Saturday, January 27, 2018

RPP kardinalitas himpunan dan himpunan kosong

menyusun suatu rencana yang baik akan menghasilkan out put yang baik pula. Menjelaskan kepada anak apa itu himpunan kosong dan apa itu kardinalitas himpunan  akan sangat sulit jika tidak menggunakan logika berpikir yang baik. Mari kita sebagai pendidik senantiasa membuat rencana pembelajaran yang baik agar tujuan pembelajaran kita tercapai.

Berikut ini kami sajikan salah satu contoh RPP himpunan dengan poko pembelajaran kardinalitas himpunan dan himpunan kosong. Silahkan simak
kardinalitas himpunan dan himpunan kosong


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
3.4.Menjelaskan dan       menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
             3.4.5        menyebutkan pengertian Kardinalitas himpunan;
            3.4.6        menentukan kardinalitas himpunan yang diketahui;
            3.4.7        menyebutkan pengertian himpunan kosong;
            3.4.8        menyebutkan contoh himpunan kosong.


  1.  
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
4.4.3 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan kardinalitas himpunan.
4.4.4 Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan himpunan kosong.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      menyebutkan pengertian Kardinalitas himpunan dengan benar
2.      menentukan kardinalitas himpunan yang diketahui dengan benar
3.      menyebutkan pengertian himpunan kosong dengan benar
4.      menyebutkan contoh himpunan kosong dengan benar
5.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan kardinalitas himpunan dengan benar
6.      Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan himpunan kosong dengan benar


D.    Materi Pembelajaran
1.      Kardinalitas Himpunan
Kardinalitas Himpunan P adalah banyaknya anggota himpunan P, yang dapat disimbolkan dengan n(P),
Contoh: H = {a, b, c, d, e}, maka n(H) = 5
2.      Himpunan Kosong
Himpunan Kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota, yang dapat disimbolkan dengan { } atau Æ.
Contoh: Bilangan Cacah yang kurang dari 0

E.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
3.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
4.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
5.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
15 menit
Inti
1.    Meminta siswa untuk mencermati masalah dan alternative pemecahan Masalah 2.3 dan berilah penjelasan secukupnya (mengamati)
2.    Memfokuskan pengamatan siswa pada anggota himpunan yang sama dari masing-masing himpunan.
3.    Melakukan kegiatan lain yang kreatif untuk menanamkan konsep tentang kardinalitas himpunan kepada siswa (mengumpulkan informasi)
4.    Membuat contoh penyajian himpunan dengan tiga cara dan siswa diminta untuk menentukan kardinalitas himpunan.(mengkomunikasi)
5.    Jika siswa kelompok rendah sudah bias menentukan kardinalitas himpunan,maka semua siswa sudah menguasai konsep kardinalitas himpunan.;
6.    Meminta siswa untuk memahami perbedaan himpunan hingga dan himpunan tak hingga(menalar)
7.    Meminta siswa untuk memahami kardinalitas himpunan dengan baik, yaitubilangan yang menunjukkan banyaknya anggota suatu himpunan
8.    Meminta siswa untuk mengerjakan soaldengan mandiri.
9.    Melakukan penilaian proses saat siswamengerjakan.
10.    Memberi bantuan bagi siswa yang masih mengalami kesulitandalam meyelesaikansoal tersebut.
11.    Setelah siswa mengerjakan soal, meminta siswa untuk mencocokkan hasil pekerjaannya dengan teman sebangku danapabila ada perbedaan
12.    Meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaaanya di depan kelas.(mengkomunikasikan)
13.    Guru mengkonfirmasi apa yang dipresentasikan oleh siswa.
60 menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang pengertian kardinalitas himpunan, nilai kardinalitas suatu himpunan
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.      Guru memberi pekerjaan rumah;
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan kuis tentang Himpunan Kosong.
5 menit

Pertemuan 5
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
3.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
4.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
5.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
15 menit
Inti
1.      Meminta siswa untuk mengamati masalah 2.3 (mengamati)
2.      Meminta siswa untuk menemukan siapa yang mendapatkan undian berhadiah dan mengapa ada siswa yang mendapat  undian berhadiah(menggali informasi, menalar)
3.      Membrikan penguatan dan menyamakan persepsi siswa tentang kesimpulan dari masalah tersebut
4.      Meminta siswa memberikan contoh lain tentang himpunan kosong.(menalar, mengkomunikasi)
5.      Memberi penguatan konsep himpunan dengan symbol atau{ }.
6.      Meminta siswa untuk mendisukikan dengan teman sebanguknya mengenai perbedaan himpunan kosong dengan himpunan anggota nol dengan simbol {0}. (menanya)
7.      Meminta siswa mendiskusikan perbedaan antara kosong dan nol dalam kehidupan sehari-hari yang sering salah, misalnya menyebutkan nomor HP dengan kosong seharusnya nol.(menalar)
8.      Indikator siswa sudah menguasai konsep himpunan kosong adalah siswa dapat memberikan contoh himpunan kosong dan dapat membedakan himpunan kosong dan himpunan tidak kosong.(menggali informasi, mengkomunikasi)
9.      Meminta siswa untuk mengerjakan soal dengan mandiri dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang himpunan kosong.
10.  Melakukan penilaian proses saat siswa mengerjakan.
11.  Memberi bantuan bagi siswa yang masih mengalami kesulitan dalam meyelesaikan soal tersebut.
12.  Setelah siswa mengerjakan soal, meminta siswa untuk mencocokkan hasil pekerjaannya dengan teman sebangku dan apabila ada perbedaan
13.  Meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaaanya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
14.  Guru mengkonfirmasi apa yang dipresentasikan oleh siswa.
60 menit
Penutup
1.      Siswadan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang pengertian kardinalitas himpunan, nilai kardinalitas suatu himpunan
2.      Siswamelakukanrefleksidengandipanduoleh Guru;
3.      Guru memberi pekerjaan rumah;
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan kuis tentang Relasi Himpunan.
7.      menit

F.Penilaian
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.
1-4
Instrumen: lihat Lampiran 2  
G.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
             1.   Media
a.       Papan tulis
b.      Daftar menu makanan
c.       LKPD
             2.   Alat
a.       Kapur
b.      Spidol
c.       LCD
d.      Layar Proyektor
           3.   Sumber pembelajaran
a.       Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
b.       Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013                                                                           
                                                                                   


Mengetahui                                                                                                       Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                                        Guru Mata Pelajaran,

Marko, S.Pd                                                                                                       Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                                                          NIP. 19850113 2009021 003