang kurang dari 10 adalah D.
Maka
dapat dituliskan:
- A
= {2,3,5,7}
- B
= {1,2,3,4,5,6,7,8,9}
- C
= {1,3,5,7,9}
- D
= {2,4,6,8}
Sajikanlah himpunan A, B, C, dan D
dalam sebuah diagram venn dengan semesta
pembicaraannya (S) adalah himpunan
bilangan bulat positif.
Aturan dalam
pembuatan diagram Venn adalah sebagai berikut.Suatu
himpunan dapat dinyatakan dengan cara menuliskan anggotanya dalam suatu yang dinamakan diagram Venn. Aturan dalam pembuatan diagram Venn adalah sebagai
berikut
(a) Menggambar sebuah persegi
panjang untuk menunjukkan semesta dengan mencantumkan huruf S di pojok kiri
atas.
(b) Menggambar bangun tertutup.
(c) Memberi noktah (titik) berdekatan dengan
masing-masing anggota himpunan.
D. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru memberi
salam dan mengajak siswa berdoa;
2. Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
3. Siswa
mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Himpunan semesta dan diagram Venn dalam
kehidupan sehari-hari;
4. Guru
mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa;
5. Guru
menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan
demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok,
pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara
klasikal, pemajangan hasil latihan)
6. Guru mengecek
kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
|
15 menit
|
Inti
|
1. Meminta siswa untuk mengamati langkah-langkah
yang dilakukan
oleh ketiga siswa tersebut.
2. Memfokuskan pengamatan pada persamaan dan perbedaan tugas yang
dilakukan
oleh ketiga siswa.(mengamati)
3. Memberi penjelasan tentang himpunan semesta
yang muncul
dari persamaan tugas dari ketiga siswa.
4. Memberi kesempatan kepada siswa untuk
5. Bertanya setelah mereka mengamati.(menanya)
6. Meminta siswa untuk memahami bagaimana cara menggambar
diagram Venn.(mengumpulkaninformasi, menalar)
7. Memberi kesempatan kepada siswa yang
sudah
mengerti untuk menjelaskan cara menggambar
diagram Venn kepada temannya.(mengkomunikasi)
8. Memberi bantuan secukupnya bagi siswa yang
mengalami
kesulitan dalam menggambar
diagram Venn.
9. Meminta siswa mengamati tentang macam-macam
diagram Venn (mengamati)
10.
Membiarkan dulu siswa berpikir tentang macam-macam
diagram Venn yang ada dan jangan diberi penjelasan dulu tentang hal tersebut.(mengumpulkan informasi,
menalar)
11. Menyuruh siswa mengemukakan pendapatnya mengenai macam-macam
diagram Venn kemudian ditanggapi oleh siswa
lain. (mengkomunikasi)
12. Guru
memberikan
konfirmasi terkait pendapat dan tanggapan dari siswa.
|
80menit
|
Penutup
|
1. Siswa dan guru
merangkum
isi pembelajaran yaitu tentang pengertian himpunan semesta dan melukis diagram Veen.
2. Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru
3. Guru memberi
pekerjaan rumah (contoh 2.5 dan ayo kita menalar)
4. Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu
mengerjakan kuis tentang himpunan
semesta dan melukis diagram Venn.
|
25menit
|
E.Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian:Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Mempresentasikan
hasil diskusi dari LKPD.
|
1-4
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
F.Media, Alat, danSumber Pembelajaran
1. Media
a.
Papantulis
b.
Microsoft Power point
c.
LKPD
2. Alat
a.
LCD
b.
Layar
Proyektor
3. Sumberpembelajaran
a.
BukuSiswakelas
VII Kurikulum 2013
b.
Buku Guru kelas VII Kurikulum 2013
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap
Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko
Suseno, S.Pd
NIP.19630716
198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003