Tugas pokok seorang guru atau pendidik adalah melaksanakan proses pembelajaran. Agar pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai maka diperlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat sebelumnya.Menurut amanat kurikulum 2013 disarankan dalam membuat RPP, menggunakan pendekatan saintifik. RPP yang baik mencerminkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Untuk membantu guru dalam menyusun skenario yang baik dalam mengajarkan pokok bahasan himpunan bagian kali ini kita akan bagikan contoh RPP berikut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMPN 4 Satu atap Karangrayung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/Semester : VII
(Tujuh) / 1
Materi
Pokok : Relasi Himpunan-Himpunan bagian
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit.
A.
Kompetensi Inti SMP kelas VII:
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah
kontekstual
|
3.4.9
Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
|
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
|
4.4.5 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang melibatkan himpunan bagian dari suatu himpunan
|
C.Tujuan
Pembelajaran
1. Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
2. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
melibatkan himpunan bagian dari suatu himpunan
D. Materi Ajar.
Menentukan
himpunan bagian
Himpunan A B jika dan hanya jika
smua anggota A menjadi anggota B.
Himpunan kosong menjadi himpunan bagian dari
seluruh himpunan.
Setiap himpunan menjadi himpunan bagian dari
himpunan itu sendiri.
(
lamp.1 )
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan
menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pembelajaran.
Fase1: Memberikan orientasi tentang
permasalahannya kepada peserta didik
2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta
didik diajak memecahkan masalah mengenai prasyaratnya perkalian dan pembagian
bilangan bulat (mengamati, menanya )
3.
Guru memberi motivasi peserta didik dengan
belajar dengan baik untuk masa depan yang lebih baik.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
Fase 2 : Mengorganisasikan
peserta didik untuk meneliti
1.
Guru mengelompokkan peserta didik menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3-4 peserta didik. Guru
membagi kelompok secara heterogen
2.
Guru meminta peserta didik untuk duduk
berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing.
3.
Guru menjelaskan aturan-aturan yang harus
dimengerti dan diterapkan oleh pesera didik pada saat diskusi kelompok
berlangsung, diantara lain:
·
Waktu berdiskusi 35 menit
·
Setiap anggota kelompok harus berperan
aktif dan bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan yang tersaji pada
Lembar Kerja Peserta Didik (Lampiran) (Mengamati, Menanya)
4.
Guru memberikan contoh soal tentang
pembagian.
Fase 3: Membantu
investigasi mandiri dan kelompok
5.
Guru membantu mengidentifikasikan
permasalahan jika ada kelompok yang mengalami kesulitan. (menanya, mengumpulkan data)
6.
Selama proses diskusi, guru berkeliling
mengamati peserta didik guna memotivasi peserta didik dan membimbing kelompok
yang mengalami kesulitan. (mengumpulkan data, menanya)
7.
Guru memberitahukan kepada peserta didik
bahwa waktu untuk berdiskusi sudah habis, sehingga mereka harus menghentikan
semua aktivitas berdiskusi dalam kelompoknya
Fase 4: Mengembangkan
dan mempresentasikan artefak dan exhibit
8.
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok mereka, pemilihan kelompok yang maju dilakukan dengan secara
acak. (mengasosiasi)
9.
Guru mengawasi jalannya proses presentasi
sambil melakukan tanya jawab guna mengaktifkan peserta didik.
10. Guru
memberikan pujian pada peserta didik yang mampu mengajukan pertanyaan bagus,
menjawab pertanyaan dengan tepat dan menanggapi permasalahan yang
dibahas.
11. Guru
meminta peserta didik untuk kembali ke tempat duduk mereka semula
Fase
5:Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah
12. Guru
bersama dengan peserta didik membuat penegasan atau kesimpulan tentang solusi
untuk menyelesaikan soal berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (Mengomunikasi)
13. Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika dirasa masih
ada yang kurang dimengerti. (Menanya,
Mengomunikasi)
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang baru
saja dilaksanakan. (Mengomunikasi)
2.
Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya.
3.
Guru
memberi PR dan akan dibahas
pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup pelajaran dan mengucapkan
salam penutup.
|
10
menit
|
E.Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes Tertulis
latihan
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian:Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Mempresentasikan
hasil diskusi dari LKPD.
|
1-4
|
Instrumen: lihat
Lampiran 2
F.Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a.
Papan tulis
b.
Daftar menu makanan
c.
LKPD
2.
Alat
a.
Kapur
b.
Spidol
c.
LCD
d.
Layar Proyektor
3.
Sumber pembelajaran
a.
Buku Peserta didik kelas VII
Kurikulum 2013
b.
Buku Guru kelas VII Kurikulum 2013
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003
Lampiran
1
Bentuk
kuis : waktu maksimal 7 menit
Petunjuk :
1.
Kerjakan
soal berikut secara individu, kejujuran adalah utama.
2.
Jawablah
dengan lengkap, jelas dan rapi
Soal
:
Diketahui
himpunan A= { a, e, i, o, u }
Tentukan
:
a. Banyaknya anggota A / n( A)
b. Banyaknya himpunan bagian dari A
c. Tuliskan himpunan bagian dari A yang
memiliki 4 anggota.
Kunci
Jawaban :
no
|
Kunci
|
skor
|
a.
|
n( A ) = 5
|
2
|
b.
|
Banyaknya himpunan bagian = 2n
= 25
= 2 x 2 x 2 x 2 x 2
= 32
|
4
|
c.
|
himpunan bagian yang memiliki 4 anggota
{ a, e, i, o }, { a, e, i, u}, {a, e, o,
u }, { a, i, o, u },
{
e, i, o, u }
|
4
|
Skor total
|
10
|
Lampiran 2: Penilaian Keterampilan
Instrumen:
Mempresentasikan
hasil diskusi dari LKPD
Penilaian Keterampilan
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Menunjukkan kemampuan mempertahankan
pendapat.
|
Hasil yang disampaikan benar
|
Menggunakan strategi yang sesuai dan
beragam.
|
Mengemas penyajian secara runtut dan
menarik.
|
Total Skor
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||||
..
|
||||||||||||||||||
..
|
Keterangan Nilai
Sangat baik = 4
Baik =
3
Cukup = 2
Kurang = 1
Kriteria:
A = Total Skor 12-16
B = Total Skor 8-12
C = Total Skor 4-8
D = Total Skor 4
Demikian artikel RPP himpuan bagian untuk kurikulum 2013. Semoga bermanfaat!