Monday, January 29, 2018

RPP himpunan bagian kurikulum 2013

Tugas pokok seorang guru atau pendidik adalah melaksanakan proses pembelajaran. Agar pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai maka diperlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)  yang dibuat sebelumnya.Menurut amanat kurikulum 2013 disarankan dalam membuat RPP, menggunakan pendekatan saintifik. RPP yang baik mencerminkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Untuk membantu guru dalam menyusun skenario yang baik dalam mengajarkan pokok bahasan himpunan bagian kali ini kita akan bagikan contoh RPP berikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP  )

                                             Nama Sekolah          :     SMPN 4 Satu atap Karangrayung
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas /Semester        :    VII (Tujuh) / 1
                                             Materi Pokok           :      Relasi Himpunan-Himpunan bagian
                                             Alokasi waktu          :      2 x 40 menit.
        
A.    Kompetensi Inti SMP kelas VII:
KI-1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
3.4.Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
3.4.9  Menentukan  himpunan bagian dari suatu himpunan

  1.  
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, komplemen himpunan menggunanakan masalah kontekstual
4.4.5 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan himpunan bagian dari suatu himpunan


C.Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan  himpunan bagian dari suatu himpunan
2. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan himpunan bagian dari suatu himpunan

D. Materi Ajar.   
      Menentukan himpunan bagian
      Himpunan A  B jika dan hanya jika smua anggota A menjadi anggota B.
      Himpunan kosong menjadi himpunan bagian dari seluruh himpunan.
      Setiap himpunan menjadi himpunan bagian dari himpunan itu sendiri.
            ( lamp.1 )





D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Dimulai dengan berdoa, mengecek kehadiran, dan menyiapkan peserta didik  untuk mengikuti pembelajaran.

Fase1: Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada peserta didik
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai prasyaratnya perkalian dan pembagian bilangan bulat (mengamati, menanya )
3.      Guru memberi motivasi peserta didik dengan belajar dengan baik untuk masa depan yang lebih baik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
10 menit
Inti
Fase 2 : Mengorganisasikan peserta didik untuk meneliti
1.      Guru mengelompokkan peserta didik menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3-4 peserta didik. Guru membagi kelompok secara heterogen
2.      Guru meminta peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing.
3.      Guru menjelaskan aturan-aturan yang harus dimengerti dan diterapkan oleh pesera didik pada saat diskusi kelompok berlangsung, diantara lain:
·         Waktu berdiskusi 35 menit
·         Setiap anggota kelompok harus berperan aktif dan bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan yang tersaji pada Lembar Kerja Peserta Didik (Lampiran) (Mengamati, Menanya)
4.      Guru memberikan contoh soal tentang pembagian.

Fase 3: Membantu investigasi mandiri dan kelompok
5.      Guru membantu mengidentifikasikan permasalahan jika ada kelompok yang mengalami kesulitan. (menanya, mengumpulkan data)
6.      Selama proses diskusi, guru berkeliling mengamati peserta didik guna memotivasi peserta didik dan membimbing kelompok yang mengalami kesulitan. (mengumpulkan data, menanya)
7.      Guru memberitahukan kepada peserta didik bahwa waktu untuk berdiskusi sudah habis, sehingga mereka harus menghentikan semua aktivitas berdiskusi dalam kelompoknya

Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit
8.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, pemilihan kelompok yang maju dilakukan dengan secara acak. (mengasosiasi)
9.      Guru mengawasi jalannya proses presentasi sambil melakukan tanya jawab guna mengaktifkan peserta didik.
10.  Guru memberikan pujian pada peserta didik yang mampu mengajukan pertanyaan bagus, menjawab pertanyaan dengan tepat dan menanggapi permasalahan yang dibahas.
11.  Guru meminta peserta didik untuk kembali ke tempat duduk mereka semula

Fase 5:Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah
12.  Guru bersama dengan peserta didik membuat penegasan atau kesimpulan tentang solusi untuk menyelesaikan soal berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (Mengomunikasi)
13.  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti. (Menanya, Mengomunikasi)
60 menit
Penutup
1.      Peserta didik dan guru  bersama-sama menyimpulkan materi yang baru saja dilaksanakan. (Mengomunikasi)
2.      Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya.
3.      Guru  memberi PR  dan akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
4.      Guru  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam penutup.
10    menit

E.Penilaian
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
Instrumen Test: lampiran 1



2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.
1-4
Instrumen: lihat Lampiran 2

F.Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
a.       Papan tulis
b.      Daftar menu makanan
c.       LKPD
2.   Alat
a.       Kapur
b.      Spidol
c.       LCD
d.      Layar Proyektor
3.   Sumber pembelajaran
a.       Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
b.      Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013
                                   



                                               
Mengetahui                                                                             Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                                Guru Mata Pelajaran,



Marko, S.Pd                                                                          Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                                 NIP. 19850113 2009021 003


                       






           







                                                                                                           

Lampiran 1
               Bentuk kuis : waktu maksimal 7 menit
Petunjuk :
1.      Kerjakan soal berikut secara individu, kejujuran adalah utama.
2.      Jawablah dengan lengkap,  jelas dan rapi
           
         Soal :
         Diketahui himpunan A= { a, e, i, o, u }
         Tentukan :
a.       Banyaknya anggota A / n( A)
b.      Banyaknya himpunan bagian dari A
c.       Tuliskan himpunan bagian dari A yang memiliki 4 anggota.
        
         Kunci Jawaban :
no
Kunci
skor
a.
n( A ) = 5
2
b.
Banyaknya himpunan bagian = 2n
                                 = 25
                                 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2
                                 = 32
4
c.
himpunan bagian yang memiliki 4 anggota
{ a, e, i, o }, { a, e, i, u}, {a, e, o, u }, { a, i, o, u },
 { e, i, o, u }

4

Skor total
10





 Lampiran 2: Penilaian Keterampilan
Instrumen:
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD
Penilaian Keterampilan




No


Nama
Peserta Didik
Menunjukkan kemampuan mempertahankan pendapat.
Hasil yang disampaikan benar
Menggunakan strategi yang sesuai dan beragam.
Mengemas penyajian secara runtut dan menarik.

Total Skor

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1


















2


















4


















5


















6


















..


















..



















 
Keterangan Nilai
              Sangat baik               = 4
              Baik                           = 3
              Cukup                       = 2
              Kurang                      = 1

Kriteria:
A = Total Skor 12-16
B  = Total Skor  8-12
C  = Total Skor  4-8
D  = Total Skor  4

Demikian artikel RPP himpuan bagian untuk kurikulum 2013. Semoga bermanfaat!