Menjelaskan materi operasi himpunan memerlukan rencana yang baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak di capai sesuai dengan standar isi dan proses kurikulum 2013. Perencanaan pembelajaran yang baik melibatkan pengembangan bahan ajar, sumber belajar, penggunaan model yang tepat, dan merencanakan alokasi waktu dan penilaian. Berikut ini salah satu perencanaan pembelajaran tentang pokok bahasan operasi himpunan yang menggunakan kurikulum 2013.
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.5 Menjelaskan dan melakukan
operasi biner pada
himpunan
menggunakan masalah
kontekstual
|
3.5.1
Merumuskan pengertian irisan himpunan
3.5.2
Menentukan hasil operasi irisan himpunan
3.5.3
Menyatakan operasi irisan dengan diagram Venn
3.5.4
Merumuskan pengertian gabungan himpunan
3.5.5
Menentukan hasil operasi gabungan himpunan
3.5.6
Menyatakan operasi gabungan
dengan diagram Venn
|
|
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
|
4.5.1 Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari denganirisan himpunan
4.5.2 Menyelesaikan
permasalahan sehari
hari dengan operasi gabungan dua buahhimpunan dan
menenmukan sifat-sifatnya
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Merumuskan
pengertian irisan himpunan
2.
Menentukan
hasil operasi irisan himpunan
3.
Menyatakan
operasi irisan dengan diagram Venn
4.
Merumuskan
pengertian gabungan
himpunan
5.
Menentukan
hasil operasi gabungan
himpunan
6.
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari denganirisan himpunan
7.
Menyelesaikan permasalahan sehari
8.
hari dengan operasi gabungan dua
buahhimpunan dan menenmukan sifat-sifatnya
C.
Materi
Pembelajaran
Operasi
Himpunan
Operasi himpunan meliputi irisan (Intersection), gabungan (Union), komplemen (Complement), dan selisih (Difference).
a. Irisan
(Intersection)
1. Definisi
operasi irisan pada himpunan
Definisi
: Misalkan
S adalah himpunan semesta. Irisan himpunan A dan B adalah
himpunan semua anggota S yang terdapat pada himpunan A dan
terdapat pada himpunan B, dilambangkan dengan A ∩ B. Jika ditulis dengan notasi pembentuk himpunan
adalah:
Pada diagram Venn di bawahini, A∩ B
disajikan sebagaiberikut.
2. Sifat-sifat irisan dua himpunan
Ada beberapa sifat irisan himpunan yaitu:
a) Jika himpunan yang satu merupakan himpunan bagian dari himpunan yang
lain.Sifat irisan: jika
, maka
b) Kesamaan himpunan
Sifat irisan :jika A = B, maka
c) Himpunan yang tidak saling lepas
Irisan dari dua himpunan yang tidak saling lepas adalah himpunan yang memiliki elemen-elemen sekutu.
d) Himpunan yang saling lepas
Definisi :Himpunan A dan B dikatakan saling lepas atau saling asing, jika tidak ada anggota A yang
merupakan anggota B, dilambangkan dengan A//B.
Irisan dari dua himpunan yang saling lepas adalah himpunan kosong.
b.Gabungan
1.
DefinisiGabungan
Misalkan S adalah himpunan semesta, gabungan himpunan A dan B adalah himpunan yang anggotanya semua anggota
S yang merupakan anggota himpunan A atau anggota himpunan
B, dilambangkan dengan
Menentukan gabungan dua himpunan:
·
Jika himpunan yang
satu merupakan himpunan bagiandari himpunan yang lain. Sifat
operasi gabungan: jika
, maka
Masalah:
Jika A = Himpunan
bilangan asli yang tidak lebih dari 7.
B = Himpunan bilangan asli ganjil yang tidak lebih dari 7.
Tentukan A ∪B!
Jawab:
Himpunan
A = {1,
2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {1,
3, 5, 7}
Maka A ∪B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} = A
Gambar
diagram Vennya sebagai berikut
Bagian
yang diarsir menunjukkan A ∪B.
1.
Sifat gabungan : jika A = B,
maka
Masalah:
Jika A = Himpunan bilangan asli kurang dari 7,
dan
B = {x : 0 < x < 7, x bilangan cacah},
maka A = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
B = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
A ∪B = {1,
2, 3, 4, 5, 6} = A = B
DiagramVennnyasebagaiberikut.
Bagian yang diarsirmenunjukkanA∪B.
2. Dua
himpunan yang saling lepas
Jika dua himpunan saling lepas, maka
gabungannya adalah menggabungkan semua elemen dari kedua himpunan tersebut
Masalah:
Jika A = Himpunan bilangan asli ganjil kurang
dari 10.
B = Himpunan bilangan cacah genap kurang dari
10.
maka A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 2, 4, 6, 8}
A ∪B = {0,
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
Jika digambarkan dalam diagram Venn, maka
diperoleh:
Bagian yang diarsir menunjukkan A ∪B.
3.
Duahimpunan yang
tidaksalinglepas
Masalah :
Misal A
= Himpunan kuadrat dari 6 bilangan asli yangpertama.
B =
Himpunan 6 bilangan asli kelipatan 4 yang pertama.
Carilah
A ∪B.
Jawab:
Karena A
= {1, 4, 9, 16, 25 } dan B = {4, 8, 12, 16, 20, 24}
maka A ∪B = {1, 4, 8, 9, 16, 20, 24,
25}
Diagram Vennnya sebagai
berikut.
Bagian yang diarsir menunjukkan A ∪B
MisalkanA,
B, danC adalahhimpunan.
n(A ∪B ∪C) = n(A) + n(B) + n(C) - n(A
∩ B) - n(A ∩ C) - n(B ∩ C)
+ n(A ∩ B ∩ C)
perhatikan
diagram venn berikut ini
Ternyata:
18 = 7 + 9 + 10 – 3 – 3 – 4 + 2
n(A ∪B ∪C) = n(A)+
n(B)+ n(C) – n(A∩B) – n(A∩C) – n(B∩C) + n(A∩B∩C)
D.Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
2.
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
3.
Siswa mendengar dan menanggapi cerita guru tentang
manfaat belajar operasi irisan himpunan dalam dunia nyata
4.
Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil
belajar yanng diharapkan akan dicapai siswa
5.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan demonstrasi
disertai tanya jawab, kerja kelompok, presentasi kelompok, latihan individu,
pembahasan secara klasikal)
6.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan
tanya jawab
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan
terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan operasi irisan himpunan(mengamati)
2.
Secara kelompok, siswa berdiskusi membahas tugas sesuai contoh 1.9 buku siswa. Anggota kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan
memberikan masukan;
3.
Salah
satu siswa wakil
kelompok mempresentasikan hasil
penyelesaian tugas 1. Kelompok
lain menanggapi, guru memberikan umpan balik(mengkomunikasi)
4.
Secaraberkelompoksiswamenyelesaikan
Latihan-2
5.
Salah
satu siswa wakil
kelompok mempresentasikan hasil
penyelesaian Latihan-2. Guru memberi umpan balik. Hasil Latihan-2 dipajang di
papan tulis
6.
Secara
perorangan siswa mengerjakan latihan sesuai contoh 1.10
7.
Salah
satu siswa mempresentasikan hasil kerjanya, siswa lain menanggapi, guru
memberikan umpan balik / penguatan
|
85 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswadan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang
operasi irisan himpunan.
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan
dipandu oleh Guru;
3.
Guru memberi pekerjaan rumah;
4.
Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada
pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan kuis tentang sifat-sifat operasi irisan himpunan dan masalah nyata yang
berkaitan dengan operasi himpunan.
|
20
enit
|
E. Penilaian
1. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian:Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.
|
1-4
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
F. Media,
Alat, danSumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Papantulis
b.
Daftar
menu makanan
c.
LKPD
2.
Alat
a.
Kapur
b.
Spidol
c.
LCD
d.
Layar Proyektor
3.
Sumberpembelajaran
a.
Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
b.
Buku Guru kelas VII Kurikulum 2013
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko,
S.Pd Eko
Suseno, S.Pd
NIP.19630716
198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003
Lampiran 1
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN
Petunjuk:
a.
Kerjakan
soal berikut secara individu, tidak perlu mencontek ataupun bekerja sama, hasil
tes ini sangat bermanfaat bagi guru dalam mengevaluasi pembelajaran
b.
Setiap
jawaban siswa akan mendapat skor
SOAL :
1.
Jika
diketahui :
S
= { x | x ≤ 9, x Ñ” Bilangan Asli }
A
= { x|1< x≤9, x Ñ” Bilangan ganjil }
B
= himpunan bilangan prima tidak lebih
dari 7
Maka:
a.
Sebutkan
semua anggota A
b.
Sebutkan
semua anggota B
c.
Sebutkan
semua anggota S
d.
A
B
= ....
2.
SMP
Negeri 1 Sewon memiliki dua kegiatan
ekstra kurikuler olahraga yaitu Basket
dan Voley serta mewajibkan peserta
didiknya untuk mengikuti kegiatan ekstra kulikuler. Dari sejumlah peserta didik kelas 7D ternyata 16 anak mengikuti ekstra Basket , 21 anak
mengikuti Voley dan 9 anak mengikuti
Basket dan Voley.
a.
Berapa
siswa yang hanya mengikuti Voley
b.
Berapa
anak yang hanya mengikuti Basket
c.
Gambarlah
diagram Venn untuk keadaan diatas
d.
Berapa
banyak siswa kelas 7D
Kunci Jawaban :
1.
Jawaban
:
a.
A
= {3, 5, 7, 9 }
b.
B
= { 2, 3. 5. 7}
c.
S
={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. 9 }
d.
A
B
= { 3, 5, 7 }
2.
Jawaban:
a.
Hanya
Mengikuti Voley = 21 – 9 = 12
b.
Hanya
mengikuti Basket = 16 – 9 = 7